loading...

7 Manfaat dan Efek Samping Yodium Bagi Tubuh Manusia

Sayanda.com – 7 Manfaat dan Efek Samping Yodium Bagi Tubuh Manusia.

Yodium atau Iodium atau Iodin adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk berfungsi secara maksimal.

Karena tubuh manusia tidak dapat menghasilkan yodium secara alami, cara utama untuk memenuhi asupannya adalah dengan mengkonsumsi makanan.

Perlu diketahui bahwa dan dan tanaman yodium / jarak tintir berbeda dengan mineral yodium.

Artikel kali ini akan mengupas lengkap semua hal yang ingin Anda ketahui mengenai yodium, mulai dari manfaat, efek samping, dan pengertian.

loading...

Apa Itu Yodium?

Manfaat Yodium Untuk Kesehatan

Yodium adalah suatu unsur kimia yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup. Fungsi yodium bagi tubuh manusia adalah untuk menjaga kinerja bagi kelenjar tiroid.

…bagi yang belum tau, kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar dalam tubuh manusia yang mengatur produksi protein dan pembakaran energi.

Jika tubuh manusia kekurangan yodium, maka kinerja kelenjar tiroid akan semakin berat, dan menyebabkan pembengkakkan. Penyakit inilah yang dikenal oleh orang-orang dengan gondok.

Yodium dapat dengan mudah ditemukan dalam makanan sehari-hari,seperti produk susu, makanan laut, roti, sayur-mayur, telur, dan garam.

Kekurangan yodium juga merupakan salah satu penyebab terbesar dari lahirnya anak-anak dengan cacat intelektual dan keterbelakangan mental. Semua ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk terus memenuhi asupan yodium mereka.

Baca Juga:
Susu Kambing Baik Untuk Kesehatan dan Kecantikan! Ini 10 Manfaatnya!

7 Manfaat Yodium Bagi Tubuh Manusia

Fungsi Yodium Bagi Tubuh

Yodium sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga kondisi dan fungsi dari kelenjar tiroid. Selain itu, ternyata yodium masih memiliki banyak manfaat lain, antara lain:

  1. Mencegah Gondok

Gondok adalah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakkan pada kelenjar tiroid. Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, penyakit ini terjadi karena kurangnya asupan yodium.

Kelenjar tiroid memerlukan yodium guna membantu kinerjanya agar dapat bekerja dengan optimal.

Penyakit gndok ditandai dengan munculnya benjolan besar pada bagian bawah leher. Penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya ataupun mematikan. Tetapi sangat mengganggu penampilan dan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Seperti yang kita pelajari sewaktu SD… selalu konsumsi garam beryodium… hehe

  1. Menjaga Kondisi Kelenjar Tiroid

Masih berhubungan dengan manfaat yodium sebelumnya, fungsi utama dari mineral ini adalah untuk menjaga kondisi kelenjar tiroid agar dapat berfungsi dengan baik.

Kelenjar ini biasanya terletak di bawah saluran laring, atau yang biasa disebut dengan rongga pernafasan.

Kelenjar tiroid bekerja untuk mengatur kecepatan pembakaran energi dalam tubuh, membantu produksi protein, serta mengatur berbagai hormon dalam tubuh.

Ketika asupan yodium tidak terpenuhi, kinerja kelenjar ini akan semakin berat, alhasil akan muncul pembengkakkan pada bagian leher.

  1. Membunuh Kuman pada Luka Luar

Manfaat yodium berikutnya adalah untuk membunuh kuman pada luka kulit luar. Hal ini karena yodium memiliki zat antiseptik pembunuh kuman.

Baca Juga:
20 Manfaat Susu Beruang Bear Brand Bagi Kesehatan

Ketika Anda terluka akibat teriris pisau, jatuh, atau luka luar lainnya. Pengobatan menggunakan campuran air dan garam beryodium dapat digunakan. Basuhlah luka dengan campuran air dan garam, kemudian keringkan dengan handuk bersih. Pengobatan ini akan menimbulkan rasa pering yang teramat sangat, namun efektif dan cepat dalam mengatasi luka luar.

Selain itu penyakit sariawan juga dapat disembuhkan menggunakan pengobatan yang sama. Berkumur menggunakan campuran air dan garam dipercaya dapat membunuh kuman penyebab sariawan. Berkumurlah menggunakan air garam sebelum tidur dan setelah bangun pagi setiap harinya.

Kuman-kuman pada bagian luka akan segera mati, dan selang beberapa hari maka luka akan segera sembuh.

  1. Meningkatkan Kecerdasan dan Mencegah Keterbelakangan Mental

Siapa sangka, yodium ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa ada tingkat korelasi antara nilai IQ seseorang dengan cukupnya asupan yodium seseorang.

Selain itu juga berkhasiat untuk mencegah keterbelakangan mental.

Oleh sebab itu, badan kesehatan dunia mewajibkan setiap produsen garam untuk menambahkan yodium ke dalam hasil produksi mereka.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Ternyata kanker payudara dapat dicegah hanya dengan mencukupi asupan yodium harian.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Jeffrey Dach, menemukan bahwa dengan mengkonsumsi 12.5 miligram yodium setiap harinya, maka Anda akan dapat terhindar dari penyakit kanker payudara.

  1. Mencegah Stroke

Cukupnya asupan yodium setiap harinya juga berkhasiat mencegah stroke. Pastinya Anda semua sudah tau apa itu stroke dan bahaya dari penyakit stroke donk?

Baca Juga:
7 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Salah satu cara pencegahan penyakit mematikan ini ternyata adalah dengan memenuhi kebutuhan yodium setiap harinya.

  1. Mencegah Gangguan Penyakit Mata

Anda pasti sudah tau bahwa kesehatan mata seseorang sangat berhubungan dengan konsumsi vitamin A, namun siapa sangka jika mengkonsumsi yodium juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan mata.

Sebuah penelitian medis menunjukan bahwa kandungan yodium juga berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit mata.

Beberapa penyakit tersebut antara lain: rabun ayam, katarak, mata silindris, rabun dekat, rabun jauh.

Selain mencegah beberapa penyakit tersebut, dapat juga memperbaiki kinerja mata yang sudah menurun.

Efek Samping Yodium Bagi Tubuh Manusia

Meskipun yodium sendiri adalah mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh, tetapi mengkonsumsinya dalam jumlah besar juga dapat menyebatkan berbagai komplikasi dan masalah untuk tubuh manusia.

Konsumsi yodium yang berlebih dapat menyebabkan keracunan yodium yang ditandai dengan nyeri pada rongga mulut, rasa mual, dan muntah-muntah. Hal ini sangat rentan terjadi bagi para penderita gagal ginjal. Orang dengan fungsi ginjal normal sangat jarang terserang komplikasi ini.

Penggunaan yodium secara langsung untuk kulit luar juga tidak dianjurkan. Hal ini dapat menyebabkan efek samping berupa iritasi, alergi, kulit kemerahan, dan rasa panas seperti terbakar pada lapisan kulit.

Walaupun yodium sangatlah penting, Anda juga harus bijak dalam mengkonsumsi dan menggunakannya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selalu perhatikan asupan yodium keluarga Anda agar terbebas dari penyakit gondok.

Baca Juga:
17 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

***

Dengan ini saya sudahi artikel 7 Manfaat dan Efek Samping Yodium Bagi Tubuh Manusia kali ini.

Jika sahabat Sayanda punya pertanyaan seputar yodium, jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

loading...

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • yodium
  • yodium adalah
  • manfaat yodium
  • manfaat garam beryodium
  • apa itu yodium
  • manfaat garam yodium
  • apa manfaat yodium
  • yudium
  • manfaat yodium bagi tubuh
  • manfaat iodium