Pengertian Revolusi Mental ala Presiden Jokowi

Sayanda.com – Pengertian Revolusi Mental ala Presiden Jokowi. Sebagai warga Indonesia, Anda pasti sudah sering mendengar kata revolusi mental. Mungkin melalui surat kabar, televisi, radio, atau mendengarnya langsung dari orang-orang.

Kata-kata revolusi mental sangat marak digunakan pada saat pilpres 2014 melalui kampanye oleh presiden Joko Widodo dan wakil presiden Jusuf Kalla.

Jadi apa sih sebenarnya revolusi mental itu?

Seperti yang dikutip langsung dari salah satu situs pemerintah, revolusimental.go.id …

Arti revolusi mental adalah program pemerintah yang menggerakkan seluruh masyarakat Indonesia untuk memperbaiki karakter bangsa agar bisa menjadi Indonesia yang lebih baik.

Mengapa Revolusi Mental Diperlukan?

Alasan Revolusi MentalDi negara Indonesia sendiri, permasalahan banyak timbul akibat kesalahan pada karakter dan mental bangsa. Contohnya saja, mulai dari rakusnya para pejabat dengan kasus korupsi yang tiada henti, pelanggaran hak asasi manusia, sampai hal-hal kecil seperti malas antri dan mau menang sendiri.

Tingkat kasus korupsi di Indonesia sudah sangat tinggi, bahkan menjadi salah satu yang terburuk di Asia.

Selain itu saling serobot di jalan raya, tidak mau antri, penggunaan narkoba, pergaulan bebas, serta kasus tawuran semakin marak terjadi.

Program revolusi mental dari presiden Jokowi dibuat untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Menurut beliau, perilaku bisa diubah, karakter dan mental bangsa dapat dibangun.

Berikut ini adalah beberapa kutipan dari anggota komunitas FGD (Focus Group Discussion) akan permasalahan-permasalahan yang terjadi di Indonesia:

  • Ada sesuatu yang salah dengan nilai. Ada nilai luhur bangsa yang terlupakan.
  • Saya rasa kondisi Indonesia dalam 5 tahun terakhir semakin buruk, karena pemerintah semakin tidak mendengarkan rakyat, ada tetapi tidak hadir.
  • Saat ini negara kita berada dalam situasi dimana toleransi mengalami kemunduran dibandingkan 15 tahun yang lalu.

Sikap mentalitas dan karakter bangsa Indonesia yang sekarang bisa menjadi penyakit kanker bagi kemajuan bangsa Indonesia. Keresahan para masyarakat masih belum terjawab, dan disinilah presiden Jokowi memberikan solusi dan berjanji akan memperbaiki mental masyarakat agar bisa menjadi Indonesia yang lebih baik.

Siapa Yang Menjadi Penggerak Revolusi Mental?

Pengertian Revolusi Mental

Sumber: https://www.itb.ac.id/gallery/4584

Revolusi mental adalah program dari presiden Jokowi untuk membangun kembali mental dan karakter bangsa Indonesia yang kurang baik. Program ini juga didukung dan digerakkan oleh banyak sekali tokoh nasional Indonesia, baik itu tokoh agama, seniman, birokrasi pemerintah, akademisi, dan masih banyak lagi.

Walaupun program ini dibuat oleh presiden Joko Widodo, tetapi yang benar-benar menjadi penggerak revolusi mental adalah rakyat Indonesia itu sendiri. Revolusi mental diharapkan dapat menyebar ke seluruh lapisan masyarakat dan komunitas-komunitas di Indonesia agar bisa menjadi Indonesia yang lebih baik.

Jadinya, penggerak revolusi mental bukanlah pemerintah atau siapa pun, tetapi kita sendiri, seluruh bangsa Indonesia.

***

Revolusi mental bukanlah sebuah pilihan, tetapi keharusan yang diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia. Dengan ini, diharapkan bangsa Indonesia bisa berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa maju lainnya.

Perubahan mental dan pembangunan karakter harus dimulai dari diri sendiri, sekarang juga!

Mengutip langsung quote dari presiden Joko Widodo:

Satu hal yang kita butuhkan adalah revolusi mental dari negativisme kearah positivisme.

Demikianlah artikel Pengertian Revolusi Mental ala Presiden Jokowi dari Sayanda.com, dan jangan sungkan untuk bertanya atau berkomentar pada kotak komentar di bawah.

Pencarian Masuk:
  • pengertian revolusi mental
  • pengertian revolusi mental dan contohnya
  • revolusi mental menurut para ahli
  • arti revolusi mental
  • revolusi mental menurut jokowi
  • makna revolusi mental
  • revolusi mental jokowi
  • pengertian revolusi mental menurut jokowi
  • artikel revolusi mental
  • definisi refolusi mental
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.

Leave a Reply