9 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil

Sayanda.com – 9 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil – Apakah Anda adalah seorang karyawan yang membutuhkan penghasilan tambahan? Karena naiknya harga barang-barang, maka banyak sekali orang-orang yang kerap mencari kerja sampingan untuk menambah penghasilan.

Seringkali permasalahan yang dihadapi oleh seorang karyawan adalah penghasilan mereka tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. Apalagi kalau sudah akhir bulan. Tetapi jangan khawatir, karena Anda sudah sampai di blog ini. Dapat dipastikan bahwa Anda ingin berubah, dan tidak ingin sama seperti mayoritas orang-orang lainnya.

Silahkan simak macam-macam peluang usaha sampingan karyawan tanpa modal atau modal kecil dari Sayanda.com:

Peluang Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

  1. Online Dropshipper

Online Dropshipper

Usaha sampingan ini sangat cocok untuk Anda yang masih bekerja.

Dengan usaha ini, Anda tidak perlu menyediakan tempat maupun stok produk untuk Anda jual. Tugas Anda disini adalah mempromosikan dan memasarkan produk dari produsen lain. Anda dapat melakukan pemasaran dan promosi ini di sela-sela waktu kerja atau pada saat Anda berada di rumah. Anda hanya perlu rajin untuk melakukan update serta penawaran di blog, website maupun media sosial yang digunakan.

Untuk proses transaksi, pemesanan hingga pengiriman produk ke konsumen, semuanya ditangani oleh penyedia produk. Anda hanya perlu memasarkan produk, dan tidak perlu melakukan apa-apa lagi.

Yang menarik, pemasukan dari usaha ini terbilang cukup besar.

Terdapat dua jenis sistem pendapatan yang dapat Anda peroleh.

Yang pertama adalah: pendapatan berdasarkan komisi. Anda akan membuat perjanjian dengan pihak penyedia produk, mengenai komisi yang besarnya biasanya beberapa persen dari harga produk yang Anda pasarkan.

Sistem kedua adalah keuntungan dari perbedaan harga. Untuk sistem ini, Anda dapat menentukan harga jual dari produk yang dipasarkan. Perbedaan antara harga jual yang ditentukan dengan harga asli inilah yang memberikan Anda pemasukan.

Modal yang digunakan juga cukup minim.

Yang perlu Anda miliki hanyalah gadget, dapat berupa smartphone atau sebuah laptop yang terhubung ke internet. Anda juga membutuhkan blog atau website yang akan Anda gunakan sebagai tempat atau lapak untuk memasarkan produk-produk tersebut.

Baca Juga:  5 Tips Jadikan Youtube Sebagai Karir & Menjadi Youtuber Sukses

Blog dan website ini juga dapat Anda buat dengan modal yang minim. Beberapa layanan pembuatan blog atau website dapat Anda gunakan tanpa biaya alias gratis. Atau, bila Anda ingin layanan berbayar dan mempunyai kualitas lebih baik, Anda juga dapat memakainya. Biaya untuk blog atau website berbayar ini juga cukup murah, sekitar Rp. 250 ribu per tahun.

  1. Blogger

    Blogger

Usaha sampingan ini juga cukup menguntungkan, tetapi juga membutuhkan kesabaran yang tinggi.

Untuk benar-benar mendapatkan keuntungan dari menjadi seorang blogger, dibutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan dapat lebih dari 1 tahun. Hal ini dikarenakan, pemasukan utama Anda dari menjadi blogger adalah iklan pada blog.

Untuk mendapatkan komisi atau harga sewa lapak iklan yang tinggi, blog Anda harus dikenal dan dikunjungi banyak orang. Hal ini hanya bisa didapat, bila popularitas blog Anda juga tinggi.

Hal terpenting lainnya adalah konten dari blog Anda. Konten blog harus benar-benar berguna untuk pengunjung blog. Hal ini akan membuat Anda mudah untuk mendapatkan pengunjung tetap. Mereka inilah yang dapat mendukung popularitas blog untuk tetap tinggi, dan meningkatkan pendapatan.

Agar dapat terus konsisten dalam menjadi seorang blogger, ada baiknya bila Anda hanya memilih topik yang Anda sukai.

Usaha ini juga cocok untuk karyawan, karena tidak membutuhkan waktu banyak untuk mengelolanya. Anda hanya perlu menulis konten berkualitas sebanyak 2 hingga 3 kali per minggunya. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar, sama seperti usaha dropshipper diatas.

  1. Online Writer / Penulis Freelance

    Penulis Freelance

Anda juga dapat mencoba menjadi online writer, dimana tugas Anda adalah membuat artikel untuk blog atau website tertentu. Ada banyak perusahaan atau website yang membutuhkan penulis freelance. Kalau Anda berminat menuliskan artikel untuk blog Sayanda, jangan sungkan untuk kirim pesan ya 🙂

Biasanya, sistem kerjanya adalah per bulan Anda akan diberikan jumlah artikel untuk ditulis. Perusahaan atau website yang membutuhkan jasa ini dapat berasal dari dalam maupun luar negeri.

Penghasilannya juga lumayan tinggi, kurang lebih 50 ribu Rupiah untuk 1 artikel dengan panjang 1000 kata.

Kekurangannya adalah, Anda harus pintar-pintar membagi waktu. Berhati-hatilah dalam menerima orderan. Jika Anda tidak punya waktu luang yang banyak, sebaiknya hanya menerima orderan dengan jumlah yang sedikit.

  1. Online Reviewer / Paid to Review

    Paid to Review

Usaha sampingan ini dapat dijalankan bersamaan dengan blog Anda. Saat blog Anda sudah mencapai popularitas yang cukup tinggi, maka akan ada banyak perusahaan atau pemilik produk yang ingin agar produk mereka diulas dalam blog Anda.

Langkah ini adalah salah satu cara mereka untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Biasanya, perusahaan yang akan meminta review pada blog Anda memiliki bidang atau sektor yang sama dengan topik blog Anda. Hal ini lebih memudahkan Anda, karena sudah memiliki pengetahuan mengenai bidang tersebut.

Usaha ini terbilang sangat menjanjikan, apalagi bila blog Anda sudah dikenal orang-orang. Bahkan, beberapa blogger terkenal dapat mengantongi hingga US$ 1.000 atau sekitar Rp. 13 jutaan untuk satu artikel review produk.

  1. Usaha Kuliner

    Usaha Kuliner

Usaha ini dapat pula dikatakan sebagai usaha sampingan modal kecil, khususnya bila Anda memiliki dapur pribadi.

Ada berbagai jenis usaha kuliner yang dapat dicoba, seperti menjual cemilan atau kue kering. Buatlah nilai plus, jadikan produk Anda unik dan berbeda agar dapat menarik perhatian orang-orang.

Anda dapat menjajakannya melalui media sosial, atau secara langsung ke rekan kerja Anda.

Jika akhir minggu memiliki waktu libur, Anda juga bisa mencoba untuk menyewa sebuah toko dan menjual produk Anda. Bukanlah mustahil bahwa usaha ini dapat menghasilkan pemasukan yang jauh lebih besar daripada gaji bulanan pekerjaan utama Anda.

  1. Trader Saham

    Potensi Keuntungan Tertinggi

Saham dapat menjadi pilihan terbaik Anda. Melalui saham, Anda memilki peluang untuk meraih keuntungan yang tak terbatas. Modal yang dibutuhkan juga relatif rendah. Bahkan beberapa sekuritas mengijinkan Anda untuk membuka akun hanya dengan bermodalkan 1 juta Rupiah.

Kelebihan dari saham adalah, tidak menyita waktu, dan dapat menggandakan uang dengan cepat. Tetapi, Anda juga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menganalisa. Anda wajib belajar bagaimana cara berinvestasi saham dengan benar sebelum terjun ke dunia saham.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Wajib Berinvestasi di Pasar Saham

  1. Jualan Pulsa

    Jualan Pulsa

Sekarang siapa sih yang tidak menggunakan HP? Pasar untuk pulsa sangatlah besar, karena orang-orang pasti selalu membutuhkan pulsa. Ide bisnis yang satu ini cukup menjanjikan, karena meningkatnya pengguna telepon seluler dari tahun ke tahun.

Jika Anda adalah karyawan kantoran, dan tidak ada orang yang melakukan pekerjaan sampingan jualan pulsa, maka berbahagialah Anda. Anda mendapatkan begitu banyak calon pembeli dari tempat bekerja.

  1. Jualan Sarapan

    Jualan Sarapan

Pagi-pagi pasti sering merasa laper, apalagi kalau kantornya ngga punya kantin.

Sebelum berangkat ke kantor, Anda dapat bangun lebih pagi dan mempersiapkan makanan untuk dijual ke teman-teman kantor lainnya. Menu yang Anda tawarkan juga bisa sangat beragam, seperti bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, dan lainnya.

Jika Anda tidak bisa memasak, jangan khawatir. Berpikirlah dengan kreatif! Carilah penjual sarapan di dekat rumah Anda, dan jual ke teman-teman sekantor.

  1. Menjadi Guru Les Privat

    Menjadi Guru Les Privat

Anda memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang lain? Wah beruntung banget! Anda bisa mengajarkan ketrampilan Anda ke orang lain.

Pasti banyak sekali orang di luar sana yang ingin pandai bermain musik atau pandai dalam berbahasa asing. Anda bisa membuka les privat bahasa Inggris atau kursus bermain gitar di rumah setelah jam kerja.

9 ide yang saya berikan di atas hanyalah sebagian kecil dari jenis-jenis usaha yang dapat Anda lakukan.

Untuk menghasilkan pemasukan tambahan, dan sukses dalam melakukannya, kunci utamanya ada pada diri Anda sendiri. Anda diharuskan untuk bekerja keras, berpikir inovatif, dan berpikir kreatif dalam mengembangkan usaha sampingan Anda.

Usaha-usaha yang dilakukan dengan tekun, pasti akan menghasilkan keuntungan untuk Anda.

Salam Sayanda! Stay Inspired! Stay Motivated!

***

Demikianlah artikel 9 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 9 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah.

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • peluang usaha sampingan karyawan
  • bisnis sampingan karyawan
  • usaha sampingan karyawan
  • usaha sampingan modal kecil untuk karyawan
  • usaha sampingan untuk karyawan
  • usaha sampingan
  • bisnis sampingan modal kecil
  • https://www sayanda com/usaha-sampingan-untuk-karyawan/
  • usaha sampingan modal kecil
  • kerja sampingan karyawan
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.