Pengertian Permainan Bola Voli – Sejarah, Peraturan, Teknik, Makalah

Sayanda.com – Permainan bola voli adalah salah satu olahraga dunia yang diminati banyak orang. Di Indonesia sendiri, penggemar bola voli mulai banyak bermunculan.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertandingan resmi bola voli yang di adakan, dan munculnya komunitas-komunitas penggemar bola voli di tanah air.

Artikel berikut ini akan membahas pengertian permainan bola voli secara lengkap dari segi sejarah, peraturan, dan teknik bermain bola voli.

Pengertian Permainan Bola Voli

Pengertian Permainan Bola VoliBola voli adalah olahraga permainan yang terdiri dari dua grup. Masing-masing grup saling berlawanan dan memiliki anggota tim sebanyak enam orang.

Selain dapat dimainkan secara beregu, terdapat juga variasi permainan bola voli yang dapat dimainkan secara berpasangan ataupun satu lawan satu.

Tujuan permainan bola voli ialah melempar bola dari atas net agar dapat jatuh ke arena bermain lawan dan mencegah lawan melakukan penyerangan serupa terhadap tim.

Olahraga voli tingkat dunia dinaungi oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball), sedangkan di Indonesia dinaungi oleh organisasi PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Olahraga bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang membutuhkan kelincahan pemain serta kerjasama tim yang baik. Setiap pemain akan bergerak melakukan serangan (smash) dan bertahan menghadapi gempuran lawan. Kesigapan dan kelincahan pemain sangat dibutuhkan agar dapat membentuk tim bola voli yang tangguh.

Sejarah Permainan Bola Voli

Sejarah Permainan Bola Voli

Asal Mula Olahraga Bola Voli

Pencipta permainan bola voli adalah William G. Morgan. Beliau merupakan seorang guru pendidikan jasmani di Young Men Christian Association (YMCA), di kota Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Pada awal perkembangannya, Morgan menciptakan permainan bola voli dengan memukul-mukul bola ke atas melewati jaring-jaring yang membagi lapangan menjadi dua bagian.

Baca Juga:  10 Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh Yang Wajib Diketahui Semua Orang

Selanjutnya, permainan tersebut terus-menerus mengalami perkembangan menuju arah yang lebih modern.

Perkembangan tersebut dimulai dari alat yang digunakan dalam permainan, contohnya bola dan jaring. Morgan pun mulai memesan bola khusus untuk permainan voli kepada perusahaan yang memproduksi alat-alat olahraga. Bola itulah yang selanjutnya dikenal sebagai bola voli.

Berkembangnya Olahraga Permainan Bola Voli Di Dunia

Awalnya, Morgan menamai permainan tersebut dengan sebutan ‘minnonete’. Rekan Morgan, Dr. Halsted Springfield menyarankan agar Morgan mengganti nama ‘minnonete’ menjadi ‘volleyball’. Pamor permainan bola voli pun semakin menanjak setelah itu.

Lembaga pendidikan YMCA, tempat Morgan bekerja, juga mulai mengadakan kompetisi bola voli. Kejuaraan bola voli nasional yang pertama pun berhasil digelar pada tahun 1922.

Pada tahun 1929, organisasi nasional yang menaungi permainan bola voli pun didirikan dan diketuai oleh George J. Fisher.

Permainan bola voli pun mulai dikenal di berbagai negara seperti Uni Soviet, Rumania, Jepang, dan Pakistan.

Pada tahun 1961, organisasi bola voli di Pakistan menyelenggarakan kompetisi bola voli yang diberi nama Morgan Cup Tournament. Kompetisi tersebut dibuat sebagai bentuk penghargaan terhadap William Morgan sebagai pencipta permainan bola voli.

Permainan bola voli mulai dikenal di Indonesia pada 1928. Bola voli dikenalkan kepada rakyat Indonesia melalui serdadu Hindia Belanda. Kemudian, pada 22 Januari 1955 lahirlah organisasi yang menaungi olahraga voli bernama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Peraturan Permainan Bola Voli

Peraturan Permainan Bola VoliBerikut ini adalah beberapa peraturan dasar dalam permainan bola voli yang ditetapkan oleh FIVB dan PBVSI:

  1. Ukuran Lapangan

Ukuran lapangan bola voli menurut FIVB adalah 9 meter x 18 meter dengan garis batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah. Garis tepi lapangan harus berukuran 5 cm.

  1. Bola Voli

Bola standar yang digunakan dalam permainan voli harus memenuhi kriteria berikut yaitu:

  • Berbentuk bulat
  • Terbuat dari kulit lunak atau bahan sintetis
  • Bola memiliki diameter 65-67 cm dengan massa 260-280 gram
  • Bola harus memiliki kombinasi warna
  1. Jumlah Tim

Permainan terdiri dari dua regu, yang masing-masing regunya beranggotakan enam orang pemain termasuk libero. Libero adalah pemain yang keluar-masuk namun tidak memiliki hak untuk melakukan smash terhadap bola hingga ke seberang net.

  1. Pakaian

Setiap pemain bola voli harus memakai atribut sebagai berikut:

  • Baju, kaos, atau jersey dengan nomor punggung dan nomor dada
  • Celana pendek yang pada bagian paha kanan terdapat nomor
  • Kaos kaki dan sepatu karet
  1. Penilaian

Penilaian pada permainan bola voli ditentukan dibagi menjadi dua kriteria yaitu, kesalahan reli dan kemenangan dalam setiap set. Berikut adalah faktor-faktor yang digunakan untuk penilaian:

  • Jika pelaku servis memenangkan reli, maka timnya mendapatkan satu poin dan harus melanjutkan servis
  • Jika pelaku servis gagal melakukan reli, maka regu lawan mendapatkan satu poin dan berhak melakukan servis
  • Suatu set, kecuali set V, dimenangkan oleh suatu regu yang mendapatkan angka 25 terlebih dahulu dengan minimal selisih dua angka
  • Jika permainan seri (24-24), maka permainan dilanjutkan sampai poin menyentuh angka selisih dua
  • Jika kedudukan kemenangan set 2-2, maka pada set penentuan (set V), dimainkan hingga poin mencapai angka 15 dengan selisih minimal dua angka
  • Jika satu regu menolak untuk bermain setelah dipanggil, maka regu tersebut dinyatakan kalah 0-3 dan 0-25 untuk tiap set

Teknik Permainan Bola Voli

Berikut merupakan cara bermain bola voli serta teknik dasar permainan yang wajib dikuasai oleh setiap pemain:

  1. Servis Atas

Cara bermain bola voli dengan teknik servis atas adalah sebagai berikut:

  • Berdiri sambil memegang bola menggunakan satu tangan. Tempatkan salah satu kaki yang berlawanan dengan tangan yang digunakan untuk memukul.
  • Lambungkan bola voli ke atas melewati kepala, lalu pukul bola tersebut dengan cara mengayunkan tangan pemukul ke arah bola.
  • Lakukan gerakan selanjutnya dengan melangkahkan kaki belakang ke depan lalu luruskan tangan pemukul mengikuti arah bola.
  1. Mengumpan Bola

Ada dua jenis teknik mengumpan bola berdasarkan arah datangnya bola:

  • Mengumpan Bola Atas
    Cara mengumpan bola atas dapat dilakukan dengan berdiri rileks terlebih dahulu, lalu buka kedua kaki selebar bahu dengan posisi sejajar, dan arahkan pandangan pada bola. Tekuk kedua lutut, lalu tempatkan kedua tangan di depan muka. Tekuk pula kedua sikut, dan buka jari-jari dengan rileks. Dorong bola dengan kedua telapak tangan sambil meluruskan kedua tangan dan dibantu dengan meluruskan tungkai.
  • Mengumpan Bola Bawah
    Berdiri rileks, lalu buka lebar-lebar kedua kaki dengan sejajar, dan arahkan pandangan pada bola. Tekuk kedua lutut dan tempatkan kedua tangan di depan badan. Kemudian, ayunkan kedua tangan dari bawah ke atas (ke arah bola) dibantu dengan meluruskan kedua tungkai.
  1. Memukul Bola Keras (Smash)

  • Lambungkan bola melewati kepala, condongkan badan sedikit ke belakang, lalu gerakkan badan ke depan dengan gerakan mengayunkan tangan pemukul dari belakang ke depan (ke arah bola).
  • Selanjutnya, lakukan gerakan dengan melangkahkan kaki belakang ke depan lalu luruskan tangan pemukul mengikuti arah bola. Untuk mendapatkan pukulan yang lebih keras, lakukan gerakan melompat ke depan.
  1. Teknik Membendung Bola (Blocking)

  • Kondisikan tubuh dalam posisi berjongkok.
  • Lompat dengan kondisi kedua tangan rapat dan lurus ke atas.
  • Ketika kaki mendarat, segera menyingkir untuk memberikan kesempatan pada rekan satu regu untuk melakukan blocking. Terdapat dua macam teknik blocking yaitu blocking tunggal dan ganda. Blocking tunggal adalah teknik membendung bola yang dilakukan oleh satu pemain, sedangkan blocking ganda dilakukan oleh dua pemain atau lebih.

Makalah Permainan Bola Voli

Berikut ini adalah beberapa makalah permainan bola voli yang digunakan oleh blog Sayanda sebagai referensi pembuatan artikel:

Baca Juga:  10 Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh Yang Wajib Diketahui Semua Orang

***

Demikianlah artikel Pengertian Permainan Bola Voli – Sejarah, Peraturan, Teknik, Makalah dari Sayanda.com. Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel Pengertian Permainan Bola Voli – Sejarah, Peraturan, Teknik, Makalah; silahkan tinggalkan komentar pada kotak komentar di bawah.

Pencarian Masuk:
  • pengertian bola voli
  • pengertian permainan bola voli
  • sejarah bola voli
  • permainan bola voli
  • pengertian bola voly
  • pengertian bola volly
  • Pengertian voli
  • materi bola voli
  • pengertian volly
  • pengertian permainan bola volly
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.