Pengertian Wawasan Nusantara – Fungsi, Tujuan, Arti, Makalah

Sayanda.com – Pengertian Wawasan Nusantara – Fungsi, Tujuan, Arti, Makalah – Istilah wawasan nusantara berasal dari kata ‘wawas’ dalam bahasa Jawa yang berarti ‘pandangan’ atau ‘penglihatan’. Sementara kata ‘nusantara’ terdiri dari dua kata berbeda yakni ‘nusa’ yang memiliki arti ‘pulau’ dan ‘antara’ yang berarti ‘letak antara dua unsur’ contohnya pulau dan samudera.

Berdasarkan asal-usul katanya, maka dapat disimpulkan bahwa arti wawasan nusantara adalah cara pandang seseorang terhadap kesatuan pulau dan wilayah geografis sebuah bangsa.

Definisi wawasan nusantara adalah sikap dan cara pandang masyarakat Indonesia terhadap bangsa dan bentuk geografi negaranya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam diberlakukannya, wawasan nusantara menjunjung kesatuan wilayah serta menghargai Bhinneka Tunggal Ika dalam mencapai tujuan nasional.

Makalah berikut ini membahas secara lengkap Pengertian Wawasan Nusantara dari segi unsur dasar, fungsi, tujuan, dan implementasi.

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para AhliSelain dijabarkan menurut asal-usul katanya, definisi wawasan nusantara juga dapat kita peroleh dari pendapat para ahli dan Ketetapan MPR berikut ini:

  1. Dr. Wan Usman mendefinisikan wawasan nusantara sebagai cara pandang bangsa Indonesia terhadap jati diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan yang meliputi aspek-aspek lain yang membentuknya.
  1. Kelompok Kerja Lemhanas mendeskripsikan wawasan nusantara sebagai sikap dan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan keragaman lingkungan yang bernilai strategis dan mengutamakan kesatuan dan persatuan bangsa yang terhimpun di berbagai pelosok Indonesia demi menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara.
  1. Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN menyatakan bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara demi mencapai tujuan nasional.

Unsur Dasar Wawasan Nusantara

Unsur Dasar Wawasan NusantaraWawasan nusantara memiliki tiga unsur dasar sebagai berikut:

  1. Wadah : Wadah atau fokus dari wawasan nusantara adalah wilayah NKRI yang meliputi wilayah nusantara serta organisasi negara RI yang merupakan unsur kesatuan yang utuh.
  1. Isi : Isi atau poin utama yang dimiliki wawasan nusantara yakni aspirasi serta cita-cita bangsa Indonesia yang terwujud dalam Pancasila dan UUD 1945.
  1. Tata Laku : Tata laku wawasan nusantara meliputi tindakan atau kegiatan bangsa Indonesia dalam mewujudkan falsafah hidup Pancasila serta UUD 1945. Perwujudan dari tindakan bangsa yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 itulah yang kemudian menjadi wawasan nusantara.

Fungsi Wawasan Nusantara

Fungsi Wawasan NusantaraFungsi wawasan nusantara dibagi ke dalam empat kategori, yakni:

  1. Wawasan Nusantara Sebagai Konsep Ketahanan Nasional : Wawasan nusantara memegang peranan dalam perencanaan pembangunan, pertahanan keamanan, serta kewilayahan.
  1. Wawasan Nusantara Sebagai Wawasan Pembangunan : Dalam hal ini, wawasan nusantara meliputi unsur-unsur yang lebih kompleks seperti kesatuan politik, ekonomi, sosial ekonomi, sosial politik, serta pertahanan dan keamanan.
  1. Wawasan Nusantara Sebagai Wawasan Pertahanan dan Keamanan Negara : Fungsi yang satu ini lebih merujuk pada pandangan geopolitik Indonesia yang meliputi tanah air Indonesia dan segenap wilayah kesatuan Republik Indonesia.
  1. Wawasan Nusantara Sebagai Wawasan Kewilayahan : Berkaitan dengan pembatasan wilayah negara guna menghindari sengketa dengan negara-negara tetangga.

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan Wawasan NusantaraTujuan wawasan nusantara meliputi dua aspek, yakni:

  1. Tujuan Nasional
Baca Juga:  Mobilitas Sosial - Pengertian, Saluran, Contoh, Faktor, Bentuk, Dampak

Tujuan nasional wawasan nusantara tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yang menjelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia ialah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

  1. Tujuan ke Dalam

Tujuan ke dalam merujuk pada kepentingan dalam negeri bangsa Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di seluruh wilayah NKRI. Tujuan bangsa Indonesia pada dasarnya adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta kepentingan kawasan untuk mewujudkan kesejahteraan, kedamaian, serta masyarakat seluruh penduduk Indonesia.

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik IndonesiaKata ‘geopolitik’ berasal dari bahasa Yunani yakni geo yang artinya bumi dan politeia yang memiliki arti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri. Dalam bahasa Inggris, politics berarti rangkaian prinsip, cara, dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu, yang biasanya berhubungan dengan kekuasaan.

Secara umum, geopolitik adalah cara pandang atau sikap bangsa mengenai lingkungan dan kehidupannya, yang dalam kasus ini bangsa Indonesia yang berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.

Geopolitik memainkan peran penting dalam mempertahankan eksistensi sebuah bangsa di mata dunia. Oleh karenanya, geopolitik perlu mendapat perhatian penuh dari setiap elemen maupun pihak yang terlibat dalam ranah kekuasaan agar pertahanan negara tidak mendapat ancaman dari bangsa lain.

Singkatnya, geopolitik merupakan alat untuk menghindari ancaman baik yang muncul di dalam maupun luar negeri.

Ada beberapa elemen yang melatarbelakangi geopolitik. Elemen-elemen tersebut di antaranya:

  1. Falsafah Pancasila

Pancasila tidak hanya dijadikan sebagai dasar negara. Lebih dari itu, Pancasila merupakan cerminan dan kepribadian bangsa Indonesia. Berdasarkan kedudukannya sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia, Pancasila memiliki nilai-nilai yang menjadi dasar pengembangan wawasan nusantara. Nilai-nilai tersebut adalah:

  • Penegakan hak asasi manusia dalam kehidupan masyarakat.
  • Mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  • Menerapkan sistem musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan yang memengaruhi hajat hidup orang banyak.
  1. Kewilayahan Nusantara
Baca Juga:  Pengertian Demokrasi Pancasila - Prinsip, Ciri, Fungsi, Makalah

Indonesia yang memiliki ribuan pulau yang tersebar di seluruh pelosok negeri menyimpan kekayaan sumber daya alam yang luar biasa.

Komposisi bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku, ras, agama, dan bahasa daerah, membuat Indonesia dipandang sebagai negara yang unik dan kaya akan budaya.

  1. Kesejarahan

Bangsa Indonesia tidak mendapatkan kemerdekaannya sebagai hadiah dari para penjajah. Para pejuang kemerdekaan Indonesia melalui berbagai rintangan dan perjuangan yang berat agar dapat mengibarkan bendera merah putih di seluruh penjuru negeri.

Perjuangan tersebut didasari oleh adanya kesamaan yakni keinginan untuk hidup merdeka dan bebas dari segala bentuk belenggu penjajahan.

Implementasi Geopolitik di Indonesia

Implementasi Geopolitik di IndonesiaKarena perannya sebagai instrumen untuk menjaga persatuan dan kesejahteraan suatu negara, Geopolitik merupakan salah satu unsur penting bagi Indonesia, terlebih lagi jika mengingat wilayah Indonesia yang meliputi pulau-pulau sangat rawan akan ancaman invasi dari negara lain.

Aturan hukum dan undang-undang menjadi sarana demi mempertahankan kedaulatan bangsa, yang juga merupakan tujuan geopolitik Indonesia. Penerapan geopolitik sebagai sarana untuk mempertahankan wilayah kedaulatan Indonesia telah terwujud dalam UU No. 6 Tahun 1996 Tentang Perairan Indonesia dan UU No. 15 Tahun 1992 Tentang Penerbangan.

Selain ditegakkannya undang-undang mengenai batas wilayah perairan, penetapan batas wilayah fisik secara jelas juga sangat dibutuhkan dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia agar tidak mudah diubah oleh pihak yang berniat melakukan invasi ke wilayah Indonesia.

Hukum Laut

Geopolitik juga tidak lupa diterapkan dalam sektor ekonomi daerah yang tercermin dalam sistem hukum laut. Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 1984 Tentang Pengolahan Sumber Daya Alam hayati dalam Zona Ekonomi Eksklusif merupakan salah satu wujud penerepan geopolitk di bidang ekonomi.

Berkat sumber daya laut yang melimpah, Indonesia dapat melakukan kerja sama dengan negara lain untuk meningkatkan kesejahteraan kedua belah pihak.

Hukum Udara

Hukum udara dan penerbangan juga merupakan cerminan dari perwujudan geopolitik. UU No. 15 Tahun 1992 menyatakan bahwa pemerintah memiliki wewenang serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kedaulatan negara untuk kepentingan pertahanan, keamanan negara, serta ekonomi nasional.

Baca Juga:  Pengertian Seni Tari - Sejarah, Fungsi, Jenis, Contoh, Makalah

Peraturan ini menunjukkan bahwa pemerintah Indonesia berhak memberlakukan aturan bagi setiap pesawat yang melintas di wilayah Indonesia, termasuk menetapkan zona terlarang udara demi keamanan serta keselamatan penerbangan.

Makalah Wawasan Nusantara

Berikut ini adalah beberapa makalah wawasan nusantara yang digunakan blog Sayanda dalam penulisan artikel. Jika Anda ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai wawasan nusantara dan geopolitik Indonesia, maka Anda dapat mengunjungi beberapa makalah berikut ini:

***

Demikianlah artikel Wawasan Nusantara – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Arti dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel Wawasan Nusantara – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Arti; jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

Pencarian Masuk:
  • wawasan nusantara
  • pengertian wawasan nusantara
  • tujuan wawasan nusantara
  • materi wawasan nusantara
  • fungsi wawasan nusantara
  • arti wawasan nusantara
  • wawasan nusantara adalah
  • jelaskan pengertian wawasan nusantara
  • pengertian wawasan nusantara secara umum
  • definisi wawasan nusantara
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.