Pengertian Sistem Operasi – Fungsi, Sejarah, Contoh, Jenis

Di era yang serba modern ini, perangkat gadget semakin banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat. Mulai dari anak kecil hingga orang lanjut usia semua juga ikut menikmati kemudahan yang diberikan oleh barang teknologi.

Untuk meningkatkan kemampuan dan fitur yang diberikan oleh barang-barang teknologi, maka barang tersebut wajib menggunakan sistem operasi.

Contohnya seperti smartphone, laptop, komputer, atau bahkan TV pintar sekalipun.

Bagi Anda yang belum begitu paham tentang sistem operasi dapat segera membaca penjelasannya secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Sistem Operasi

Arti sistem operasi yang dipahami secara umum adalah seperangkat sistem yang bertugas melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras (hardware) serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk juga menjalankan perangkat lunak (software), pengolahan kata, dan pemutar musik.

Pada sebuah alat teknologi, sistem operasi berfungsi untuk melakukan penjadwalan sistematis seperti penghematan sumberadya, pemrosesan data, penggunaan memori, dan penyimpanan data.

Aplikasi pada ponsel pintar seperti Facebook, Line, Twitter, dapat digunakan karena adanya sistem operasi yang bergerak sebagai perantara antara aplikasi dan ponsel yang Anda miliki.

 

Sistem Operasi Komputer

Macam-macam sistem operasi komputer, di antaranya:

  • Sistem Operasi Windows

Windows adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis. Sistem operasi ini sudah banyak digunakan oleh user sejak lama.

Windows pertama kali masih dalam jenis Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) yaitu sebuah sistem operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Dan Windows 1.0 berkembang hingga yang Windows 10.

  • Sistem Operasi Linux

Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX). Sistem operasi ini juga terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Linux disusun berdasarkan standard sistem operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri.

Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, RedHat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.

  • Sistem Operasi Macintosh

MacIntosh adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel (tidak harmonis untuk digunakan) dengan komputer berbasis IBM.

MacIntosh merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). Macintosh memiliki security tinggi sehingga cocok untuk desain grafis atau user yang mementingkan eye-candy.

 

Sistem Operasi Handphone

Sama seperti halnya sebuah komputer, telepon pintar juga menggunakan sistem operasi seperti:

  • Sistem Operasi Symbian

Symbian adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd., dan dirancang untuk digunakan pada peralatan bergerak atau ponsel.

Jenis sistem operasi ini mudah kita temukan pada ponsel-ponsel produk Nokia dan beberapa produk Sony. Sekarang, sistem operasi ini sudah tidak populer karena kalah dengan beberapa sistem operasi baru, seperti Android.

  • Sistem Operasi Android

Android adalah sistem operasi yang paling populer dan digunakan banyak orang. Pada dasarnya, Android adalah sistem operasi linux yang dikembangkan dan dibuat untuk ponsel.

Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Android sendiri sudah mengalami banyak perubahan.

  • Sistem Operasi BlackBerry

BlackBerry adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM) untuk produk smartphone BlackBerry.

Sistem operasi ini menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen.

  • Sistem Operasi Palm

Palm adalah sistem operasi untuk ponsel yang dikembangkan oleh Palm Inc. Perusahaan multinasional yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat ini, menanamkan sistem operasi Palm dalam ponsel Palm Treo 680.

Smartphone yang menggunakan sistem operasi Palm, yaitu Palm OS 5.4.9 dengan prosesor Intel PXA270, 312MHz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.

  • Sistem Operasi Windows Mobile

Windows Mobile adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft untuk peralatan bergerak (mobile). Windows Mobile muncul pertama kali sebagai sistem operasi Pocket PC 2000.

Sebagian besar perangkat yang menggunakan Windows Mobile memiliki stylus pen yang digunakan sebagai alat untuk memberi perintah dengan menyentuhkannya pada layar.

 

Fungsi Sistem Operasi

  • Melakukan tugas-tugas penting dalam komputer dan menjamin aplikasi-aplikasi dapat berjalan dengan lancar
  • Menjadi penengah atau penghubung perangkat keras komputer (hardware) dengan perangkat lunak komputer (sofware)
  • Menjamin software lainya dapat menggunakan memori
  • Melakukan proses penerjemahan bahasa program untuk ditampilkan ke layar monitar yang berupa kombinasi grafis dan teks
  • Melakukan input atau output terhadap pelantara lain
  • Memiliki akses pada sistem file

 

Jenis dan Contoh Sistem Operasi

  1. Microsoft Windows

Sistem operasi Windows dirilis oleh perusahaan Microsoft pada tahun 1990. Saat itu seri yang dirilis adalah Windows 3.0 sebagai kelanjutan dari seri Windows 1.0 dan 2.0 yang telah diciptakan sebelumnya. Sistem operasi Windows 3.0 sendiri berbasis GUI (Graphical User Interface).

Microsoft terus memperbarui dan mengembangkan sistem operasi windows dan merilis beberapa generasi lanjutan, seperti Windows 97, Windows 98, windows ME, Windows 2000 Server, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Versi terbaru windows 10.

  1. IBM OS / 2

Sistem operasi IBM OS/2 merupakan sistem yang dikembangkan oleh International Bussiness Machine (IBM) Corporation dan Microsoft Corporation. Pemakaian sistem operasi pada komputer IBM ini, dimaksudkan sebagai pengganti Sistem Operasi DOS.

OS/2 sendiri adalah singkatan dari Operating System/2. Perancangan sistem operasi OS/2, memungkinkan penggunanya memaksimalkan Mikroprosessor Intel 80286 dan modus terproteksi (Protected Mode). Kemampuan tersebut membuat sistem operasi mampu menjalankan tugas secara bersamaan (simultan), serta mendukung memori virtual dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS.

  1. UNIX

Sistem operasi UNIX banyak digunakan pada komputer besar seperti superkomputer atau mainframe. Superkomputer adalah komputer yang digunakan pada perusahaan besar, seperti Badan Pertahanan Amerika, perusahaan pembuat pesawat terbang, dan lain-lain.

UNIX merupakan sistem operasi yang ditulis dalam bahasa C sehingga punya kemiripan dengan DOS, yaitu Line/Text Command Based. Sistem operasi UNIX lebih secure dibanding dengan sistem operasi lain karena setiap file, direktori, user dan group memiliki seperangkat izin tersendiri untuk diakses.

UNIX juga dapat melakukan pengelolaan data dengan jumlah yang sangat besar karena dilengkapi processor yang sangat cepat dan memori yang sangat besar.

  1. Linux

Sistem operasi Linux dikembangkan oleh Linus Benedict Torvalds, kebangsaan Finlandia. Linux merupakan sistem operasi open source yang bisa dikembangkan oleh siapapun.

Linux merupakan turunan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), yang peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU. Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani proses kontrol, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas.

Linux dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.

  1. Macintosh

Sistem operasi komputer Macintosh dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer MacIntosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. MAC OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI).

Diperkenalkan pada tahun 1984, sistem operasi MAC telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86, sejak tahun 2002. Pada MAC klasik, command line (baris perintah) tidak tersedia secara sembarangan dan menggunakan cooperative multitasking secara menyeluruh.

Sementara, MAC OS X telah memasukkan unsur-unsur BSD Unix dan One Step. Memori yang dimiliki pun sudah menyerupai UNIX dan Pre-Emptive Multitasking.

 

Sejarah dan Perkembangan Sistem Operasi

Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, dengan pembagiannya ke dalam empat generasi:

  • Generasi Pertama (1945 – 1955)

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Keterbatasan manusia untuk menghitung dan berbuat ceroboh, menjadi alasan utama yang mendorong perubahan sistem komputasi.

Pada generasi ini belum ada sistem operasi, jadi sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

  • Generasi Kedua (1955 – 1965)

Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu sistem operasi yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.

Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.

  • Generasi Ketiga (1965 – 1980)

Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (digunakan oleh banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).

  • Generasi Keempat (pasca 1980-an)

Sistem operasi pada masa ini banyak digunakan untuk jaringan komputer dengan kesadaran pemakainya pada keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya.

Pada masa ini para pengguna juga sudah bisa menikmati Graphical User Interface yaitu komputer antarmuka berbasis grafis.

 

Demikianlah artikel Pengertian Sistem Operasi – Fungsi, Sejarah, Contoh, Jenis dari Sayanda.com; jangan sungkan untuk bertanya atau meninggalkan komentar.

loading...

Leave a Reply