Contoh dan Pengertian Kebudayaan Nasional Indonesia

Sayanda.com – Pengertian Kebudayaan Nasional. Kebudayaan nasional secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu kebudayaan yang dipahami serta dapat dijadikan suatu ciri khas dari suatu bangsa. Kebudayaan nasional memiliki syarat mutlak yakni harus memiliki sifat yang khas dan dapat dibanggakan serta dapat memberikan suatu identitas bagi suatu negara. Kebudayaan nasional adalah suatu kebudayaan lokal yang diangkat dan dianggap dapat mewakili keseluruhan bangsa. Namun sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya jika memahami kebudayaan nasional secara lebih luas seperti yang dijelaskan di bawah ini.

loading...

Apa Itu Kebudayaan Nasional?

Pengertian Kebudayaan NasionalKebudayaan nasional adalah suatu kebudayaan yang dianggap dapat mewakili serta memberikan satu ciri khas bagi suatu bangsa. Ciri khas ini adalah sesuatu yang bisa dibanggakan dan tidak dapat ditemukan di negara lain.

Dengan memiliki kebudayaan nasional maka suatu negara bisa mendapatkan suatu kebanggaan yang membedakan negara tersebut dari negara lain.

Banyaknya aneka ragam budaya yang terdapat pada negeri kita Indnesia merupakan suatu bukti bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Banyak sekali kepulauan di Indonesia memiliki kebudayaan daerah yang terdiri dari berbagai suku bangsa, adat istiadat, dan bahasa. Kebudayaan daerah inilah yang menjadi faktor utama berdirinya kebudayaan nasional. Oleh karena itu, di Indonesia, kebudayaan nasional bersumber dari kebudayaan daerah / kebudayaan lokal.

Budaya nasional sendiri adalah budaya yang sudah ada dan mengakar pada suatu bangsa. Biasanya kebudayaan ini telah ada sejak dahulu kala dan terus diwariskan kepada anak cucu agar tetap lestari tidak termakan perubahan jaman. Kebudayaan nasional yang terus dijaga dengan baik akan memberikan dampak yang baik bagi suatu bangsa seperti menguatnya jati diri bangsa dan ideologi bangsa dapat terlihat jelas.

Kebudayaan nasional di Indonesia memiliki berbagai sifat khas yang bisa dilihat dari bahasa daerah, kesenian daerah, pakaian daerah dan juga berbagai kegiatan ada. Kebudayaan nasional tidak bisa dilihat dari sesuatu yang bisa diterima secara global seperti sistem ekonomi, kemajuan teknologi, agama atau sistem kehidupan masyarakatnya. Kebudayaan nasional haruslah sesuatu yang benar-benar menjadi ciri khas sebuah bangsa.

Baca Juga:  Otonomi Daerah - Pengertian, Tujuan, Asas, Prinsip, Manfaat, Makalah

Kebudayaan Nasional Indonesia

Contoh Kebudayaan Nasional IndonesiaKebudayaan Nasional Indonesia adalah segala kebudayaan yang ada di Indonesia baik itu kebudayan lokal maupun kebudayaan asing yang telah mengakar di Indonesia sejak sebelum kemerdekaan Indonesia di tahun 1945. Kebudayaan lokal yang dapat diangkat menjadi kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang memiliki landasan Pancasila dan dapat mewakili sebagian besar dari masyarakat Indonesia pada umumnya.

Kebudayaan lokal yang sudah diangkat menjadi kebudayaan nasional jumlahnya sangat banyak. Antara lain batik yang merupakan pakaian adat masyarakat Jawa digunakan sebagai baju adat nasional karena dinilai dapat mewakili warga negara Indonesia pada umumnya. Gamelan yang merupakan alat musik khas Jawa dan Bali juga diangkat sebagai salah satu kebudayaan nasional di bidang seni karena dianggap dapat mewakili dan memberikan identitas bagi negara Indonesia. Di bidang kebudayaan ada budaya Wayang yang biasa dilestarikan di banyak daerah di Indonesia yang akhirnya diangkat sebagai kebudayaan nasional karena dapat memberikan ciri khas bagi bangsa Indonesia.

Contoh Budaya Nasional di Indonesia

  1. Pakaian Nasional

Contoh Pakaian Nasional IndonesiaPakaian adat Indonesia jumlahnya sangat banyak. Hampir setiap daerah memiliki pakaian adatnya masing-masing dan dari banyaknya pakaian adat itu dipilihlah beberapa pakaian adat yang dapat mewakili Indonesia secara umum.

Contohnya, di Jawa ada batik, beskap dan kebaya. Di Bali ada kamben. Di Nusa Tenggara ada kain tenun yang menjadi ciri khasnya.

Untuk mewakili Indonesia secara umum dipilihlah batik dan kebaya sebagai pakaian nasional. Batik mendapatkan perhatian dan tanggapan yang cukup baik dari dunia internasional. Hal ini tidak lepas dari perjuangan para duta bangsa di berbagai bidang yang selalu mengenakan batik setiap kali bertandang ke luar negeri. Hingga saat ini hampir seluruh dunia telah mengetahui bahwa batik adalah pakaian nasional Indonesia.

  1. Rumah Adat Nasional

Contoh Rumah Adat Nasional IndonesiaRumah adat yang paling sering dianggap sebagai rumah adat nasional di Indonesia adalah rumah joglo dan rumah gadang. Rumah joglo adalah rumah adat dari Jawa dan rumah gadang adalah rumah adat dari Minangkabau. Keduanya memiliki arsitektur yang unik dan sangat menggambarkan karakter serta ciri khas bangsa Indonesia. Tidak heran jika kedua rumah ini gambarnya sering terpampang di berbagai tempat yang mempromosikan keindahan Indonesia.

Baca Juga:  Pengertian Masyarakat Madani Indonesia - Ciri, Contoh, Karakteristik, Makalah

Pemilihan rumah adat nasional diputuskan berdasarkan kecocokan dengan ciri khas bangsa Indonesia.

  1. Alat Musik Nasional

Contoh Alat Musik Nasional IndonesiaAlat musik adat yang diangkat sebagai alat musik nasional adalah gamelan. Gamelan banyak digunakan di berbagai daerah di Indonesia seperti di Jawa dan di Bali. Gamelan dipilih karena dianggap dapat memberikan ciri khas bagi bangsa serta memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan alat musik lainnya. Gamelan harus dimainkan secara berkelompok untuk memberikan hasil suara musik yang baik. Oleh karena itu, gamelan sangat cocok untuk menggambarkan adat masyarakat Indonesia yang suka bergotong royong dan bekerjasama dalam kehidupannya.

  1. Kesenian Nasional

Contoh Kesenian Nasional IndonesiaKesenian nasional Indonesia biasanya digambarkan dengan kesenian wayang kulit. Meskipun di Indonesia banyak sekali jenis kesenian adat yang bisa dipilih namun wayang kulitlah yang paling sering digunakan untuk menggambarkan kesenian nasional. Kesenian nasional ini harus selalu dilestarikan, jika tidak bisa saja negara lain mengambil kesenian ini dan mematenkannya sebagai kesenian nasional negara mereka. Hal ini seperti yang pernah terjadi pada reog Ponorogo yang pernah diakui oleh Malaysia sebagai kesenian nasional negaranya. Wayang kulit pun hampir bernasib sama karena hampir dipatenkan oleh negara lain sebagai kesenian nasionalnya. Hal ini dikarenakan Indonesia dan Malaysia adalah negara serumpun yang bisa saja banyak kesamaan dalam kebudayaan dan keseniannya. Jika tidak dilestarikan maka kesenian ini akan musnah dimakan perubahan jaman.

  1. Masakan Nasional

Contoh Masakan Nasional IndonesiaMasakan nasional di Indonesia jumlahnya sudah tidak dapat dihitung lagi. Banyak sekali makanan tradisional yang bisa dijadikan masakan nasional. Yang paling lazim dijadikan ikon Indonesia adalah masakan rendang Padang. Hal ini dikarenakan rendang Padang telah memiliki pamor yang sangat baik di negara lain bahkan di dunia. Rendang dinobatkan sebagai salah satu makanan khas paling lezat di dunia sehingga tidak heran lagi jika rendang didapuk sebagai masakan nasional Indonesia.

  1. Peninggalan Bersejarah

Contoh Peninggalan Bersejarah Nasional IndonesiaPeninggalan sejarah yang menggambarkan kebudayaan nasional Indonesia sudah tidak bisa dihitung lagi jumlahnya. Candi Borobudur adalah salah satu yang paling sering dijadikan ikon peninggalan bersejarah di Indonesia. Candi Borobudur juga telah dinobatkan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang paling disukai oleh turis mancanegara. Selain itu masih ada Candi Prambanan di Sleman dan Klaten yang juga dijadikan ikon warisan budaya. Candi Prambanan memiliki keindahan tersendiri yang pada akhirnya banyak orang menobatkan Candi Prambanan sebagai ikon dari kebudayaan bersejarah di Indonesia.

Baca Juga:  Masa Orde Baru - Pengertian, Latar Belakang, Tujuan, Sejarah, Kebijakan

***

Dengan ini, blog Sayanda.com akan menutup artikel Pengertian Kebudayaan Nasional yang membahas secara mendetail tentang asal usul, contoh, pentingnya, dan pengertian kebudayaan nasional. Kebudayaan nasional adalah sesuatu yang harus selalu dijaga dan dilestarikan oleh generasi penerus bangsa. Jika tidak dilestarikan, kebudayaan nasional ini bisa saja hilang ditelan jaman atau diklaim oleh negara lain sebagai kebudayaan mereka. Jika sahabat Sayanda punya pertanyaan atau pendapat, jangan sungkan berkomentar.

loading...
Pencarian Masuk:
  • kebudayaan nasional
  • budaya nasional
  • contoh budaya nasional
  • contoh kebudayaan nasional
  • contoh kebudayaan
  • pengertian kebudayaan nasional
  • kebudayaan nasional adalah
  • budaya nasional indonesia
  • contoh kebudayaan indonesia
  • Budaya nasional adalah
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.

Leave a Reply