5 Tips dan Cara Berhenti Merokok Total Secara Alami dan Cepat

Merokok adalah kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan berbagai penyakit bagi tubuh Anda, karena pada sebatang rokok terdapat ribuan zat racun yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kanker, tumor, bronkitis, gangguan kehamilan, impotensi dan masih banyak masalah kesehatan lainnya.

Asap rokok tidak hanya berbahaya bagi orang yang merokok tetapi juga berbahaya bagi orang-orang di sekitarnya yang berperan sebagai perokok pasif…

…malahan sebenarnya perokok pasif memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit daripada perokok aktif.

Jika Anda  masih meneruskan kebiasaan merokok, bukan tidak mungkin keluarga Anda adalah orang pertama yang akan terkena dampaknya karena kebiasaan buruk ini.

5 Tips dan Berhenti Merokok Total Secara Alami dan Cepat

  1. Bulatkan Tekad dan Niat

Karena faktor kebiasaan, para pecandu rokok pasti akan merasa ada yang aneh pada dirinya jika sehari tidak merokok.

Yang paling sering terjadi adalah setelah makan. Para perokok akan merasa ada yang kurang jika setelah makan besar mereka tidak menutupnya dengan merokok.

Padahal merokok setelah makan adalah pola hidup yang salah kaprah dan dapat menyebabkan racun dari rokok terikat dalam darah dan ikut diedarkan ke seluruh tubuh.

Tips dan cara paling ampuh untuk berhenti merokok total adalah membulatkan tekad dan niat.

Ini adalah hal yang paling utama.

Jika Anda belum membulatkan tekad dan niat Anda, maka ada kemungkinan di tengah perjalanan sudah akan menyerah dan gagal. Setelah itu Anda akan kembali bergumul dengan asap rokok lagi.

Jika tekad Anda masih sulit untuk dibulatkan, Anda bisa meminta bantuan kepada orang terdekat untuk membuat perjanjian dengan Anda. Buatlah perjanjian sederhana misalnya jika Anda merokok maka Anda harus membayar denda Rp 20 ribu untuk tiap batangnya.

Dengan perjanjian seperti ini maka mau tidak mau Anda akan menaati peraturan ini dan takut untuk melanggarnya karena denda yang sangat banyak.Cara Ampuh Berhenti Merokok Total

  1. Ganti Kebiasaan Merokok dengan Sesuatu Yang Lain

Cara yang dapat dilakukan berikutnya adalah Anda harus menyibukkan tangan dan mulut Anda.

Jika biasanya pada saat bekerja Anda bisa menghabiskan berbatang-batang rokok maka sekarang cobalah untuk mengganti rokok itu dengan permen, keripik, camilan atau coklat agar mulut Anda selalu sibuk dan tidak terasa masam karena tidak merokok.

Selain itu sibukkan pula tangan Anda dengan kegiatan yang memerlukan kerja optimal dari jari-jari, seperti mengetik, bermain game, menjahit, dan lain sebagainya.

Jika tangan dan mulut Anda berhasil Anda alihkan untuk kesibukan lain, maka cepat atau lambat Anda akan terbiasa untuk tidak tergantung lagi pada rokok.

Kebanyakan perokok akan mengambil sebatang rokok setelah mereka makan. Kebiasaan inilah yang harus Anda ubah sekarang dengan mengganti rokok itu dengan sesuatu yang lain seperti buah atau permen karet.

Yang paling umum untuk digunakan adalah dengan mengunyah permen karet rasa mint sebagai pengganti rokok.

Jika Anda sudah berhasil melakukannya dalam waktu kurang lebih 2 minggu, maka bukan tidak mungkin Anda bisa segera terlepas dari rokok.

Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat

  1. Hindari Tempat dengan Asap Rokok

Jika Anda sedang pergi ke cafe atau tempat umum lainnya usahakan untuk berada di ruang ber-AC atau di ruangan bebas asap rokok. Dengan begitu Anda tidak akan berani untuk merokok meskipun sebenarnya sangat ingin merokok.

Jika Anda berani merokok di tempat seperti itu maka Anda akan mendapatkan masalah dengan banyak orang, jadi tetaplah berada di ruang bebas asap rokok agar terhindar dari keinginan untuk merokok.

Selain itu untuk sementara Anda juga harus menghindari teman Anda yang sedang merokok. Teman yang sedang merokok biasanya menawarkan rokoknya kepada Anda dan dengan begitu Anda menjadi tertarik dan ingin mengambil dan menikmati sebatang rokok.

Alangkah baiknya jika benar-benar ingin berhenti merokok total untuk menghindari teman-teman perokok Anda sewaktu mereka sedang merokok. Carilah alasan yang tidak membuat mereka tersinggung, seperti ingin keluar sebentar untuk mencari makan atau ingin mengambil barang yang ketinggalan di mobil

Dengan cara menghindari tempat-tempat orang merokok maka cepat atau lambat Anda juga akan terbiasa untuk tidak merokok.

Hindari tempat seperti ini karena hal ini juga baik untuk kesehatan Anda, karena saat Anda menghirup asap rokok atau menjadi perokok pasif, Anda memiliki resiko bahaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan perokok aktif.

Cara Berhenti Merokok Secara Alami

  1. Belajar Bermeditasi, Olah Nafas atau Yoga

Meditasi sangat penting bagi kesehatan pikiran dan tubuh. Dengan bermeditasi Anda akan merilekskan pikiran dan memfokuskan pikiran untuk hal-hal yang positif.

Saat sedang melakukan meditasi, Anda bisa menanamkan kalimat afirmasi sederhana untuk diri Anda sendiri, seperti “saya bisa hidup tanpa rokok” atau “rokok berbahaya untuk tubuh saya, hindari!” Anda bisa menyusun kalimat afirmasi positif untuk menghipnotis diri sendiri.

Tujuan dari kalimat afirmasi ini adalah untuk menanamkan sugesti positif ke dalam alam bawah sadar Anda, sehingga lama kelamaan Anda akan percaya bahwa rokok berbahaya untuk kesehatan dan Anda harus menghindarinya.

Dengan meluangkan waktu untuk bermeditasi Anda juga akan terhindar dari keinginan untuk merokok. Karena waktu Anda akan dihabiskan untuk bermeditasi.

Orang yang rutin melakukan meditasi kesehatan tubuhnya juga akan meningkat sehingga secara tidak langsung Anda akan membersihkan tubuh dari sisa-sisa racun adiktif yang masih mengendap di dalam tubuh Anda sewaktu masih menjadi perokok aktif.

Selain bermeditasi, Anda juga bisa mempelajari olah nafas ataupun olahraga yoga yang sama baiknya untuk Anda.

Kegiatan-kegiatan di atas adalah cara yang sangat baik bagi Anda untuk mengalihkan pikiran Anda dan berhenti merokok.

Tips Berhenti Merokok Dengan Cepat

  1. Perbanyak Istirahat dan Minum Air Putih

Orang yang senang begadang biasanya menghabiskan malamnya dengan berbatang-batang rokok dan kopi.

Jika benar-benar ingin berhenti merokok total, ada baiknya untuk mengurangi kegiatan kurang sehat yang satu ini. Dengan mengatur jadwal tidur Anda lebih awal maka Anda dapat terhindar dari bahaya rokok.

Jika ada pekerjaan yang memaksa Anda untuk begadang maka Anda bisa mengganti rokok Anda dengan buah-buahan seperti jeruk atau mangga sebagai teman begadang Anda. Keripik atau makanan ringan lainnya juga dapat menjadi pengganti rokok.

Lalu perbanyak juga konsumsi air putih, karena air putih dapat membantu untuk membuang racun yang Anda hirup dari rokok dengan lebih cepat.

Meminum air putih dalam jumlah yang cukup juga baik untuk kesehatan Anda, jadi tidak ada salahnya melakukan metode ini untuk menjaga kesehatan sekaligus mempercepat proses Anda untuk berhenti merokok total.

Baca Juga:

***

Demikianlah beberapa tips dan cara ampuh untuk berhenti merokok total secara alami dan cepat.

Jika Anda punya pertanyaan atau masih bingung tentang tips dan cara berhenti merokok, jangan malu untuk bertanya dan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini.

Pencarian Masuk:
  • Kalimat afirmasi untuk berhenti merokok
  • permainan jari pengganti roko
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.

Leave a Reply