loading...

10 Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

Sayanda.com – 10 Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina.

Burung pleci, atau yang juga disebut burung kacamata, adalah burung kecil berwarna hijau kekuning-kuningan.

Burung ini memiliki alis melingkar pada bagian matanya yang terlihat seperti menggunakan kacamata.

Suara kicauan burung pleci sangatlah merdu, oleh karena itu jenis burung ini sangat disukai oleh para penggemar burung kicau.

Tergantung jenisnya, harga burung kicau ini sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Pleci dada kuning dihargai sekitar 40 ribu Rupiah, dan pleci dakun dan daput yang dihargai sekitar 150 ribu Rupiah.

loading...

10 Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

  1. Tubuh

Burung pleci jantan cenderung memiliki tubuh yang panjang. Biasanya terlihat jauh lebih proporsional dibandingkan dengan burung pleci betina.

Tubuh burung pleci betina cenderung lebih pendek dan juga membulat. Sayangnya saat burung pleci masih anak-anak, perbedaan ini susah dilihat mengingat semua burung akan bertubuh bulat dan pendek.

Untuk menghindari kesalahan pembelian, mengamati dengan teliti perlu dilakukan.

Burung pleci jantan meski masih anak-anak biasanya lebih gesit saat bergerak. Mereka akan terus bergerak dan berputar-putar di dalam kandang saat bercampur dengan burung betina lainnya.

  1. Ekor

Jika pengamatan pada bentuk tubuh sudah dilakukan. Pengamatan selanjutnya bisa dilakukan pada bagian ekor burung.

Baca Juga:
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan - Fungsi, Bagian, Gambar

Kebanyakan ekor burung pleci betina tidak terlalu panjang. Pada ujung ekor juga agak membulat dan kadang rata, hingga mudah dikenali.

Burung pleci jantan memiliki ekor yang jauh lebih panjang.

Selain ukurannya yang lebih panjang, ujung ekor dari burung pleci jantan ini membentuk huruf V. Perbedaan ini terlihat jelas jika burung dalam kondisi diam dan tidak bergerak ke sana-kemari di dalam kandang.

  1. Kepala

Kepala adalah bagian selanjutnya yang bisa digunakan untuk membedakan jantan dan betina pada burung pleci. Pada burung yang jantan, kepala cenderung lebih besar. Selain itu bentuknya juga lebih membulat jika dibandingkan dengan burung yang betina.

Untuk yang betina, kepala burung pleci jauh lebih kecil, bentuknya agak lancip hingga terlihat jelas jika dijajarkan dengan burung jantan.

Sayangnya, perbedaan ini bisa diketahui jika burung memiliki umur yang sama.

Kadang, beberapa burung pleci betina juga memiliki kepala besar meski tetap memanjang dan tidak membulat. Butuh pengamatan ekstra untuk mampu membedakan dengan lebih baik.

  1. Pen

Pen adalah dubur dari burung.

Dengan mengamati bagian ini, burung pleci akan gampang dibedakan jenis kelaminnya.

Seekor burung pleci jantan biasanya memiliki pen yang lebih panjang dan ditumbuhi banyak sekali bulu. Bagian ini digunakan oleh burung jantan untuk memasukkan sel kelaminnya ke pen burung betina.

Pada burung pleci betina, pen biasanya lebih kecil, agak membulat dan juga sedikit sekali ditumbuhi bulu.

Baca Juga:
Ideologi Terbuka dan Tertutup - Pengertian dan Perbedaan

Membedakan dengan cara ini bisa dilakukan dengan memegang burung dan melihat pada bagian dekat ekor.

  1. Paruh

Paruh burung pleci jantan cenderung lebih gelap jika dibandingkan dengan yang betina. Selain itu bentuknya juga lebih pendek dari burung pleci betina.

Untuk melihat perbedaan ini, burung harus dalam kondisi diam.

Pasalnya jika burung dalam kondisi bergerak, pengamatan akan berjalan dengan sangat buruk.

Pada beberapa kondisi, burung pleci jantan dan betina memiliki paruh yang sama. Hanya saat sudah beranjak dewasa perbedaan itu akan mulai terlihat dengan sangat jelas.

Burung pleci biasanya dijual dalam jumlah besar hingga butuh ketelitian ekstra untuk mengamati bagian paruh.

Burung Kacamata

  1. Warna Bulu

Warna tubuh juga bisa digunakan sebagai acuan untuk melihat perbedaan antara burung pleci jantan dan betina.

Perbedaan terletak pada warna burung pleci jantan yang cenderung lebih gelap dibandingkan dengan betina yang lebih cerah. Namun perbedaan ini sudah bisa dilihat jika burung masih anak-anak dan belum bisa bersiul.

Faktor makanan juga bisa memengaruhi warna dari burung pleci. Beberapa makanan dari burung ini mampu mengubah warna bulunya. Biasanya warna bulu akan menjadi lebih muda setelah mengonsumsi makanan dalam jangka waktu tertentu.

Butuh pengalaman yang sangat tinggi untuk mengetahui apakah warna itu asli atau akibat mengonsumsi makanan.

  1. Klep Mata

Untuk hasil yang lebih mendetail, mata burung pleci bisa digunakan untuk objek pengamatan.

Baca Juga:
Ideologi Terbuka dan Tertutup - Pengertian dan Perbedaan

Klep mata antara jantan dan betina berbeda dengan drastis. Pada burung pleci jantan, klep mata tampak putus-putus. Selain itu, bagian bawah mata juga lebih tebal jika dibandingkan dengan burung pleci betina.

Burung pleci betina biasanya memiliki klep mata yang jauh lebih membulat dan tak putus-putus seperti jantan. Untuk melakukan ini, butuh kesabaran ekstra karena saat didekati burung akan bergerak-gerak hingga susah diamati bentuk dan ketebalannya.

  1. Bola Mata

Bola mata burung pleci  jantan jauh lebih besar dan membulat. Jika diamati seperti burung yang sedang memakai kacamata. Itulah mengapa burung pleci sering juga disebut sebagai burung kacamata.

Pada burung pleci betina, bola mata tampak lebih menyipit dan tak terlalu besar. Selain itu warnanya lebih muda jika dibandingkan pada jantan yang memiliki warna bola mata yang solid.

Sayangnya, pengamatan ini susah dilakukan oleh yang berpengalaman, mengingat sebesar-besarnya mata burung tetaplah kecil untuk dibedakan. Kecuali mengamatinya dengan kaca pembesar hingga perbedaannya terlihat lebih nyata.

  1. Tingkah Laku

Burung pleci jantan selalu lebih lincah dari betina. Tingkah ini tak bisa dihilangkan meski telah dipelihara selama berbulan-bulan.

Burung pleci jantan akan segera melompat dan berputar-putar jika didekati.

Pada burung betina, kelincahan masih ada, hanya saja tak terlihat lebih agresif jika dibandingkan dengan burung jantan.

Saat dimandikan burung pleci jantan akan mengecilkan ukuran pupil mata. Pada betina, perilaku ini jarang sekali terjadi. Selanjutnya pada bagian atas kepala, jambul akan terlihat lebih kecil dibandingkan dengan yang betina.

  1. Suara dan Warna Tenggorokan
Baca Juga:
Ideologi Terbuka dan Tertutup - Pengertian dan Perbedaan

Burung pleci jantan dan betina pada dasarnya sama-sama berbunyi. Hanya saja burung jantan mampu berbunyi lebih nyaring dan melengking.

Saat masih anak-anak, bunyi jantan dan betina nyaris sama hingga kemungkinan besar susah untuk dibedakan.

Untuk melihat lebih detail lagi, cara yang bisa dilakukan adalah melihat bagian tenggorokan. Burung pleci jantan memiliki warna hitam di rongga sebelah kiri dan kanan. Pada burung pleci betina, warna itu tidak ada.

***

Begitulah tadi 10 Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda masih mempunyai pertanyaan seputar artikel ini, jangan sungkan untuk bertanya.

loading...

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • perbedaan pleci jantan dan betina dada kuning
  • pleci jantan
  • ciri pleci jantan
  • perbedaan pleci jantan dan betina
  • cara membedakan pleci jantan dan betina
  • ciri pleci betina
  • ekor pleci betina
  • ciri ciri pleci jantan
  • pleci dakun jantan
  • burung pleci jantan