Teks Eksposisi – Contoh, Struktur, Pengertian, Ciri, Kaidah, Tujuan, Jenis

Definisi Teks Eksposisi

Sayanda.com – Teks Eksposisi – Contoh, Struktur, Pengertian, Ciri, Kaidah, Tujuan, Jenis

Ingin mempelajari teks eksposisi secara lengkap? Anda sudah berada di tempat yang benar.

Teks eksposisi adalah sebuah artikel yang mengandung penjabaran informasi mengenai suatu permasalahan. Teks eksposisi harus memuat data yang akurat, faktual, serta ditulis dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan jelas.

Contoh teks eksposisi dapat Anda lihat pada berita-berita di koran.

Tujuan teks eksposisi adalah untuk memberikan informasi atau pengetahuan tentang suatu hal secara menyeluruh kepada pembaca agar mereka dapat memperoleh informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

loading...

Pengertian Teks Eksposisi Menurut Para Ahli

Pengertian Teks Eksposisi Menurut Para AhliBeberapa ahli di bidang bahasa turut memberikan pendapatnya mengenai definisi teks eksposisi yang antara lain:

  1. Gorys Keraf

Karangan eksposisi merupakan suatu bentuk wacana yang bertujuan untuk menguraikan objek atau permasalahan tertentu agar dapat memberikan pemahaman dan memperluas pandangan wawasan pembaca.

Tujuan utama dari teks eksposisi adalah tidak lain untuk memberikan informasi mengenai permasalahan tertentu dan sama sekali tidak dibuat untuk memengaruhi atau mengubah sikap pembacanya.

Menurut Gorys Keraf, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penulis yang hendak menulis teks eksposisi adalah:

  • Penulis mengetahui dan menguasai objek permasalahan yang akan ia tulis. Pastikan juga penulis memiliki bukti dan fakta yang kuat agar tidak menyesatkan pembaca.
  • Penulis harus mampu menganalisis persoalan dengan jelas dan konkret.
  1. Alwasilah

Karangan eksposisi merupakan tulisan yang memiliki tujuan untuk mengklarifikasi, menjelaskan, atau mendidik pembaca mengenai isu tertentu.

Baca Juga:  Pengertian Teks Prosedur Kompleks - Struktur, Contoh, Ciri, Analisis, Tujuan

Penulis eksposisi berniat untuk memberikan informasi maupun petunjuk mengenai permasalahan yang semula tidak dipahami oleh pembaca awam.

Tujuan akhirnya tidak lain adalah untuk memberikan pengetahuan terhadap pembaca.

  1. Nasucha

Teks eksposisi merupakan karya ilmiah yang bertujuan menjabarkan, memaparkan, dan menguraikan informasi tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengubah sikapnya terhadap suatu hal.

Teks eksposisi biasanya digunakan untuk menyajikan ilmu, definisi, langkah-langkah, atau proses terjadinya sesuatu yang disusun secara kronologis dan rinci.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

  1. Pernyataan Pendapat (Thesis Statement)

Thesis statement merupakan pernyataan umum mengenai suatu permasalahan yang akan diangkat di dalam sebuah teks eksposisi.

Bagian ini biasanya memuat pengertian suatu istilah, pandangan penulis, permasalahan serta bagaimana permasalahan tersebut akan disajikan dalam teks.

  1. Argumentasi

Bagian argumentasi pada teks eksposisi biasanya memuat alasan dan data mengenai permasalahan yang tengah dibahas.

Argumentasi yang disampaikan penulis harus bersifat objektif dan tidak memiliki kepentingan tertentu selain memberikan informasi faktual kepada pembaca.

  1. Penutup

Pada bagian penutup, penulis biasanya menegaskan kembali pernyataan pendapat yang ditulis di awal paragraf serta mendukung pernyataan tersebut dengan bukti-bukti faktual.

Jenis Teks Eksposisi

Jenis Teks Eksposisi

  1. Eksposisi Laporan: Paragraf yang menjabarkan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu.
  2. Eksposisi Perbandingan: Jenis paragraf eksposisi yang pembahasan atau gagasan utamanya disajikan dengan cara membandingkan satu permasalahan dengan permasalahan lain yang memiliki pokok yang sama.
  3. Eksposisi Pertentangan: Teks eksposisi pertentangan hampir sama dengan perbandingan. Namun, pada eksposisi pertentangan, topik yang disajikan memuat perbedaan atau pertentangan dari permasalahan yang tengah dibahas.
  4. Eksposisi Ilustrasi: Jenis teks eksposisi yang menyajikan permasalahannya dengan menggunakan ilustrasi atau gambaran dengan hal lain yang memiliki inti atau kesamaan.
  5. Eksposisi Klasifikasi: Jenis teks eksposisi yang penyajiannya dilakukan dengan cara menggolongkan atau mengklasifikasikan permasalahan berdasarkan kategori tertentu.
  6. Eksposisi Proses: Jenis teks eksposisi yang disajikan dengan cara menjabarkan proses terjadinya suatu permasalahan secara kronologis.
  7. Eksposisi Definisi: Jenis teks eksposisi yang menyajikan pengertian tentang suatu permasalahan secara menyeluruh sehingga pembaca dapat memperoleh pemahaman secara utuh.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Ciri Teks EksposisiTeks atau paragraf eksposisi memiliki ciri-ciri khusus sebagai berikut:

  1. Memiliki Penjelasan

Karangan wajib memiliki pengertian mengenai istilah-istilah dan perihal umum yang menjadi topik pembahasan sebuah teks.

Baca Juga:  Struktur dan Pengertian Teks Eksplanasi Kompleks Menurut Para Ahli

Bagian tersebut biasanya diletakkan di awal paragraf agar pembaca dapat memperoleh pemahaman tentang isu yang akan dibahas dalam teks tersebut.

  1. Memiliki Karakteristik Informatif

Informasi yang terkandung dalam sebuah teks eksposisi harus dikemas dalam gaya penulisan yang singkat, padat, dan terarah.

Singkat dalam hal ini memiliki makna bahwa teks eksposisi harus memuat penjabaran secara to-the-point atau tanpa basa-basi.

  1. Bersifat Objektif

Informasi yang dimuat dalam sebuah paragraf eksposisi harus memberikan data yang akurat dan tidak memiliki kecenderungan terhadap pihak atau isu manapun.

Teks eksposisi juga seharusnya tidak memiliki unsur persuasi atau bujukan kepada pembaca untuk melakukan hal tertentu.

  1. Memuat Data Faktual

Penjelasan dalam teks eksposisi wajib ditulis berdasarkan data faktual dan akurat dari sumber terpercaya. Data tersebut wajib dicantumkan sebagai bagian dari penjelasan.

  1. Menggunakan Gaya Bahasa Baku

Karangan wajib dituliskan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penulis tidak boleh menggunakan bahasa informal dan bahasa sehari-hari.

Kaidah dan Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

Kaidah Teks EksposisiTeks eksposisi harus memenuhi unsur dan kaidah kebahasaan sebagai berikut:

  1. Memiliki Topik

Teks eksposisi memiliki sifat informatif. Oleh karena itu, dalam sebuah teks eksposisi harus ada topik yang memuat permasalahan yang patut untuk dibahas.

Penjelasan tersebut harus disertai fakta dan data yang kuat yang dapat disajikan melalui tabel maupun grafik.

  1. Menyajikan Fakta

Teks eksposisi sering digunakan sebagai model penulisan dalam berbagai jurnal ilmiah. Karena memuat penjabaran dan penjelasan mengenai suatu hal, teks eksposisi harus menyajikan fakta yang disertai dengan bukti dan teori penunjang.

Pada teks eksposisi, fakta digunakan sebagai bagian untuk memperjelas informasi, sedangkan dalam teks argumentasi, fakta disajikan untuk memengaruhi pembaca.

  1. Gaya Bahasa dan Penulisan

Teks eksposisi ditulis dengan gaya bahasa baku dan penulisan yang terarah. Pemilihan kata dalam teks eksposisi pun harus disesuaikan dengan target pembaca.

Selain itu, hindari penggunaan istilah yang kurang familiar agar tidak menyulitkan pembaca untuk mendapatkan informasi dari teks.

  1. Penggunaan Pronomina

Penggunaan kata ganti atau pronomina diperbolehkan dalam teks eksposisi. Namun, tetap harus bersifat objektif. Pronomina hanya boleh digunakan saat penulis menyampaikan pendapat pribadinya mengenai permasalahan yang tengah dibahas.

  1. Kata Leksikal

Kata leksikal merupakan istilah yang berkaitan dengan leksem atau kosakata. Kata leksikal meliputi beberapa unsur bahasa berikut ini:

  • Nomina (Kata Benda): Kata yang mengacu pada benda atau objek lain, baik bersifat nyata atau abstrak. Contoh: meja, buah, rumah.
  • Verba (Kata Kerja): Kata yang menyatakan perbuatan, proses, atau keadaan yang bukan sifat. Contoh: makan, jalan, lari.
  • Adjektiva (Kata Sifat): Kata yang melengkapi atau memberikan informasi mengenai kondisi seseorang, benda, binatang, suasana, dan sebagainya.
    Contoh: jelek, baik, lezat.
  • Adverbia (kata Keterangan): Kata yang melengkapi atau mendukung informasi mengenai tempat, waktu, cara, dan sebagainya.
    Contoh: di-, dari-, kemarin, ketika.

Fungsi dan Tujuan Teks Eksposisi

Fungsi dan Tujuan Teks EksposisiBerikut adalah tujuan dan fungsi teks eksposisi di antaranya adalah:

  1. Memberikan informasi yang disertai data dan fakta mengenai suatu permasalahan.
  2. Mengangkat sebuah permasalahan melalui sudut pandang ilmiah yang disertai dengan teori penunjang dan bukti-bukti ilmiah.
  3. Menjelaskan permasalahan tertentu secara terperinci sehingga pembaca dipastikan dapat memperoleh pemahaman yang utuh.
  4. Menggambarkan permasalahan yang tengah dibahas secara komprehensif.
  5. Menyampaikan data faktual terkait permasalahan tertentu.
  6. Mengutarakan pendapat secara objektif dan bertanggungjawab sebab didasari oleh fakta dan data terkait.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Berikut adalah beberapa link yang dapat Anda tuju untuk mengetahui contoh teks eksposisi singkat:

Baca Juga:  Struktur dan Pengertian Teks Eksplanasi Kompleks Menurut Para Ahli

Sahabat Sayanda dapat langsung mengunjungi contoh teks eksposisi di atas untuk mempelajari karangan eksposisi yang sudah jadi.

Makalah Teks Eksposisi

Berikut ini adalah beberapa makalah teks eksposisi yang digunakan oleh blog Sayanda dalam penulisan artikel:

***

Demikianlah artikel Teks Eksposisi – Pengertian, Struktur, Tujuan, Contoh, Fungsi dari Sayanda.com. Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel Teks Eksposisi – Pengertian, Struktur, Tujuan, Contoh, Fungsi; jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

loading...
Pencarian Masuk:
  • teks eksposisi
  • tujuan teks eksposisi
  • fungsi teks eksposisi
  • https://www sayanda com/teks-eksposisi/
  • pengertian teks eksposisi
  • Tujuan dari teks eksposisi
  • makalah teks eksposisi
  • eksposisi
  • tujuan dan fungsi teks eksposisi
  • makalah tentang teks eksposisi
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.