Mobilitas Sosial – Pengertian, Saluran, Contoh, Faktor, Bentuk, Dampak

Pengertian Mobilitas Sosial

Pengertian Mobilitas Sosial

Pengertian Mobilitas Sosial – www.timeshighereducation.com

Sayanda.com – Mobilitas Sosial – Pengertian, Saluran, Contoh, Faktor, Bentuk, Dampak

Mobilitas sosial atau yang biasa juga disebut dengan gerak sosial berasal dari bahasa latin, yakni “mobilis” yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.

Sedangkan “sosial” yang dimaksud berarti gerak yang melibatkan seseorang atau sekelompok warga dalam kelompok sosial.

Arti mobilitas sosial adalah perpindahan posisi individu atau kelompok dari lapisan sosial yang satu ke lapisan sosial yang lain. Individu yang berpindah tersebut bisa mengalami kenaikan kelas dalam suatu struktur sosial, atau bisa juga mengalami penurunan strata ke kelas yang lebih rendah dalam struktur sosial.

Makalah mobilitas sosial berikut ini akan memberikan penjelasan lengkap dari segi dampak, bentuk, faktor, contoh, saluran, dan pengertian.

Saluran Mobilitas Sosial

Saluran Mobilitas Sosial

Saluran Mobilitas Sosial – www.globaltimes.cn

Pitirim A. Sorokin, seorang ahli sosiologis asal Rusia,  mengungkapkan bahwa mobilitas sosial dapat dilakukan melalui beberapa saluran, yaitu:

  • Angkatan Bersenjata

Angkatan bersenjata dikategorikan sebagai saluran mobilitas sosial karena tugas mereka dalam membela bangsa dan negara. Sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasanya membela bangsa dan negara, mereka mendapatkan status sosial yang lebih tinggi.

  • Lembaga-Lembaga Keagamaan

Lembaga-lembaga keagamaan menjadi salah satu saluran mobilitas sosial karena peran mereka sebagai teladan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dengan memperdalam pengetahuan di bidang agama, individu akan dipandang lebih terhormat dan mendapatkan status sosial yang lebih tinggi.

  • Lembaga-Lembaga Pendidikan

Peran lembaga-lembaga pendidikan dalam kehidupan sosial dan kemasyarakatan, juga dianggap sebagai salah satu saluran mobilitas sosial.

Semakin tinggi pendidikan seseorang, semakin dia dihormati dalam lingkungan pergaulan dan mendapatkan status sosial yang lebih tinggi.

  • Organisasi Politik, Ekonomi, dan Profesi

Keanggotaan seseorang dalam organisasi-organisasi politik, ekonomi, dan profesi, mempunyai kemampuan dan keahlian lebih dalam membantu masyarakat.

Baca Juga:  Pasar Persaingan Sempurna - Pengertian, Contoh, Ciri, Sistem, Makalah

Individu yang tergabung memiliki keahlian dan kemampuan istimewa tersebut, akan mendapatkan status sosial yang lebih tinggi.

  • Organisasi Olahraga

Organisasi olahraga berjasa dalam mengharumkan nama bangsa dan negara. Prestasi yang mereka raih, di tingkat nasional atau internasional, akan menaikkan status sosial mereka.

Bentuk dan Contoh Mobilitas Sosial

Contoh Mobilitas Sosial

Contoh Mobilitas Sosial – www.papermasters.com

Dalam ilmu Sosiologi, terdapat 3 jenis mobilitas sosial yang diakui:

  • Contoh Mobilitas Vertikal ke Atas

Mobilitas vertikal ke atas adalah kenaikan pangkat atau jabatan seorang guru menjadi kepala sekolah.

Kenaikan pangkat guru ini bisa disebabkan karena beliau merupakan guru teladan atau guru yang berprestasi.

  • Contoh Mobilitas Vertikal ke Bawah

Mobilitas vertikal ke bawah adalah penurunan atau pemecatan seorang menteri dari jabatannya.

Pemecatan jabatan menteri ini bisa disebabkan karena beliau tidak bekerja dengan baik atau bisa juga karena beliau melanggar aturan-aturan dari presiden.

  • Contoh Mobilitas Horizontal

Mobilitas horizontal adalah perpindahan seorang pedagang tahu dari kota Sumedang ke kota Bogor.

Status sosial pedagang itu tidak akan berubah meskipun berpindah lokasi dagang, karena tetap berdagang tahu.

Faktor Pendorong dan Penghambat Mobilitas Sosial

Faktor Pendorong dan Penghambat Mobilitas Sosial

Faktor Pendorong dan Penghambat Mobilitas Sosial – www.225academy.com

Faktor pendorong mobilitas sosial adalah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perpindahan posisi individu dari lapisan sosial yang satu ke lapisan sosial yang lebih baik.

Sedangkan faktor penghambat mobilitas sosial adalah faktor-faktor yang menyebabkan tidak terjadinya perpindahan posisi individu dari lapisan sosial yang satu ke lapisan sosial yang lain.

Faktor Pendorong Mobilitas Sosial

  • Status Sosial

Status sosial yang dimiliki seorang anak kecil adalah warisan dari orang tuanya, tetapi setelah beranjak dewasa, orang-orang pasti ingin memiliki status sosial yang lebih baik.

Banyak orang yang bekerja keras demi mendapatkan status sosial yang lebih baik

  • Keadaan Ekonomi

Orang yang mengalami kesulitan ekonomi akan melakukan pencarian dan mengalami perpindahan lapisan sosial agar mendapatkan perbaikan dalam hal ekonomi.

  • Stabilitas Politik dan Keamanan

Kondisi politik yang kacau dan kondisi keamanan yang tidak terjamin akan membuat seseorang melakukan perpindahan ke tempat yang lebih aman dan nyaman.

  • Motif-Motif Keagamaan
Baca Juga:  Kebugaran Jasmani - Pengertian, Komponen, Manfaat, Tujuan, Makalah

Rendahnya tingkat toleransi beragama di suatu lingkungan akan membuat seseorang berpindah tempat ke lokasi yang lebih menjamin kebebasan melaksanakan ajaran-ajaran agamanya.

  • Kondisi Kependudukan (Demografi)

Meningkatnya jumlah penduduk akan berakibat pada menurunnya kualitas ruang terbuka di suatu wilayah. Hal ini akan mendorong orang untuk berpindah ke wilayah lain yang kualitas ruang terbukanya lebih baik.

  • Keinginan Melihat Daerah Lain

Rasa ingin tahu dan keinginan untuk melihat daerah lain akan mendorong orang-orang untuk bepergian dan biasanya terjadi pada para pelancong maupun wisatawan.

  • Perubahan Kondisi Sosial

Perubahan kondisi sosial biasanya disebabkan oleh kemajuan teknologi. Misalnya, orang-orang yang memutuskan berpindah pekerjaan menjadi pengemudi ojek online.

  • Ekspansi Teritorial

Perpindahan penduduk yang cepat akan mendorong mobilitas sosial dan mengubah status sosial mereka. Perpindahan ini biasanya akan menimbulkan perbedaan tingkatan sosial dalam struktur masyarakat, sehingga ada sebutan orang pendatang dan orang asli.

  • Kebebasan Berkomunikasi

Orang-orang akan bergerak untuk melakukan perpindahan dari lingkungan yang komunikasinya serba kurang menuju ke lingkungan yang komunikasinya lebih bebas dan terbuka.

  • Kemudahan Mencari Pekerjaan

Setelah mendapatkan sebuah pekerjaan, orang-orang akan berkeinginan untuk melakukan mobilitas sosial. Hal ini dilakukan agar dapat mencapai jabatan tertentu di perusahaan tersebut dan meningkatkan status sosial mereka.

  • Kemudahan Akses Pendidikan

Semakin mudah orang mendapatkan pendidikan yang baik, semakin besar juga kemungkinan orang tersebut untuk berpindah ke status sosial yang lebih tinggi.

Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

  • Faktor Ekonomi (Kemiskinan)

Orang yang memiliki kemampuan produksi dan konsumsi yang rendah, lebih sulit untuk berpindah ke lapisan sosial yang lain.

  • Diskriminasi Kelas Sosial

Diskriminasi (pembedaan perlakuan) kelas sosial dianggap menghambat terjadinya mobilitas sosial karena orang yang menjadi korban diskriminasi tidak akan mampu berpindah ke lapisan sosial yang lebih baik. Misalnya, perlakuan rumah sakit terhadap pasien yang tidak berduit.

  • Perbedaan Ras dan Agama

Faktor penghambat mobilitas sosial karena perbedaan ras dan agama biasanya terjadi dalam suatu lingkungan kerja yang didominasi ras dan agama tertentu. Orang yang kerjanya bagus bisa susah naik jabatan hanya karena tergolong sebaga ras dan pemeluk agama minoritas.

  • Perbedaan Jenis Kelamin

Dalam struktur masyarakat tertentu, perempuan biasanya dipandang lebih lemah daripada laki-laki. Hal ini menyebabkan perempuan terhambat melakukan mobilitas sosial untuk mencapai lapisan sosial yang lebih tinggi.

Dampak Mobilitas Sosial

Dampak Positif dan Negatif Mobilitas Sosial

Dampak Positif dan Negatif Mobilitas Sosial – aymenfares.com

Terbukanya peluang mobilitas sosial akan memicu seseorang untuk dapat meningkatkan kualitas diri agar bisa mendapatkan status sosial yang lebih baik.

Baca Juga:  Pengertian Demokrasi Pancasila - Prinsip, Ciri, Fungsi, Makalah

… tetapi, akan ada beberapa keuntungan dan kerugian yang tercipta.

Dampak Positif Mobilitas Sosial

  • Memicu Prestasi

Semakin besar kesempatan orang untuk berpindah ke lapisan sosial yang lebih tinggi, membuat orang termotivasi untuk berprestasi dan menghasilkan karya-karya yang bagus.

  • Mempercepat Perubahan Sosial

Perubahan sosial dapat dikenali lewat terciptanya lapangan kerja baru. Dengan adanya lapangan kerja baru, orang memiliki kesempatan mengubah status sosial dan berpindah ke lapisan sosial yang lain.

  • Meningkatkan Integrasi Sosial

Mobilitas sosial secara alamiah akan menghasilkan pembauran (integrasi) dalam suatu struktur masyarakat.

Misalnya, perpindahan orang dari satu lingkungan ke lingkungan yang lain. Secara alamiah, orang tersebut harus beradaptasi dengan lingkungan baru untuk mendapatkan status sosialnya.

Dampak Negatif Mobilitas Sosial

  • Memicu Konflik

Perbedaan kepentingan antar kelas sosial dalam suatu struktur masyarakat sangat rentan menimbulkan konflik. Selain itu, konflik juga bisa muncul antara kelompok atau kelas sosial yang tradisional dengan yang modern.

Perbedaan derajat antara satu lapisan masyarakat dan lapisan masyarakat yang lain juga dapat menciptakan konflik.

  • Berkurangnya Solidaritas Kelompok

Mobilitas sosial dapat mengurangi solidaritas kelompok apabila perpindahan orang ke lapisan sosial yang baru mampu menghilangkan nilai-nilai yang diyakini kelompok sosial tersebut.

  • Menimbulkan Gangguan Psikologis

Gangguan psikologis dapat terjadi karena mobiltias sosial. Contohnya, stres karena pemecatan atau rasa malu berkepanjangan karena menurunnya status sosial.

Makalah Mobilitas Sosial

Berikut ini adalah beberapa makalah mobilitas sosial yang digunakan oleh blog Sayanda dalam penulisan artikel:

***

Demikianlah artikel Mobilitas Sosial – Pengertian, Saluran, Contoh, Faktor, Bentuk, Dampak dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar mobilitas sosial atau gerak sosial, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kotak komentar di bawah.

loading...
Pencarian Masuk:
  • Saluran mobilitas sosial
  • gambar mobilitas sosial
  • contoh saluran mobilitas sosial
  • faktor pendorong mobilitas sosial
  • saluran saluran mobilitas sosial
  • https://www sayanda com/mobilitas-sosial/
  • faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial beserta contohnya
  • contoh mobilitas horizontal
  • Contoh mobilitas sosial
  • faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.