loading...

Pengertian Sumber Daya Alam Indonesia – Jenis, Manfaat, Makalah

Sayanda.com – Pengertian Sumber Daya Alam Indonesia – Jenis, Manfaat, Makalah.

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, tetapi sebagai masyarakat Indonesia, apakah Anda tahu pasti apa yang definisi sumber daya alam?

Sumber daya alam adalah istilah yang merujuk pada materi dan potensi alam yang terdapat di Bumi serta pengelolaannya bagi kebutuhan manusia. Sumber daya alam dapat berupa benda-benda hidup seperti hewan, manusia, dan tumbuhan, serta benda tidak hidup seperti matahari, udara, dan bahan tambah.

Makalah berikut ini akan membahas pengertian sumber daya alam secara lengkap dari segi arti, definisi, jenis, dan manfaat.

loading...

Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli

Pengertian Sumber Daya AlamBerikut ini merupakan definisi sumber daya alam menurut para ahli:

  1. Suryanegara

Sumber daya alam adalah unsur-unsur alam yang terdiri dari unsur hayati dan unsur fisik yang dikelola manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraan hidup.

  1. Katili

Sumber daya alam adalah keseluruhan unsur tata lingkungan biofisik yang nyata serta memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai bagian dari kebutuhan manusia.

  1. Isard

Sumber daya alam adalah lingkungan dan bahan-bahan mentah yang dapat dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan hidup manusia.

  1. Undang-Undang No. 4 Tahun 1982 Pasal (5)

Sumber daya alam adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari sumber daya manusia, sumber daya hayati, sumber daya non-hayati, serta sumber daya buatan.

  1. Chapman
Baca Juga:
Gempa Bumi - Pengertian, Penyebab, Gambar, Proses, Akibat, Makalah

Sumber daya merupakan hasil penilaian manusia terhadap unsur-unsur lingkungan hidup yang dimanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Chapman juga membedakan pengertian sumber daya alam berdasarkan tiga kategori: persediaan total (total stock), sumber daya (resources), dan cadangan (reserve).

Jenis Sumber Daya Alam

Jenis Sumber Daya AlamJenis-jenis sumber daya alam diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori, di antaranya adalah:

Berdasarkan Pemulihannya

  • Sumber daya alam yang selalu ada: Sumber daya alam yang tidak akan habis karena mengalami siklus panjang. Contohnya: air, cahaya matahari, serta energi yang diperoleh dari pasang-surut air laut.
  • Sumber daya alam yang dapat diperbaharui: Sumber daya alam yang jika persediaannya habis, dapat segera tersedia kembali dalam waktu yang relatif cepat. Salah satu cara untuk memperbaharuinya adalah melalui reproduksi. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah hewan dan tumbuhan.
  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui: Sumber daya alam yang sulit atau bahkan tidak bisa tersedia kembali sebab membutuhkan waktu yang lama untuk dapat memperbaharuinya. Contoh: minyak bumi, dan benda-benda tambang seperti batu bara, timah.

Berdasarkan Sifatnya

  • Sumber daya alam hayati: Disebut juga sumber daya alam biotik, sumber daya hayati meliputi benda-benda hidup yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia. Contohnya adalah hewan, tumbuhan yang juga disebut dengan sumber daya alam nabati, serta mikroorganisme.
  • Sumber daya alam non-hayati: Sebutan lain dari sumber daya alam non-hayati ialah sumber daya alam abiotik yang materinya meliputi benda-benda tak hidup seperti tanah, air, udara, serta bahan-bahan tambang.
Baca Juga:
Pengertian Wawasan Nusantara - Fungsi, Tujuan, Arti, Makalah

Berdasarkan Kegunaannya

  • Sumber daya alam penghasil bahan baku: Sumber daya alam yang materinya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat benda lain yang memiliki nilai guna tinggi. Contohnya hasil hutan seperti kayu, karet, dan beberapa jenis batuan.
  • Sumber daya alam penghasil energi: Sumber daya alam yang memiliki potensi atau materi untuk menghasilkan energi sebagai penunjang hidup manusia. Salah satu contoh penghasil energi adalah sinar matahari yang selain memiliki manfaat untuk menyinari alam semesta, juga berguna sebagai pembangkit listrik.

Berdasarkan Nilai Kegunaannya

  • Sumber daya alam non-ekonomis: Sumber daya alam yang tidak dikenakan biaya untuk mendapatkannya. Artinya, manusia dapat menikmati sumber daya alam tersebut tanpa pengorbanan sekecil apapun, sebab materinya sudah tersedia dan dapat ditemukan di mana saja. Contohnya udara, angin, dan tanah.
  • Sumber daya alam ekonomis tinggi: Sumber daya alam yang membutuhkan pengorbanan serta biaya yang relatif tinggi untuk mendapatkannya. Contohnya adalah benda-benda tambang, seperti emas, perak, dan intan.
  • Sumber daya alam ekonomis rendah: Sumber daya alam yang memerlukan biaya rendah untuk mendapatkannya serta persediaannya juga cukup banyak. Contohnya adalah bahan-bahan bangunan seperti pasir dan batu.

Berdasarkan Lokasi

  • Sumber daya alam terestrial: Sumber daya alam yang materinya dapat kita temukan di permukaan bumi. Contoh sumber daya alam terestrial di antaranya adalah tanah, bahan galian, dan hasil hutan.
  • Sumber daya alam akuatik: Sesuai dengan namanya, sumber daya alam yang satu ini dapat kita temui di wilayah perairan. Contoh sumber daya alam akuatik antara lain rumput laut, ikan, serta mutiara.

Manfaat Sumber Daya Alam

Manfaat Sumber Daya AlamSumber daya alam memiliki pengaruh yang amat besar dalam menentukan keberlangsungan hidup umat manusia. Selain dimanfaatkan sebagai sumber kehidupan manusia, beberapa manfaat lain dari sumber daya alam adalah sebagai berikut:

  1. Sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam, dan sinar matahari dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dan bahan bakar.
  2. Sumber daya alam seperti kayu, batuan, dan pasir dapat dimanfaatkan manusia sebagai bahan dasar untuk membangun tempat tinggal.
  3. Sumber daya alam seperti bahan-bahan tambang dan batuan juga berpengaruh dalam pengembangan teknologi.
  4. Sumber daya alam juga berperan dalam menjaga keseimbangan alam. Karena perannya yang vital tersebut, kita dilarang untuk mengeksploitasi sumber daya alam. Selain berakibat buruk bagi lingkungan, eksploitasi sumber daya alam juga mengakibatkan langkanya bahan-bahan yang menjadi kebutuhan manusia.
  5. Sumber daya alam memiliki pengaruh yang besar terhadap cadangan devisa negara. Hasil alam yang dimiliki negara dapat dikomersilkan untuk mendapatkan keuntungan bagi perekonomian negara.
Baca Juga:
Pengertian Demokrasi Pancasila - Prinsip, Ciri, Fungsi, Makalah

Sumber Daya Alam Indonesia

Sumber Daya Alam IndonesiaIndonesia sebagai negara dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi juga kaya akan sumber daya alam. Berbagai jenis hasil bumi Indonesia seperti kopi, timah, rempah-rempah, dan lain sebagainya telah banyak diimpor keluar negeri.

Fakta tersebut membuktikan bahwa Indonesia dapat dianggap sebagai salah satu negara yang memiliki sumber daya alam paling berpengaruh di dunia.

Kekayaan sumber daya alam Indonesia yang melimpah ruah dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut:

  1. Iklim tropis di Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi. Kondisi tersebut membuat berbagai jenis tumbuhan dapat hidup dan tumbuh dengan cepat.
  2. Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik yang membuatnya dikelilingi oleh pegunungan yang kaya akan sumber daya energi dan mineral.
  3. Indonesia merupakan salah satu negara dengan wilayah perairan terluas di dunia. Hal tersebut membuat negeri kita kaya akan berbagai jenis biota laut yang selain memiliki nilai ekonomis tinggi, juga menyimpan pesona yang dapat dimanfaatkan sebagai destinasi wisata.

Sumber daya alam di Indonesia tidak hanya didominasi oleh keanekaragaman hayatinya saja. Berbagai daerah di Indonesia pun terkenal akan hasil bumi dan bahan tambang yang dapat menunjang kehidupan masyarakat.

Sebut saja wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Papua yang kaya akan benda tambang seperti batu bara, timah, gas alam, serta minyak bumi.

Hasil bumi tersebut selain dapat menjadi penopang kehidupan umat manusia, juga memiliki nilai ekonomis tinggi yang dapat memengaruhi ekonomi bangsa kita.

Baca Juga:
Pengertian Iman Kepada Allah - Fungsi, Cara, Contoh, Hikmah, Makalah

Makalah Sumber Daya Alam

Berikut ini adalah beberapa contoh makalah sumber daya alam yang digunakan oleh blog Sayanda dalam penulisan artikel berikut ini. Anda dapat mengakses makalah berikut ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai materi sumber daya alam:

***

Demikianlah artikel Sumber Daya Alam Indonesia – Pengertian, Jenis, Manfaat, Makalah dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda ada pertanyaan seputar pengertian sumber daya alam dari segi arti, definisi, jenis, dan manfaat;  jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar dibawah ini.

loading...
Pencarian Masuk:
  • sumber daya alam
  • pengertian sumber daya alam
  • sumber daya alam di indonesia
  • sumber daya alam indonesia
  • sumber daya alam yang ada di indonesia
  • sumber daya alam adalah
  • jenis sumber daya alam lokasi dan manfaatnya
  • SDA INDONESIA
  • contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan manfaatnya
  • artikel sumber daya alam