loading...

Pengertian Sejarah – Ruang Lingkup, Manfaat, Ciri, Fungsi, Makalah

Sayanda.com – Pengertian Sejarah – Ruang Lingkup, Manfaat, Ciri, Fungsi, Makalah.

Pernahkah Anda merasa ingin sekali mempunyai mesin waktu agar bisa bepergian ke masa lalu?

Saya sendiri sangat tertarik dengan sejarah karena menyimpan banyak misteri. Contohnya, kita mengetahui bahwa dinosaurus pernah hidup di Bumi 230 juta tahun yang lalu, tetapi sampai sekarang masih belum terungkap misteri punahnya dinosaurus.

Mempelajari sejarah sangatlah menarik, karena Anda bisa mengetahui apa yang terjadi di masa lalu.

Artikel berikut ini membahas pengertian sejarah secara lengkap dari segi ciri, fungsi, manfaat, dan ruang lingkup sejarah.

loading...

Apa itu Sejarah?

Pengertian SejarahSecara etimologi, kata ‘sejarah’ merupakan serapan dari kata ‘sajaratun’ dalam bahasa Arab yang memiliki arti ‘pohon’. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut sebagai (تاريخ ) atau ‘tarikh’ yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai waktu dan penanggalan.

Sejarah adalah kejadian yang terjadi di masa lalu dan tersusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa, dimana peninggalan-peninggalan tersebut adalah sumber sejarah.

Definisi sejarah sebenarnya lebih merujuk pada kata ‘historia’ dalam bahasa Yunani yang memiliki arti penyelidikan, atau pengetahuan yang didapat melalui penyelidikan. Kata ‘historia’ kemudian diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi ‘history’  yang dapat diartikan sebagai masa lalu manusia.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para AhliPara ahli dan tokoh di bidang sejarah turut memberikan pandangannya mengenai arti sejarah. Beberapa tokoh tersebut di antaranya adalah:

  1. Pengertian Sejarah Menurut Herodotus

Herodotus, atau yang juga sering dijuluki sebagai ‘Bapak Sejarah’, mendefinisikan sejarah sebagai suatu kajian yang menceritakan perputaran jatuh-bangunnya seseorang, tokoh, atau peradaban dunia.

  1. Pengertian Sejarah Menurut Aristoteles
Baca Juga:
Teks Eksplanasi Kompleks - Pengertian, Struktur, Tujuan, Ciri, Contoh

Aristoteles mendeskripsikan sejarah sebagai sebuah sistem yang menyelidiki suatu kejadian sejak awal dan disusun secara kronologis. Lebih jauh lagi ia menjelaskan bahwa sejarah merupakan peristiwa-peristiwa pada masa lalu yang memiliki catatan serta bukti-bukti yang nyata.

  1. Pengertian Sejarah Menurut Edward Hallett Carr

Sejarah adalah suatu proses interaksi yang terjadi antara sejarawan dengan fakta-fakta yang tersaji di hadapannya. Peristiwa sejarah dapat diartikan pula sebagai sebuah dialog tanpa henti antara masa lampau dan masa kini.

  1. Pengertian Sejarah Menurut Drs. Sidi Gazalba

Sejarah merupakan segala hal yang berkaitan dengan masa lalu manusia yang disusun secara kronologis dan ilmiah meliputi tafsiran mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada masa lampau.

  1. Pengertian Sejarah Menurut John Tosh

Sejarah merupakan gambaran memori kolektif, sumber pengalaman, dan perencanaan untuk masa yang akan datang. Memori kolektif dapat diartikan sebagai ingatan tentang masa lampau yang dimiliki oleh sekelompok orang.

Ruang Lingkup Sejarah

Ruang Lingkup SejarahBerdasarkan sudut pandang pengertiannya, sejarah memiliki beberapa ruang lingkup yang menunjukkan makna terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Ruang lingkup tersebut di antaranya adalah:

  1. Sejarah Sebagai Peristiwa

Sejarah dilihat melalui sudut pandang sebagai sebuah peristiwa merujuk pada definisi sejarah yang merupakan kejadian masa lampau yang tidak dapat diulang.

Peristiwa tersebut bersifat objektif dan absolut.

Melalui peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau, ilmu sejarah dapat memberikan gambaran pada manusia mengenai kehidupan dan perkembangan manusia di masa lampau yang juga dapat menjadi panduan bagi kehidupan di masa kini.

  1. Sejarah Sebagai Cerita

Berkaitan dengan sifat sejarah yang disusun berdasarkan kronologi tertentu, maka kita tidak akan dapat melepaskannya dari karakteristik sebuah cerita.

Baca Juga:
Pengertian Sumber Daya Alam Indonesia - Jenis, Manfaat, Makalah

Oleh karenanya, sejarah juga dapat dianggap sebagai sebuah cerita dari masa lampau…

…Namun, perlu diingat bahwa sejarah bukanlah sebuah cerita biasa seperti dalam sebuah karya sastra.

Sejarah merupakan cerita yang disusun berdasarkan fakta dan penemuan jejak kehidupan masa lampau yang keabsahannya telah diuji.

  1. Sejarah Sebagai Ilmu

Sejarah dapat dikatakan sebagai ilmu jika memenuhi syarat-syarat ilmiah sebagai berikut:

  1. Memiliki metode
  2. Terdapat objek masalah
  3. Disusun secara sistematis
  4. Menggunakan pemikiran yang rasional, dan
  5. Mengandung kebenaran yang bersifat objektif

Meski demikian, objektivitas sejarah masih sering mendapat tantangan.

Dalam proses interpretasi sejarah, terkadang masih sering ditemukan adanya sikap subjektif penulis atau sejarawan yang sering kali menunjukkan kecenderungan pribadi, serta pandangan hidupnya yang dapat memengaruhi interpretasi pembaca terhadap keseluruhan kisah sejarah yang dituliskan.

  1. Sejarah Sebagai Seni

Sejarah tidak hanya harus disajikan sesuai dengan fakta dan metode ilmiah.

Sebuah kisah dalam sejarah akan memiliki daya tarik jika disajikan dengan gaya bahasa unik, intuisi, serta refleksi dari sejarawan mengenai peristiwa yang ia tuliskan. Intuisi sangat diperlukan oleh seorang sejarawan untuk menyusun fakta-fakta sejarah yang didapatkan hingga dapat tersaji menjadi sebuah kisah.

Di samping itu, sejarawan juga dituntut untuk dapat mengembangkan imajinasinya terhadap peristiwa tertentu agar dapat merefleksikannya pada tulisan secara utuh.

Ciri-Ciri Sejarah

Ciri SejarahSejarah memiliki beberapa ciri umum sebagai berikut:

  1. Merupakan Peristiwa Abadi

Meski sejarah merupakan peristiwa masa lampau, setiap orang di masa kini dan masa yang akan datang akan tetap dapat menikmatinya baik sebagai ilmu pengetahuan maupun sebuah karya sastra.

Sejarah menyajikan fakta mengenai kehidupan manusia masa lampau serta perkembangan peradaban yang dapat menjadi gambaran mengenai kehidupan terdahulu serta panduan untuk merencanakan masa depan.

  1. Merupakan Peristiwa Unik

Sejarah dikatakan sebagai peristiwa yang unik sebab hanya dapat terjadi sekali seumur hidup dan tidak akan pernah didapati suatu peristiwa yang sama persis untuk kedua kalinya.

  1. Merupakan Peristiwa Penting
Baca Juga:
Pengertian Iman Kepada Malaikat - Fungsi, Cara, Hukum, Hikmah, Manfaat, Makalah

Sejarah merupakan sebuah peristiwa penting karena berkaitan dengan kehidupan manusia secara keseluruhan serta dapat pula memengaruhi kehidupan manusia di masa kini dan masa yang akan datang.

Fungsi Sejarah

Fungsi SejarahNugroho Notosusanto mengklasifikasikan fungsi sejarah sebagai berikut:

  1. Fungsi Rekreatif

Sejarah dituliskan sesuai fakta yang tersaji dan disusun dengan menggunakan kronologi serta gaya bahasa yang membuatnya dapat dinikmati sebagai sebuah karya seni.

Peristiwa sejarah yang disusun secara naratif serta mengandung hal-hal yang memiliki karakteristik romantis serta nilai-nilai keindahan akan menimbulkan perasaan senang bagi siapapun yang membacanya…

…Oleh sebab itu, sejarah dapat dikategorikan sebagai sarana ‘rekreasi’ bagi manusia untuk kembali menjelajah masa lalu.

  1. Fungsi Inspiratif

Fungsi inspiratif yang terkandung dalam sebuah sejarah dapat terwujud melalui peristiwa tertentu yang memberikan dampak bagi siapapun yang terlibat di dalamnya, baik pelaku, maupun orang-orang yang menyaksikan peristiwa tersebut.

Sejarah juga dapat menjadi sarana pendidikan moral bagi manusia yang hidup di masa kini sebab ada banyak hal dan pelajaran yang dapat dipetik dari berbagai peristiwa yang terjadi di masa lampau.

  1. Fungsi Instruktif

Sejarah juga dapat berperan sebagai media penyampaian pengetahuan pada subjek pembelajar.

Siapapun yang menyaksikan atau membaca sebuah peristiwa sejarah akan mendapatkan gambaran mengenai kehidupan masa lalu dan dapat menarik pelajaran dari peristiwa tersebut untuk diaplikasikan ke dalam kehidupannya.

  1. Fungsi Edukatif

Sejarah dapat menjadi pelajaran bagi setiap orang agar dapat mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi.

Seseorang yang mengerti dan menghargai sejarah akan mampu untuk bertindak dengan bijak dan berpikir secara rasional.

Baca Juga:
Teks Eksposisi - Contoh, Struktur, Pengertian, Ciri, Kaidah, Tujuan, Jenis

Manfaat Sejarah

Manfaat SejarahSejarah merupakan gambaran sekaligus pelajaran dari masa lalu untuk manusia yang hidup di masa yang akan datang. Di samping itu, banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari mempelajari sejarah.

  1. Menjadi Pedoman bagi Suatu Bangsa

Setiap bangsa pasti memiliki sejarahnya masing-masing, baik sejarah kemenangan maupun sejarah kelam yang berusaha untuk dikubur dalam-dalam…

…Namun, sejarah tersebut tetap menjadi bagian dari jati diri suatu bangsa sebab sejarah merupakan identitas dan pedoman bagi suatu bangsa untuk dapat menentukan masa depannya.

  1. Memberikan Gambaran Masa Lampau

Perjalanan lintas waktu yang paling menarik dapat diperoleh melalui sejarah.

Melalui berbagai literatur sejarah, kita dapat mengetahui sejarah awal manusia, terbentuknya sebuah peradaban besar, serta peristiwa-peristiwa penting dari seluruh dunia.

  1. Membuat Seseorang ataupun Bangsa Bangkit dari Keterpurukan

Setiap negara memiliki sejarah kelamnya masing-masing. Indonesia dengan masa penjajahannya, Jerman dengan Nazi, atau Amerika dengan masa perbudakannya.

Peristiwa-peristiwa tersebut dapat menjadi inspirasi bagi bangsa tersebut di kemudian hari untuk terus bangkit memperbaiki kehidupannya serta berusaha agar peristiwa tersebut tidak lagi terulang dalam wujud lain.

Makalah Sejarah

Berikut ini adalah beberapa makalah sejarah yang digunakan oleh blog Sayanda dalam penulisan artikel. Sahabat Sayanda dapat mengunjungi makalah sejarah berikut ini untuk mempelajarinya lebih lanjut:

***

Demikianlah artikel Pengertian Sejarah – Ruang Lingkup, Manfaat, Ciri, Fungsi dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel Pengertian Sejarah – Ruang Lingkup, Manfaat, Ciri, Fungsi; jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

loading...
Pencarian Masuk:
  • pengertian sejarah
  • ruang lingkup sejarah
  • Fungsi sejarah
  • https://www sayanda com/pengertian-sejarah/
  • ciri ciri sejarah
  • ciri dan sifat sejarah
  • ruang lingkup sejarah dunia
  • pengertian sejarah dan ruang lingkup sejarah
  • pengertian dan fungsi sejarah
  • pengertian sejarah dan fungsinya