loading...

Pengertian Website Menurut Para Ahli – Jenis, Manfaat, Makalah

Pengertian Website

Sayanda.com – Pengertian Website Menurut Para Ahli – Jenis, Manfaat, Makalah.

Website atau yang biasa juga disebut dengan situs web, adalah sebuah halaman yang berisi kumpulan informasi tertentu.

Website adalah bagian penting dalam internet, karena tanpanya maka internet hanyalah media penghubung yang hanya digunakan oleh pakar-pakar informasi teknologi.

Website atau situs web adalah sebuah halaman berisikan suatu informasi tertentu yang dapat diakses oleh orang-orang melalui jaringan internet. Situs web dapat diakses dari seluruh pelosok dunia dan dapat diakses oleh siapapun selama terkoneksi dengan internet.

Website dapat berisikan berbagai macam informasi dalam bentuk teks, data, gambar, animasi, suara, dan video.

Pada umumnya, halaman situs web berupa dokumen yang ditulis dengan format HTML (Hyper Text Markup Language) dan dapat diakses melalui HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). HTTP adalah protokol pengirim informasi dari server sebuah website yang akan ditampilkan kepada end user melalui web browser.

Alamat sebuah website dapat menggunakan sebuah domain atau subdomain. Situs web harus ditempatkan pada sebuah hosting yang tergabung ke dalam WWW (World Wide Web) agar dapat diakses oleh orang-orang.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai domain dan hosting, baca artikel sebelumnya dari Sayanda.com yaitu, Pengertian Domain dan Hosting Beserta Contoh dan Jenisnya.

loading...

3 Jenis Website Berdasarkan Tipenya

Jenis WebsiteTerdapat banyak sekali website yang terdapat pada dunia maya sekarang. Bahkan menurut situs Webopedia, pada tanggal 10 Juli 2014, terdapat kurang lebih 3.32 miliar halaman yang terdaftar dalam World Wide Web.

Dari miliaran jumlah halaman yang terpadat pada internet, semuanya dapat dikategorikan ke dalam 3 jenis website berikut, yaitu, website statis, website dinamis, dan website interaktif.

  1. Website Statis

Website statis atau website tetap memiliki makna bahwa situs web ini memiliki halaman yang tidak berubah alias tetap.

Baca Juga:
Keluarga Berencana - Pengertian, Jenis, Tujuan, Efek Samping, Makalah

Situs web statis tidak akan mengalami perubahan, dan halaman yang ditampilkan selalu sama. Jika ingin melakukan perubahaan pada situs web, maka harus dilakukan perubahan dan modifikasi pada struktur kode secara keseluruhan yang dituliskan secara manual.

Website jenis ini sudah lama tidak digunakan karena dirasa rumit dan kurang efisien serta tampilannya yang selalu sama dapat membuat pengunjung mudah bosan.

  1. Website Dinamis

Website dinamis sangat populer dan sering digunakan saat ini.

Website ini dirancang untuk mendapatkan update secara berkala.

Situs web dinamis memiliki fitur backend yang memiliki fungsi untuk mengupdate konten pada situs web tersebut tanpa melakukan perubahan pada struktur kode situs web. Website dinamis pada umumnya memiliki berbagai fitur seperti update artikel, polling, registrasi member, dan sebagainya.

Contoh dari website dinamis adalah situs-situs portal berita.

  1. Website Interaktif

Website interaktif adalah jenis website yang tengah naik daun. Situs web interaktif memiliki berbagai keunggulan seperti kemudahan dalam berinteraksi dengan lawan bicara di internet dan topik artikel yang dapat dipilih sesuai keinginan.

Contoh dari website interaktif adalah forum dan blog.

Pada website interaktif, pengunjung dapat melakukan tukar pikiran, debat, berbalas komentar dan lain sebagainya. Biasanya situs web interaktif dilengkapi dengan moderator atau admin yang akan mengawasi setiap pembicaraan di situs web agar tidak melenceng dari topik.

Baca Juga:
Permainan Sepak Bola - Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan, Makalah

5 Manfaat Website Untuk Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Website

  1. Mempermudah Komunikasi

Pada zaman dulu cara berkomunikasi jarak jauh hanyalah menggunakan surat menyurat, tetapi sekarang ini, dengan memanfaatkan website sosial media dan layanan email, orang-orang dapat berinteraksi dengan mudah tanpa mempedulikan lokasi lawan bicaranya.

Situs sosial media adalah tempat dimana pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya secara pribadi ataupun secara umum dengan mudah, cepat, dan aman. Contohnya adalah, Facebook dan Google Plus.

Situs layanan email seperti Gmail dan Yahoo, memberikan sarana mengirim dan menerima email secara gratis yang dapat diakses oleh semua orang secara mudah.

  1. Mempercepat Akses Informasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa manfaat utama dari adanya website adalah mempercepat akses informasi.

Jika zaman dulu orang-orang harus pergi ke perpustakaan dan mencari informasi melalui buku, sekarang informasi dapat dicari dengan mudah melalui mesin pencari seperti Google dan Bing.

Akses informasi dapat dilakukan dimana pun dengan koneksi internet.

  1. Sarana Penjualan Produk

Banyak sekali orang-orang yang berhasil meraup kekayaan dengan berjualan produk secara online.

Karena akses website yang mudah, dan memiliki cakupan luas, banyak orang telah sukses meraih kekayaan mereka dengan berdagang online.

Bahkan beberapa dari mereka telah sukses berjualan ke manca negara.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan dalam berjualan online relatif lebih sedikit dibandingkan dengan berjualan dengan menyewa tempat.

Baca Juga:
Penyimpangan Sosial - Contoh, Pengertian, Gambar, Teori, Bentuk, Makalah

Cara yang banyak dipergunakan oleh orang-orang dalam berjualan online adalah dengan membuat sebuah website atau berjualan melalui situs-situs seperti Kaskus FJBOLX, dan Tokopedia.

Untuk mempelajari lebih lanjut cara berjualan online, kunjungi artikel sebelumnya dari Sayanda.com yaitu, 5 Cara Sukses Jualan Online Tanpa Modal.

  1. Mencari Teman Baru

Website juga dapat membantu dalam bertemu dengan rekan baru. Banyak orang-orang yang telah berhasil mendapatkan teman untuk bertukar pikiran, untuk berbalas email, mendapatkan rekan kerja, bahkan ada yang berhasil mendapatkan pasangan hidupnya melalui situs jejaring sosial.

Pada umumnya, untuk mencari rekan baru, situs jejaring sosial dan forum adalah yang paling sering digunakan. Hal ini dikarenakan mudahnya untuk bertukar informasi dengan berkomentar dan chatting.

  1. Sarana Branding

Branding adalah hal yang penting bagi sebuah bisnis atau perusahaan.

Situs web adalah jalan pintas yang dapat dilakukan untuk melakukan promosi merek dari sebuah perusahaan atau bisnis. Hal ini dikarenakan situs web memiliki cakupan yang sangat luas dan dapat diakses oleh semua orang di seluruh pelosok dunia.

Selain itu, cara promosi konvensional seperti menyewa baliho, beriklan di radio, beriklan di tv, dan lain sebagainya, tergolong cukup mahal, dan memerlukan biaya yang tidak murah. Situs web dapat dibuat dengan biaya yang relatif lebih sedikit.

Hampir semua perusahaan-perusahaan besar sudah memiliki situs web mereka sendiri untuk membantu mempromosikan merek mereka.

Baca Juga:
Otonomi Daerah - Pengertian, Tujuan, Asas, Prinsip, Manfaat, Makalah

Jika Anda baru mulai membuat bisnis, segera bangunlah sebuah website untuk brand Anda. Website tersebut akan membuat brand Anda lebih dikenal oleh publik dan bisa menjadi salah satu pintu kesuksesan bagi brand Anda.

Contoh Makalah Website

Berikut ini adalah beberapa contoh makalahwebsite yang digunakan oleh blog Sayanda dalam penulisan artikel ini:

***

Website memang memiliki banyak manfaat untuk manusia. Tetapi, saat ini situs web sering kali disalahgunakan. Orang-orang menyediakan situs web dengan informasi salah, dengan tujuan penipuan, dan konten spam. Oleh karena itu kita harus dapat memilih informasi mana yang akan kita terima.

Demikianlah artikel Pengertian Website Menurut Para Ahli – Jenis, Manfaat, Makalah dari Sayanda.com, dan jika sahabat Sayanda memiliki pertanyaan seputar manfaat dan pengertian situs web, silahkan berkomentar di bawah.

loading...
Pencarian Masuk:
  • pengertian website menurut para ahli
  • pengertian website menurut para ahli 2014
  • pengertian web menurut para ahli
  • manfaat website menurut para ahli
  • pengertian web menurut buku
  • definisi dan manfaat dari web
  • website menurut para ahli
  • website menurut para ahli dan sumbernya
  • konsep dasar web menurut para ahli
  • pengertian website dari beberspa ahli