Pengertian Khutbah, Tabligh dan Dakwah

Sayanda.com – Pengertian Khutbah, Tabligh, dan Dakwah – Sebenarnya, ketiga kata tersebut memiliki makna dan tujuan yang hampir sama yakni menyampaikan pesan kepada orang lain. Meski demikian khutbah, tabligh dan dakwah sebenarnya memiliki pengertian yang berbeda-beda berdasarkan etimologi dan maknanya secara agama. Berikut ini adalah pengertian dan penjelasan lengkap dari ketiga kata tersebut secara mendalam.

Apa itu Khutbah, Tabligh dan Dakwah?

Pengertian KhutbahPengertian Khutbah

Khutbah sendiri berasal dari kata Khataba – Yakhtubu – Khutbah. Kata ini bermakna memberikan nasihat di dalam suatu kegiatan peribadatan. Kegiatan yang biasanya diisi dengan khutbah adalah shalat Jumat, shalat Ied di hari Idul Fitri dan Idul Adha serta acara pernikahan. Menurut pengertian istilahnya, khutbah dapat diartikan sebagai kegiatan ceramah yang dilakukan oleh seorang ulama kepada umat muslim dengan memperhatikan syarat dan juga rukun tertentu. Syarat dan rukun tersebut harus berkaitan langsung dengan kesunahan ibadah tersebut. Sebagai contoh khutbah Jumat untuk diberikan pada saat shalat Jumat, khutbah pernikahan untuk diberikan pada saat acara akad nikah. Sebelum seorang ulama melakukan khutbah harus mengawalinya dengan hamdallah kemudian salawat lalu wasiat taqwa kemudian doa.

Pengertian Tabligh

Tabligh secara bahasa atau etimologi berasal dari kata ballaga – yuballigu – tabligan yang memiliki arti menyampaikan. Tabligh dapat diartikan sebagai menyampaikan atau memberitahukan ajaran islam baik yang berasal dari Al Quran ataupun hadits yang telah diakui keabsahannya. Tujuan dari tabligh adalah untuk menyampaikan kisah-kisah yang ada di Al Quran dan juga hadis. Kadang terdapat istilah tabligh akbar yang sering dilaksanakan di tengah masyarakat. Hal ini berarti ceramah besar yang dilaksanakan di tengah momen besar. Dalam momen ini penyampai tabligh adalah orang yang memiliki ilmu tinggi dan pendengar yang hadir jumlahnya sangat banyak dan besar. Orang yang menyampaikan tabligh disebut sebagai muballig.

Pengertian Dakwah

Dakwah sendiri berasal dari bahasa Arab, da’a – yad’u – da’watan yang memiliki makna sebagai menyeru atau mengajak. Secara sederhana dakwah dapat diartikan sebagai kegiatan untuk mengajak orang-orang untuk mengamalkan ajaran islam di dalam kehidupan nyata. Bertujuan untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Dakwah tidak hanya diartikan sebagai kegiatan ceramah melainkan juga kegiatan berupa aksi sosial nyata. Contoh tabligh dalam aksi nyata adalah dengan memberikan santunan kepada fakir miskin, memberi santunan kepada anak yatim piatu, sumbangan untuk membangun masjid, bakti sosial dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Pengertian Iman Kepada Malaikat - Fungsi, Cara, Hukum, Hikmah, Manfaat, Makalah

Syarat dan Rukun Khutbah, Tabligh, Dakwah

Masih terkait dengan pengertian khutbah, pengertian tabligh, dan pengertian dakwah, berikut ini adalah perbedaan untuk syarat dan rukun dari ketiga kata tersebut:

Pengertian TablighRukun Khutbah

Khutbah adalah pidato pada serangkaian acara keagamaan seperti shalat Jumat, shalat ied atau akad nikah. Khutbah biasanya berisi pesan yang disampaikan kepada umat muslim, isi dari pesan tersebut adalah ajakan untuk bertaqwa kepada Allah SWT.

Khutbah sendiri memiliki syarat sebagai berikut:

  1. Khatib diwajibkan untuk bersih dari hadats besar maupun hadats kecil.
  2. Khatib diwajibkan untuk suci dari najis. Baik najis di badan, di pakaian maupun di tempat ia memberikan khutbah.
  3. Khatib diwajibkan untuk menutup auratnya.
  4. Jika mampu, khatib wajib untuk berdiri.
  5. Pelaksanaan khutbah adalah saat dzuhur.
  6. Khutbah harus disampaikan dengan suara lantang yang dapat didengar oleh minimal 40 orang.
  7. Di antara 2 khutbah, khatib harus duduk sebentar dengan thuma’ninah.
  8. Khutbah pertama dan kedua harus dilakukan secara berurutan.
  9. Rukun khutbah harus disampaikan dalam bahasa Arab.
  10. Selain rukun khutbah bisa disampaikan dengan bahasa lain.

Rukun Tabligh

Tabligh dalam bahasa Arab berarti menyampaikan. Tabligh dapat diartikan dengan menyampaikan apa saja yang menjadi perintah serta larangan dari Allah SWT. Ada satu hadist yang membahas tentang tabligh yang berbunyi, “Sampaikanlah dari-Ku walau satu ayat” yang tercantum pada HR Bukhari. Orang yang memiliki keahlian bertabligh disebut sebagai muballig.

Adapun syarat ataupun etika dalam bertabligh adalah sebagai berikut:

  1. Muballig haruslah seorang muslim, balligh, berakal dan memahami secara mendalam ajaran islam.
  2. Muballig harus menyampaikan tabligh dengan sikap lemah lembut, tidak merusak serta tidak kasar.
  3. Muballig harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para jamaah.
  4. Untuk mendapatkan kesepakatan bersama lebih mengutamakan musyawarah dan diskusi yang kekeluargaan.
  5. Materi dari tabligh yang disampaikan harus memiliki sumber yang jelas serta kuat dasar hukum islamnya.
  6. Menyampaikan tabligh dengan ikhlas dan sabar.
  7. Memahami kondisi, psikologis dan sosiologis dari para jamaahnya.
  8. Muballig tidak boleh menyampaikan tabligh yang sifatnya menghasut orang agar bermusuhan, berselisih dan juga mencari kesalahan dari orang lain.
Baca Juga:  Pengertian Iman Kepada Allah - Fungsi, Cara, Contoh, Hikmah, Makalah

Rukun Dakwah

Dakwah sendiri dapat diartikan sebagai mengajak. Mengajak untuk melaksanakan perbuatan-perbuatan baik yang diatur di Al Quran maupun hadits-hadits. Orang yang melaksanakan dakwah biasa disebut sebagai da’i. Dakwah dibedakan menjadi 2 berdasarkan cara penyampaiannya yakni dakwah lisan atau da’wah billisan dan dakwah perbuatan atau da’wah bilhal.

Dakwah memiliki beberapa ketentuan seperti berikut ini:

  1. Da’i haruslah seorang muslim, balligh, berakal dan mempelajari islam secara mendalam.
  2. Dakwah wajib dilakukan dengan cara yang hikmah, ucapan yang jelas, tegas serta memiliki sikap yang bijaksana.
  3. Dakwah wajib diutarakan dengan mauizatul hasanah atau dengan kata lain adalah nasihat yang baik.
  4. Dakwah harus dilakukan dengan cara persuasif yang tanpa kekerasan dan cara edukatif atau memberikan sebuah pengajaran.
  5. Dakwah haruslah dilakukan dengan memberikan contoh-contoh yang baik pada umat atau biasa disebut uswatun hasanah.
  6. Dakwah haruslah dilaksanakan dengan mujadalah. Mujadalah adalah diskusi atau tukar pikiran yang sopan dan santun serta menghargai pendapat dari lawan debat atau orang lain.

Pentingkah Khutbah, Tabligh dan Dakwah

Pengertian Dakwah

http://darussalam-online.com/

Karena khutbah, tabligh dan dakwah sendiri  memiliki tujuan yang sangat baik terutama bagi umat muslim maka khutbah, tabligh dan dakwah sangatlah penting bagi umat. Melalui cara ini umat muslim bisa lebih mengetahui apa saja perintah dan larangan dari Allah SWT seperti yang tertulis di Al Quran dan hadits.

Khutbah, tabligh dan dakwah sendiri merupakan salah satu tiang penyangga agar umat muslim tidak jatuh ke dalam dosa dan bisa menghindari apa saja yang dilarang oleh Allah SWT. Khutbah, tabligh dan dakwah juga bisa dijadikan sebagai kegiatan positif untuk menimba ilmu agama islam. Umat yang sering mendapatkan khutbah saat shalat Jumat atau mengikuti tabligh akbar akan memiliki wawasan yang lebih luas mengenai agama islam.

Khutbah, tabligh dan dakwah memanglah sangat diperlukan bagi kepentingan umat muslim. Sebagai umat muslim yang baik sudah sewajarnya untuk mulai rutin mengikuti acara-acara keagamaan yang didalamnya berisi khutbah, tabligh ataupun dakwah. Lakukan juga hal-hal baik sebagai cerminan dari dakwah di kehidupan nyata atau di perbuatan nyata. Namun perlu diingat untuk menimba ilmu agama hanya dari imam, muballig atau da’i yang baik saja agar tidak masuk ke dalam aliran ekstrim atau sesat.

Baca Juga:  Pengertian Iman Kepada Malaikat - Fungsi, Cara, Hukum, Hikmah, Manfaat, Makalah

***

Sekian dulu artikel mengenai Pengertian Khutbah, Tabligh dan Dakwah. Jika sahabat Sayanda.com mempunyai pertanyaan seputar artikel ini, jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

Pencarian Masuk:
  • tujuan tabligh
  • contoh tabligh
  • tujuan tabligh dan dakwah
  • tujuan khutbah
  • pengertian khutbah
  • tujuan tablig
  • rukun tabligh
  • https://www sayanda com/pengertian-khutbah-tabligh-dakwah/
  • tujuan khutbah tabligh dan dakwah
  • hadits tentang khutbah tabligh dan dakwah
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.

Leave a Reply