Pengertian Pemanasan Global – Dampak, Penyebab, Proses, Makalah

Sayanda.com – Pemanasan global atau global warming merupakan isu yang tidak akan pernah habis untuk dibahas.

Usia bumi yang semakin tua, serta meningkatnya aktivitas industri, dan suhu permukaan bumi membuat dampak pemanasan global semakin terasa hari demi hari.

Baik di televisi, radio, dan koran, selalu terlihat berita-berita yang membahas seputar pemanasan global.

Artikel berikut ini akan membahas pengertian pemanasan global dari segi penyebab, dampak, gejala, dan upaya penanggulangan global warming.

Pengertian Pemanasan Global

Pengertian Pemanasan GlobalPemanasan global adalah peristiwa naiknya suhu rata-rata permukaan bumi yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas rumah kaca pada atmosfer.

Selama satu abad terakhir, suhu rata-rata permukaan bumi telah menunjukkan peningkatan sebesar 0,6 derajat celsius. Meski dapat dibilang kecil, peningkatan suhu tersebut berpengaruh pada kehidupan makhluk hidup dan kondisi alam di bumi.

Gejala pemanasan global atau global warming yang mulai kita rasakan saat ini di antaranya adalah pergantian musim yang semakin sulit diprediksi, es di kutub yang mulai mencair, serta bencana alam yang semakin sering menghampiri.

Penyebab Pemanasan Global

Penyebab Pemanasan GlobalAda beberapa faktor penyebab pemanasan global. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  1. Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca merupakan salah satu penyumbang terbesar meningkatnya suhu udara di permukaan bumi.

Istilah efek rumah kaca merujuk pada proses pemantulan radiasi ke permukaan bumi karena terperangkap gas-gas atmosfer sehingga tidak dapat diteruskan ke luar angkasa.

Sebenarnya efek rumah kaca juga memiliki manfaat bagi keberlangsungan hidup makhluk di bumi, seperti berkurangnya perbedaan suhu pada siang hari dan malam hari…

…Tetapi jika berlebihan, efek rumah kaca justru akan mengakibatkan bencana bagi bumi karena dapat mempengaruhi iklim.

Baca Juga:  Efek Rumah Kaca - Pengertian, Penyebab, Dampak, Proses, Makalah

Salah satu gas yang membuat lapisan ozon semakin menipis adalah gas CO2 atau karbon dioksida.

  1. Polusi Kendaraan

Sisa pembuangan gas pada kendaraan bermesin juga merupakan penyebab pemanasan global. Polusi dari kendaraan bermesin seperti motor dan mobil menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah berlebih.

Karbon dioksida memiliki sifat yang dapat mencegah penguraian panas sehingga panas tersebut tidak dapat diteruskan ke luar angkasa. Akibatnya, panas dari sisa pembuangan kendaraan tersebut mengumpul di atmosfer bumi.

  1. Perusakan Hutan

Hutan dengan segala jenis pepohonan yang terdapat di dalamnya sangat berperan penting dalam menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen…

…Namun, yang terjadi saat ini, hutan semakin rusak akibat adanya penebangan ilegal demi kegiatan industri.

Akibat semakin menipisnya jumlah hutan hijau, karbon dioksida pun tidak dapat terserap dan justru akan semakin terkumpul di lapisan atmosfer yang menyebabkan pemanasan global.

  1. Polusi Gas Metana

Gas metana berasal dari bahan-bahan organik yang tidak mendapat asupan oksigen yang memadai akibat hasil pemecahan bakteri pada aktivitas perkebunan, pertanian, dan peternakan, seperti yang terdapat pada usus hewan ternak.

Semakin meningkatnya aktivitas peternakan dan pertanian, maka dapat dipastikan produksi gas metana pun akan terus meningkat.

  1. Pemborosan Energi Listrik

Listrik yang kita gunakan setiap harinya merupakan hasil pembakaran minyak bumi dan batu bara. Hasil pembakaran tersebut adalah gas karbon dioksida yang merupakan penyebab pemanasan global.

Dampak dan Gejala Pemanasan Global

Dampak dan Gejala Pemanasan GlobalPemanasan global merupakan peristiwa yang memiliki dampak besar bagi keberlangsungan hidup makhluk yang tinggal di bumi. Dampak dari pemanasan global meliputi:

  1. Meningkatnya Level Permukaan Laut

Peningkatan level permukaan laut disebabkan oleh mencairnya es di Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Para ahli memprediksi jika seluruh es di wilayah kutub mencair, maka permukaan laut dapat naik hingga tujuh meter, yang artinya dapat menenggelamkan pantai dan dataran rendah di seluruh dunia.

  1. Es di Kutub Utara dan Kutub Selatan yang Semakin Mencair

Meningkatnya suhu udara di permukaan bumi tentunya berdampak langsung terhadap kondisi alam di Kutub Utara dan Selatan.

Es di wilayah tersebut terus mencair tiap tahunnya akibat pemanasan global.

Baca Juga:  Pengertian Geografi - Konsep, Manfaat, Ruang Lingkup, Objek, Makalah

Kondisi wilayah yang semakin buruk tersebut juga berpengaruh pada makhluk hidup yang tinggal di wilayah tersebut, contohnya beruang kutub.

  1. Perubahan Iklim dan Cuaca Ekstrem

Dampak pemanasan global yang sudah kita rasakan saat ini adalah cuaca yang semakin ekstrem dan sulit diprediksi.

Pola curah hujan yang berubah pun berpengaruh terhadap kondisi cuaca di daerah tertentu.

Banjir bandang dapat terjadi di satu daerah, sedangkan di daerah lain kekeringan melanda. Kondisi tersebut tentunya berimbas pada munculnya beragam penyakit yang tak jarang menelan banyak korban jiwa.

  1. Gelombang Panas yang Semakin Parah

Beberapa tahun terakhir, fenomena gelombang panas telah melanda beberapa negara, contohnya Pakistan, dan Australia. Gelombang panas tersebut menyebabkan suhu di wilayah tersebut meningkat drastis, bahkan mencapai 45 derajat celsius.

Akibatnya, banyak makhluk hidup yang tidak dapat bertahan akibat serangan gelombang panas tersebut. Wilayah daratan lainnya pun semakin kering bahkan kebakaran hutan menjadi peristiwa yang tak dapat dielakkan lagi.

  1. Krisis Air Bersih

Gletser yang semakin mencair pun mengancam ketersediaan air bersih di seluruh dunia.

Dalam jangka panjang, fenomena tersebut bahkan dapat berimbas pada peningkatan level permukaan laut yang dapat menenggelamkan wilayah di sekitarnya.

Upaya Penanggulangan Dampak Pemanasan Global

Upaya Penanggulangan Dampak Pemanasan GlobalMeskipun akibat pemanasan global yang kita alami semakin parah dari hari ke hari, kita masih punya waktu untuk mengurangi dampak tersebut. Lantas, hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi dampak pemanasan global?

  1. Membatasi Penggunaan Energi

Penggunaan energi yang berlebihan menyumbang produksi gas karbon dioksida yang menyebabkan pemanasan global…

…Hal yang dapat kita lakukan untuk membatasi penggunaan energi yang berlebihan adalah dengan mencari sumber energi alternatif yang dapat kita peroleh dari tenaga matahari, air, atau angin.

Jika kita dihadapkan pada situasi atau kebutuhan yang melibatkan penggunaan energi fosil, kita harus mampu menggunakannya dengan bijak dan efisien.

Salah satu contoh mudah untuk menghemat penggunaan energi adalah dengan menghemat penggunaan listrik setiap harinya. Matikan listrik saat siang hari atau ketika sedang tidak digunakan, gunakan lampu hemat energi, dan kurangi pemakaian pendingin ruangan yang menghasilkan gas CFC (Chlorofluorocarbon).

  1. Penghijauan

Pepohonan memiliki peran dalam mengurangi kadar karbon dioksida di permukaan bumi. Itulah sebabnya kita dianjurkan untuk melakukan penanaman tanaman hijau di sekitar tempat tinggal kita.

Baca Juga:  Efek Rumah Kaca - Pengertian, Penyebab, Dampak, Proses, Makalah

Lingkungan yang memiliki jumlah tanaman hijau yang banyak akan mampu mengikat karbon dioksida dengan baik…

…Namun, selain melakukan penanaman, kita juga dianjukan untuk selalu merawat tanaman agar tanaman tersebut dapat hidup dalam waktu yang lama dan melaksanakan tugasnya dengan dengan maksimal.

  1. Galakkan Program 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle)

Mengurangi volume sampah juga dapat berpengaruh dalam mengurangi dampak pemanasan global.

Salah satu cara paling mudah adalah dengan mengurangi penggunaan benda-benda berbahan plastik seperti kantong plastik, dan botol minuman yang sulit diuraikan dalam tanah. Gunakan tas berbahan kain untuk berbelanja sebab selain lebih praktis, juga ramah lingkungan sebab dapat digunakan berkali-kali.

Mendaur ulang barang-barang yang terbuat dari bahan yang sulit terurai menjadi benda yang memiliki nilai guna tinggi juga merupakan ide yang bagus, sebab selain kita turut berkontribusi mengurangi dampak pemanasan global, benda-benda tersebut juga dapat mendatangkan keuntungan ekonomis.

Makalah Pemanasan Global

Berikut ini adalah beberapa makalah pemanasan global yang digunakan blog Sayanda dalam penulisan artikel. Jika Anda ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai pemanasan global, Anda dapat mengakes makalah yang membahas pemanasan global berikut ini:

***

Demikianlah artikel Pengertian Pemanasan Global – Dampak, Penyebab, dan Prosesnya dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar Pengertian Pemanasan Global – Dampak, Penyebab, dan Prosesnya; silahkan tinggalkan komentar pada kotak komentar di bawah.

Pencarian Masuk:
  • pengertian pemanasan global
  • https://www sayanda com/pemanasan-global/
  • pemanasan global
  • artikel pemanasan global
  • contoh pemanasan global
  • apa yg terjadi dengan meningkatnya suhu global akibat pemborosan energi listrik
  • Bagaimana keadaan cuaca atau iklim saat ini apakah dampak pemanasan global karena meningkatnya efek rumah kaca sudah kita rasakan?
  • akibat dari suhu global meningkat akibat pemborosan listrik
  • salah satu dampak yang paling parah dari adanya panas global atau global warming adalah
  • contoh benda yang menyebabkan pemanasan global
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.