5 Tips Packing Untuk Travelling Mudah dan Cepat

Sayanda.com – 5 Tips Packing Untuk Travelling Mudah dan Cepat – Banyak sekali orang Indonesia yang menyukai aktifitas travelling. Tidak aneh sih, karena di Indonesia sendiri memang banyak sekali tempat-tempat liburan yang dapat dikunjungi.

Liburan dibutuhkan semua orang karena dapat meringankan beban pikiran akibat aktivitas sehari-hari yang melelahkan. Walaupun acara jalan-jalannya sendiri menyenangkan, kegiatan yang bikin males dan sangat nyusahin itu adalah saat mempersiapkan barang-barang bawaan sewaktu packing.

Beberapa tips packing untuk travelling akan saya berikan untuk membantu Anda agar dapat menyelesaikan aktifitas ini dengan mudah dan cepat. Tips-tips di bawah ini sangatlah berguna, apalagi untuk Anda yang besok sudah harus berangkat, tetapi belum mulai packing, pastinya sekarang sedang was-was yah.

5 Tips Packing Untuk Travelling Mudah dan Cepat ala Backpacker

  1. Buat Daftar Barang Bawaan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat sebuah daftar berisi barang bawaan apa saja yang dibutuhkan dan akan dibawa. Hal ini memang terdengar seperti cara yang cukup kuno dan sering dianggap enteng, tetapi percayalah tips packing untuk travelling yang satu ini sudah terbukti ampuh.

Dengan menyusun sebuah daftar maka Anda dapat menentukan prioritas barang apa saja yang harus dan tidak harus dibawa selama perjalanan. Selain itu dengan mengetahui barang wajib dibawa, aktivitas packing dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah

Cara membuat daftar barang bawaan juga tidak bisa semena-mena. Cara terampuh adalah dengan membuat daftar barang bawaan jauh-jauh hari sebelum hari H keberangkatan. Alasannya karena jika terlalu dekat dengan hari H, bisa saja ada barang-barang yang kelupaan.

Pikirkan mulai dari pakaian, makanan, dokumen, elektronik, alat mandi, dan barang lainnya. Tuliskan semuanya secara lengkap dan mendetail dalam secarik kertas. Jangan lupa juga untuk menuliskan jumlahnya.

Urutkan 1 per satu berdasarkan urutan prioritasnya. Setelah itu coret satu per satu barang yang Anda rasa tidak terlalu dibutuhkan.

  1. Pilih Kebutuhan Dalam Ukuran Yang Kecil

Dalam bepergian Anda tidak perlu membawa barang-barang dalam jumlah yang besar dan banyak.

Untuk beberapa barang dengan ukuran besar, cobalah cari versi mini atau versi kecilnya. Sebagai contoh untuk perlengkapan mandi, Anda tidak perlu membawa shampo botol namun cukup dengan beberapa sachet saja maka keperluan mandi selama bepergian sudah dapat tercukupi. Untuk pasta gigi pilihlah yang memiliki ukuran terkecil agar tidak terlalu memakan tempat, toh Anda juga pergi dalam waktu yang tidak terlalu lama jadi tidak memerlukan pasta gigi dalam jumlah yang banyak.

Selain itu ketahui juga apakah tempat tinggal Anda sudah menyediakan peralatan mandi. Banyak sekali tempat penginapan atau hotel-hotel yang menyediakan shampo, sabun, dan sikat gigi untuk pelanggannya.

  1. Gunakan Vacuum Bag

Tips Packing Untuk Travelling

Tips packing untuk travelling berikutnya adalah dengan menggunakan vacuum bag.

Untuk pakaian, sebaiknya Anda pilih dengan baik. Hindari pakaian-pakaian yang terlalu tebal seperti jaket, sweater dan jeans untuk dimasukkan ke dalam tas bersama barang bawaan lain. Untuk pakaian yang besar dan tebal ada baiknya untuk memakainya saja dan tidak perlu packing ke dalam ransel.

Jika memang harus membawa pakaian tersebut, maka cobalah mencari Vacuum Bag. Mungkin sekarang Anda sedang bertanya-tanya, apa sih Vacuum Bag itu? Singkatnya Vacuum Bag dapat mengurangi ukuran baju dengan signifikan dengan cara mengeluarkan udara dari dalam kantong tersebut menggunakan Vacuum Cleaner.

Juga perlu diingat sebaiknya untuk jangan membawa barang yang kemungkinan bisa dibeli di tempat tujuan. Jika memang Anda berencana untuk membeli baju di tempat tujuan, sebaiknya tidak usah membawa baju terlalu banyak.

  1. Jangan Membawa Tas Terlalu Banyak

Dalam melakukan travelling ada baiknya memperhatikan jumlah dan berat tas yang akan dibawa.

Membawa tas dalam jumlah banyak dan besar, hanya akan membuat tubuh menjadi cepat capek, dan membuat Anda menjadi tidak bisa menikmati acara travelling dengan nyaman. Cukup gunakan sebuah ransel atau tas jinjing agar dapat bergerak dengan lebih leluasa.

Kurangi semua barang bawaan yang tidak perlu dibawa, dan bawa barang sesedikit mungkin.

Hal penting berikutnya adalah Anda juga harus memperhatikan bagasi yang disediakan oleh angkutan yang digunakan. Perusahaan pesawat terbang biasanya menyediakan batas jumlah dan berat dari total bagasi. Jika membawa barang melebihi batas berat dan jumlah yang dianjurkan, maka akan diharuskan membayar biaya tambahan.

Selain itu, jika membawa tas dalam jumlah banyak, akan susah sekali untuk berpindah tempat dari 1 penginapan ke penginapan lainnya.

  1. Siapkan Tas Kecil Untuk Menyimpan Barang Kebutuhan Utama

Cara Packing Baju Untuk TravellingAnda bisa membawa tas jinjing atau tas kecil yang bisa diisi dengan berbagai kebutuhan primer. Simpanlah ponsel, dompet, obat-obatan, charger, dan beberapa barang penting lainnya di tas kecil ini supaya dapat dengan mudah mengambilnya dan tanpa membuka bagasi kembali.

Sering kali saat bepergian, Anda akan sewaktu-waktu membutuhkan barang tersebut, dan hal yang banyak orang lakukan adalah dengan membongkar kembali bagasi mereka. Hal ini kurang disarankan karena hanya akan mempersulit aktivitas perjalanan. Menyimpan barang-barang yang sering dibutuhkan pada sebuah tas kecil akan mempermudah mengambil barang-barang tersebut.

Susunlah secara rapi barang-barang bawaan di dalam tas kecil ini agar tidak kesulitan untuk mengeluarkannya. Jangan lupa untuk lebih berhati-hati dengan menjaga tas tersebut, karena karena ukurannya yang kecil biasanya banyak orang yang lupa untuk kembali membawa tas ini setelah meletakkannya di suatu tempat.

Paspor dan Visa juga dapat dimasukkan ke dalam tas ini, karena akan menghemat waktu sewaktu proses imigrasi berlangsung.

Sebaiknya bawa juga sebuah rain cover untuk ransel bawaan, karena bisa dengan cepat mengamankan barang-barang kebutuhan primer Anda dengan cepat dan mudah.

Demikianlah 5 tips packing untuk travelling dari Sayanda.com yang dapat membantu Anda untuk memperlancar aktivitas liburan Anda.

Biar tidak lupa, saya ulangi lagi 5 tips packing untuk travelling mudah dan cepat: 1. Buat Daftar Barang Bawaan, 2. Pilih Barang Berukuran Kecil, 3. Gunakan Vacuum Bag, 4. Hindari Membawa Banyak Tas, 5. Siapkan Tas Kecil.

Selamat mencoba!

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • tips packing travelling
  • tips packing traveling pakai tas
  • tips packing
  • cara packing untuk travelling
  • tip untuk travel
  • packing mudah
  • packing apa artinya trafelling
  • Contoh Gambar Pacing Ala India
  • tips packing untuk 5 hari
  • cara packing traveling
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.