Pengertian Ambang Laut Beserta Ciri dan Contoh

Sayanda.com – Pengertian Ambang Laut Beserta Ciri dan Contoh. Ambang laut atau dremple adalah sebuah lautan dangkal berbentuk seperti bukit bawah laut yang memisahkan dua lautan yang lebih dalam dan luas.

Ambang laut kerap ditemukan di antara dua lautan luas atau di antara dua pulau yang berdekatan. Menurut para peneliti, ambang laut adalah daratan yang akhirnya tenggelam dan ditutupi oleh lautan. Karena termasuk lautan dangkal maka ambang laut pada umumnya memiliki kedalaman kurang dari 200 meter.

Biota laut yang hidup di ambang laut juga sangat beragam karena intensitas cahaya matahari di lingkungan ini masih sangat baik bagi kehidupan.

Ambang laut hanyalah salah satu dari beragam permukaan dasar laut yang ada di bumi ini, untuk mengetahui sisanya, kunjungi artikel Jenis & Bentuk Permukaan Bumi Dasar Laut dari Sayanda.com

Pengertian Ambang Laut

Ciri-Ciri Ambang Laut

Suatu permukaan atau relief bawah laut dapat dikatakan sebagai ambang laut jika memiliki beberapa ciri seperti berikut:

  1. Ambang laut memiliki kedalaman kurang dari 200 meter di bawah permukaan laut.
  2. Ambang laut memisahkan dua lautang yang lebih dalam dari ambang laut itu sendiri.
  3. Ambang laut memisahkan dua daratan atau dua pulau yang berdekatan. Dengan kata lain ambang laut adalah dasar laut dari selat.
  4. Ambang laut biasanya memiliki permukaan yang relatif rata.
  5. Ambang laut merupakan perbukitan atau pegunungan bawah laut yang memisahkan dua buah lautan dalam.
  6. Ambang laut dikatakan sebagai bekas daratan. Hal ini berarti pada jaman dahulu ambang laut adalah daratan yang akhirnya tenggelam dan ditutupi oleh lautan.

Contoh Ambang Laut di Dunia

Di dunia ini terdapat banyak sekali contoh ambang laut yang tersebar di berbagai tempat. Beberapa contoh ambang laut dunia adalah sebagai berikut:

Ambang Laut Sulu

Ambang laut Sulu berada di bawah permukaan laut Sulu. Laut Sulu sendiri adalah lautan luas yang berada di daerah barat daya dari Filipina. Ambang laut Sulu memisahkan dua lautan dalam yakni Laut China Selatan dan juga Laut Sulawesi. Di permukaan ambang laut Sulu terdapat berbagai kepulauan yang menghiasi permukaan lautan Sulu.

Baca Juga:  Lingkungan Hidup - Pengertian, Komponen, Manfaat, Masalah

Ambang Laut Gibraltar

Ambang laut Gibraltar adalah relief atau permukaan bawah laut yang berada di bawah selat Gibraltar. Selat Gibraltar adalah selat pemisah antara negara Spanyol dan Maroko, pemisah antara benua Eropa dan Afrika. Ambang laut Gibraltar adalah pemisah dari dua lautan yang dalam dan luas yakni Samudra Atlantik dan Laut Tengah. Ambang laut Gibraltar memiliki kedalaman kurang dari 300 meter dan memiliki lebar hingga 14 km. Lokasi selat Gibraltar sangatlah strategis bagi perdagangan dunia sehingga menjadi salah satu daerah yang diperebutkan oleh banyak negara.

Ambang Laut Sulawesi

Ambang laut berikutnya adalah ambang laut yang menjadi dasar dari laut Sulawesi. Ambang laut ini terletak di bagian utara pulau Sulawesi, Indonesia yang menjadi pemisah antara Samudera Pasifik dan laut Sulu. Ambang laut Sulawesi terbentuk dari deretan gunung api muda yang bertebaran di bawah laut Sulawesi.

***

Demikianlah artikel Pengertian Ambang Laut Beserta Ciri dan Contoh dari Sayanda.com. Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini, jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

Pencarian Masuk:
  • pengertian ambang laut
  • ambang laut
  • ambang laut adalah
  • contoh ambang laut
  • apa yang dimaksud ambang laut
  • gambar ambang laut
  • apa yang dimaksud dengan ambang laut
  • arti ambang laut
  • apa itu ambang laut
  • apakah yang dimaksud ambang laut
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.

Leave a Reply