5 Tips Jadikan Youtube Sebagai Karir & Menjadi Youtuber Sukses

Cara Menjadi Youtuber Terkenal Sayanda.com – 5 Tips Jadikan Youtube Sebagai Karir & Menjadi Youtuber Sukses – Karena perkembangan teknologi yang sangat cepat, banyak sekali orang kaya baru berhasil meraih kekayaan mereka melalui dunia maya.

Salah satu pekerjaan dunia maya yang cukup menjanjikan adalah menjadi seorang Youtuber.

Sekarang siapa sih yang ngga tau Youtube? Situs menonton dan berbagi video ini ternyata memiliki peluang untuk menghasilkan uang dalam jumlah besar. Situs ini akan membayar Anda melalui iklan yang dipasang pada video unggahan.

Di luar negeri, menjadi seorang Youtuber sudah terbukti sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Orang-orang sukses dari Youtube seperti Nigahiga, PewDiePie, dan Smosh berhasil meraih ratusan juta Rupiah setiap bulannya hanya dengan membuat video.

Di Indonesia, pekerjaan ini masih belum cukup terkenal karena orang-orang masih ragu akan prospek dari karir ini…

…Tetapi jangan salah sangka, di Indonesia sendiri sudah cukup banyak Youtuber terkenal bermunculan, seperti Raditya Dika, tim Last Day Production, dan Duo Harbatah.

Selain mendapatkan bayaran dari Youtube, Anda sendiri juga akan menjadi terkenal, dan tidak kalah terkenalnya dari artis-artis yang setiap hari bermunculan di TV.. hehe

Berikut ini adalah beberapa kiat sukses agar Anda dapat segera menghasilkan duit dari Youtube.

Tips Jadikan Youtube Sebagai Karir & Menjadi Youtuber SuksesTips Jadikan Youtube Sebagai Karir

  1. Pilih Genre Yang Anda Kuasai

Kalau masih ada yang nanya, apa sih genre itu? Genre adalah tema dari video yang dibuat.

Secara logika, bukankah sudah pasti jika ingin sukses dalam suatu hal, Anda harus menyukai hal tersebut?

Bila Anda adalah seseorang yang senang bermain game, buatlah video tentang review game, atau tips dan trik bermain game. Jika Anda jago dan suka nyanyi, buatlah video Anda sedang bernyanyi. Kalau suka nyanyi tapi ngga jago nyanyi, ya di autotune dulu suaranya biar bagus.. hehe

Baca Juga:  7 Peluang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Selain itu perlu juga untuk menggali kreativitas Anda.

Jadilah seseorang yang berbeda dengan ide-ide unik yang dapat menarik perhatian banyak orang. Jika memang sulit untuk menjadi berbeda, berikan poin dan kualitas tambahan ke video rekaman Anda dan dapat menjadikannya lebih bagus dari milik orang lain.

Dengan berfokus pada satu genre, maka branding channel Youtube akan semakin mudah dilakukan.

  1. Gunakan Peralatan Yang Memadai

Kalau Anda serius ingin meniti karir di dunia Youtube, maka peralatan yang bagus sudah pasti diperlukan. Rekaman video dengan kualitas bagus akan menarik perhatian lebih banyak orang, dan pastinya akan memberikan citra yang bagus untuk channel Anda.

Peralatan paling utama dan penting tentunya adalah kamera. Kamera DSLR dapat merekam video dengan kualitas yang mumpuni.

Berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah alat perekam suara…

…salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh pemula yang baru terjun ke dunia Youtube adalah tidak memperhatikan kualitas suara karena terlalu memperhatikan kualitas gambar.

Penggunaan microphone dan mic condenser dapat memberikan suara jernih, dan membuat para penonton dapat mendengar suara Anda dengan jelas dan nyaman.

Kalau Anda yang tidak ingin mengeluarkan modal, tidak usah khawatir.

Siapa bilang kalau peralatan tidak bagus maka tidak akan bisa sukses? Apa kalian pernah mendengar Nigahiga? Youtuber Amerika keturunan Jepang ini juga memulai karirnya dengan peralatan-peralatan sederhana…

…Tetapi orang-orang banyak yang suka dengan video yang ia buat karena kontennya yang orisinil dan menarik.

Melalui Youtube, Nigahiga telah meraih total kekayaan sebanyak 2 juta USD.

  1. Lakukan Proses Editing Sebaik Mungkin

Tips jadikan Youtube sebagai karir berikutnya adalah lakukan proses edit video.

Selain merekam, editing juga salah satu elemen terpenting yang harus diperhatkan dalam setiap video.

Pada proses inilah Anda dapat menghapus kesalahan yang terjadi sewaktu perekaman video dan juga menambahkan poin-poin tambahan ke dalam konten video.

Proses editing sendiri tidaklah mudah, untuk mendapatkan hasil yang bagus, tentunya diperlukan waktu pembelajaran yang tidak sedikit.

Beberapa orang memilih untuk membayar profesional atau membeli software berbayar yang akan membantu dalam mengedit video. Toh hitung-hitung sebagai modal investasi yang akan berbuah di masa depan.

Baca Juga:  9 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil

Buatlah video Anda semenarik mungkin, dan buatlah berbeda dengan orang-orang lainnya. Perbedaan tersebutlah yang akan membuat Anda menonjol dibandingkan orang lainnya.

Beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan adalah, intro, musik iringan, kontras warna, kecerahan video, kejernihan suara, dan penutupan.

  1. Perluas Jaringan Anda dan Iklankanlah Video Anda

Jaringan atau networking adalah kunci kesuksesan untuk hampir semua jenis bisnis yang ada.

Perluaslah jaringan, baik melalui online ataupun offline.

Untuk media online, gunakan situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google Plus untuk memasarkan video dan menjalin pertemanan. Untuk media offline, beri tau ke teman-teman Anda akan video yang telah diunggah.

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara berbayar.

Media iklan seperti Facebook Ads, Google Ads, ataupun Youtube Ads dapat dengan signifikan meningkatkan nama Anda. Cara berbayar dinilai lebih efektif karena dapat menarget untuk siapa video tersebut akan ditayangkan.

Contohnya, jika channel Youtube Anda memiliki tema musik, maka Anda dapat menarget untuk memasang iklan kepada orang-orang yang tertarik dengan dunia musik.

Setelah mulai mendapatkan penonton, teruslah membangun jaringan Youtube Anda. Usahakan mengundang setiap penonton untuk subscribe atau berlangganan ke channel Anda. Jika mereka mulai berlangganan, maka setiap Anda meng-upload video, maka mereka akan mendapat pemberitahuan.

Terus bangunlah hubungan yang baik dengan penonton Anda, jika mereka bertanya, usahakan untuk menjawabnya. Selalu berinteraksi dan bersahabat dengan penonton agar mereka terus betah berlangganan dengan channel Anda.

  1. Pelajari SEO dan Cara Optimasi Video Youtube

Tips jadikan Youtube sebagai karir yang terakhir adalah mempelajari SEO.

Bagi yang belum tau, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa sederhana adalah teknik untuk membuat video muncul di hasil pencarian teratas.

Selain SEO, pelajari juga teknik optimasi video.

Optimasi video Youtube jauh lebih mudah dibandingkan dengan blog. Anda harus memperhatikan judul (title), deskripsi dan juga tag yang digunakan.

Pastikan pada bagian judul, Anda memasukan kata kunci tertarget yang sering dicari oleh orang-orang dan bisa membuat penonton tertarik untuk menontonnya. Buatlah deskripsi mengenai konten video tersebut.

Baca Juga:  7 Peluang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Dan terakhir, tambahkan beberapa tag yang berhubungan dengan video unggahan.

Begitulah tadi artikel 5 Tips Jadikan Youtube Sebagai Karir dan Menjadi Youtuber Sukses dari Sayanda.com.

Kalau sahabat Sayanda memiliki pertanyaan seputar artikel 5 Tips Jadikan Youtube Sebagai Karir dan Menjadi Youtuber Sukses, jangan sungkan untuk bertanya pada box komentar di bawah.

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • cara menjadi youtubers terkenal dgn alat sederhana
  • motivasi jadi youtuber
  • motivasi untuk youtuber
  • cara menjadi youtubers terkenal 2017
  • cara menjadi youtuber musik
  • cara menjadi penonton berbayar youtube
  • cara memulai karir youtube
  • cara cepat kaya jadi youtuber
  • youtubers yang suka memotivasi
  • apakah youtube masih menjanjikan
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.