Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli – Fungsi, Jenis, Makalah

Sayanda.com – Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli – Fungsi, Jenis, Makalah.

Seni adalah suatu kemampuan yang dimiliki manusia dalam membuat sesuatu yang memiliki nilai estetika dengan upaya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu.

Musik merupakan rangkaian suara yang disusun sedemikian rupa sehingga memiliki nada, irama, lagu, dan harmoni yang membentuk suatu nilai estetika.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud seni musik adalah media untuk mengungkapkan ekspresi seorang seniman baik dengan menggunakan suara vokal maupun instrumen tertentu.

loading...

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Musik Menurut Para AhliPara ahli di bidang musik banyak mengutarakan pendapatnya mengenai definisi seni musik. Beberapa ahli tersebut di antaranya adalah:

  1. Jamalus: Seni musik merupakan suatu hasil karya seni yang berupa bunyi pada lagu atau komposisi yang memiliki arti atau ungkapan isi hati dari penciptanya. Seni musik diungkapkan melalui rangkaian irama, lagu, nada, dan harmoni yang membentuk satu kesatuan.
  2. Sylado: Seni musik merupakan wujud dari kumpulan ilusi dan rangkaian suara yang mengalun. Alunan suara yang terdapat pada musik tersebut dapat menggetarkan jiwa siapapun yang mendengarkannya.
  1. Suhastjarja: Musik merupakan ungkapan perasaan estetis manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat dan terwujud dalam nada-nada dan unsur lainnya yang memiliki harmoni serta memiliki bentuk dan ruang lingkup tersendiri yang dapat dipahami oleh siapapun yang menikmatinya.
  2. David Ewen: Musik merupakan ilmu pengetahuan dan seni yang memiliki kombinasi nada-nada, baik vokal maupun instrumental, serta harmoni dan ekspresi yang bersifat emosional.

Macam-Macam Aliran Seni Musik

Ditinjau dari perkembangannya, seni musik memiliki aliran atau genre yang dibagi ke dalam dua kategori, yakni seni musik tradisional dan seni musik modern.

  1. Seni Musik Tradisional

Seni Musik TradisionalMusik tradisional adalah musik yang hidup dan tumbuh di tengah-tengah masyarakat secara turun-temurun. Seni musik tradisional tidak hanya dipertahankan sebagai sarana hiburan, tetapi juga banyak disertakan dalam berbagai ritual kepercayaan, pengobatan, dan bahkan menjadi sarana komunikasi antara manusia dan dewa-dewa. Seni musik tradisional merupakan perwujudan dari seni dan kebudayaan masyarakat lokal. Di Indonesia, jenis seni musik tradisional contohnya adalah musik gamelan, keroncong, gambang kromong, dan marawis. Secara umum, seni musik tradisional memiliki beberapa karakteristik seperti di bawah ini:

  • Tidak Memiliki Notasi

Seni musik tradisional biasanya disebarkan secara lisan. Hal tersebut membuat adanya partitur notasi musik bukanlah suatu hal yang penting. Tidak adanya partitur notasi dalam musik tradisional ini terkadang menyulitkan orang lain untuk memelajari dan melestarikannya.

  • Bersifat Informal

Musik tradisional biasanya tercipta dari kegiatan atau ungkapan hati masyarakat atas kesulitan dan kegembiraan mereka di kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, musik tradisional lazim diperdengarkan atau dimainkan dalam suasana santai.

  • Lirik Lagu Berbahasa Daerah

Musik tradisional biasanya tumbuh dan berkembang di wilayah pelosok. Hal itu menyebabkan lirik dan irama yang ada dalam musik tradisional biasanya berbahasa daerah dan mencerminkan ciri khas daerah tersebut. Alunan melodi yang ada pun sering menggunakan nada-nada dari tangga nada slendro dan pelog.

  1. Seni Musik Modern

Seni Musik ModernBerbeda dengan seni musik tradisional, aliran musik modern atau populer tidak tercipta dari tradisi atau kebudayaan masyarakat tertentu. musik modern tercipta berdasarkan aturan komposisi yang jelas dan terwujud dalam partitur notasi, tangga dana, dan instrumen musik yang sudah banyak dikenal masyarakat luas. Di samping itu, seni musik modern memiliki komposisi dan gaya yang dipengaruhi pengalaman musik dari masa musik tersebut diciptakan. Berdasarkan alirannya, seni musik modern dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis berikut ini:

  • Pop

Musik populer memiliki dua karakteristik: musik yang banyak digemari masyarakat dalam kurun waktu tertentu, serta melodinya yang mudah diterapkan dengan bebagai karakter syair. Karakteristik tersebut membuat musik pop terbilang mudah untuk diaplikasikan dengan jenis musik lain sebab susunan harmoninya yang tidak terlalu rumit, penggunaan ritme bebas, tempo bervariasi, dan komposisinya mudah dipahami.

  • Jazz

Musik jazz dikembangkan pertama kali oleh masyarakat Afrika-Amerika pada awal abad 20. Karakteristik utama yang dimiliki musik jazz yakni improviasasi dan gaya yang telah dipilih pemainnya. Instrumen pada musik jazz di antaranya adalah saxophone, drum, bass, trombon, terompet, dan piano.

  • Rythm & Blues (R&B)

Musik R&B merupakan aliran yang lahir dari musik populer. Aliran musik lainnya yang dimiliki musik R&B terdiri dari soul, disco, funk, dan rap. Musik R&B cenderung lebih mengutamakan kemampuan improvisasi melodi dari vokalisnya serta harmoni yang progresif dari instrumen-instrumen yang digunakan.

  • Rock

Aliran musik rock juga merupakan perkembangan dari jenis musik populer yang mulai banyak digemari pada pertengahan tahun 1950-an. Musik rock juga terinspirasi dari gaya musik lainnya seperti folk dan jazz. Musik rock memiliki karakteristik bunyi khas yang berasal dari instrumen gitar listrik dan penggunaan backbeat dan rythm sistem yang amat kentara, terutama dari bass, gitar, dan drum. Musik rock di era 1960-an cenderung beraliran rock and roll yang memiliki perpaduan dengan musik folk. Sementara, musik rock masa kini lebih beraliran grunge yang mengandalkan kemampuan vokal prima serta alunan musik yang keras dan menggebu-gebu.

Fungsi Seni Musik Bagi Manusia

Fungsi Seni Musik

Musik mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap kehidupan manusia. Berikut adalah beberapa fungsi seni musik bagi manusia:

  1. Sosiologis

Karya musik sering digunakan sebagai perantara dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, lagu-lagu yang digunakan pada suatu film atau drama untuk mempengaruhi emosi penonton.

  1. Kebudayaan

Musik mempunyai nilai seni yang tinggi dan merupakan hasil dari suatu kebudayaan tertentu. Contohnya, musik gamelan yang identik dengan budaya Bali.

  1. Pedagogis (Pendidikan)

Seni musik juga bisa digunakan sebagai perantara dalam dunia pendidikan. Contohnya, lagu anak ABCD.

  1. Psikologis (Kejiwaan)

Karya musik mampu mempengaruhi kejiwaan seseorang. Contohnya lagu-lagu kebangsaan dan perjuangan yang dapat membangkitkan semangat masyarakat Indonesia.

Pertunjukan Seni Musik

Pertunjukan Seni MusikPertunjukan seni musik merupakan bentuk ekspresi apresiasi nyata terhadap seni musik. Pertunjukan seni musik biasanya disiapkan secara terencana. Namun, pada praktiknya, rencana tersebut seringkali berubah sebab para musisi tak jarang melakukan berbagai improvisasi saat tampil membawakan karyanya. Pertunjukan seni musik memiliki beberapa aspek yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Aspek-aspek tersebut di antaranya adalah:

  1. Budaya Pertunjukan Seni Musik

Setiap budaya memiliki bentuk apresiasinya tersendiri terhadap seni musik. Di Bali, masyarakat setempat memiliki wadahnya tersendiri dalam mengapresiasi seni musik melalui pertunjukan. Para seniman di daerah tersebut biasanya berkumpul pada suatu acara lalu memainkan musiknya secara berkelompok. Tak jarang musik-musik yang dimainkan disertai dengan pertunjukan tari.

  1. Bentuk Pertunjukan Seni Musik

Pertunjukan seni musik memiliki gaya atau cara sendiri sesuai dengan aliran musik yang dimainkan di dalamnya. Contohnya, musik orkestra biasanya ditampilkan pada suasana formal di dalam sebuah gedung, berbeda dengan pertunjukan musik pop atau rock yang sering diselenggarakan di luar ruangan yang membuat para penontonnya bebas berekspresi maupun turut bernyanyi bersama.

  1. Persiapan Pertunjukan Seni Musik

Setiap jenis pertunjukan harus disiapkan dengan rencana yang matang. Ada beberapa elemen yang harus disertakan dalam setiap pertunjukan musik seperti elemen teknis yang meliputi tata panggung, instrumen musik, serta peralatan teknis lainnya. Di samping itu, persiapan dari para musisi yang akan tampil dalam pertunjukan pun tak kalah pentingnya. Para musisi diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan para penonton, di samping kemampuan bermusik yang handal. Agar dapat membuat pertunjukan musik lebih semarak, para musisi harus mampu mengajak para penontonnya untuk berinteraksi, entah itu mengajak para penonton untuk bernyanyi bersama ataupun mengajak salah satu penonton untuk naik ke atas panggung.

Makalah Seni Musik

Berikut ini adalah beberapa makalah seni musik yang digunakan Sayanda.com sebagai referensi pembuatan artikel ini:

***

Demikianlah artikel Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli – Fungsi, Jenis, Makalah dari Sayanda.com. Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyan seputar pengertian seni musik, jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

loading...

Leave a Reply

Tidak mau ketinggalan update dari blog Sayanda?
Segera daftarkan email Anda! Gratis!

Berlangganan ke dengan blog Sayanda dan dapatkan artikel serta update menarik langsung ke inbox email Anda. GRATIS!