12 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan – Ungu, Kuning, Putih

Sayanda.com – 12 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Sambil minum kopi atau teh, paling enak ya ditemani ubi jalar hangat. Rasanya yang manis dan mengenyangkan, tentu bisa membuat siapa saja menyukai makanan murah meriah ini.

Tidak hanya banyak diolah menjadi aneka jenis kudapan, ternyata ubi jalar menyimpan sejumlah khasiat yang luar biasa.

Berdasarkan warnanya, ada tiga jenis ubi jalar, yaitu ubi putih, ubi kuning atau jingga, dan ubi ungu. Setiap warna pada ubi jalar memiliki jumlah kandungan nutrisi yang berbeda.

Ubi jalar ungu umumnya memiki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan kedua jenis ubi yang lain. Sementara itu, kandungan tertinggi pada ubi jalar kuning terletak pada betakarotennya. Ubi jalar putih lebih dikenal sebagai sumber energi dengan banyak karbohidrat kompleks.

Ubi jalar atau yang biasa juga disebut dengan ketela rambat adalah tanaman jenis budidaya yang konon berasal dari Amerika Selatan (sampai sekarang masih diperdepatkan).

Jika di Indonesia, nasi adalah sumber pokok makanan yang penting ,berbeda halnya dengan di Afrika. Di Afrika, umbi ubi jalar masih menjadi salah satu sumber makanan pokok yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat disana.

Apa sajakah khasiat ubi jalar yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh kita? Yuk disimak!

loading...

12 Khasiat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Manfaat Ubi Jalar

via www.superfoodly.com

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Beta-karoten adalah senyawa yang akan berubah menjadi vitamin A ketika sudah berada di dalam tubuh. Tentu saja, sama seperti vitamin A, zat ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan beta-karoten tertinggi dapat kita temukan pada ubi jalar berwarna jingga. Ketika penglihatan mulai bermasalah, konsumsi ubi jalar bisa memperbaiki penglihatan menjadi lebih jelas.

  1. Sebagai Sumber Energi

Untuk Anda yang ingin tetap kenyang tanpa perlu khawatir menjadi gemuk, solusi yang tepat adalah mengonsumsi ubi jalar. Dengan kandungan karbohidrat kompleks, ubi jalar hanya memiliki jumlah kalori yang rendah.

Jika Anda sewaktu-waktu merasa lapar dan kurang bertenaga, segera konsumsi ubi jalar.

  1. Mencegah Diabetes

Meskipun memiliki rasa yang manis, konsumsi ubi jalar akan tetap membuat indeks glikemik Anda berada pada angka rendah. Pasalnya, berbeda dengan nasi putih, karbohidrat kompleks yang dikandung ubi jalar tidak akan menaikkan gula darah.

Karena itu, penderita atau orang-orang yang berpotensi memiliki diabetes tetap aman mengonsumsi ubi jalar.

  1. Mengatasi Peradangan

Dengan kandungan serat yang tinggi, ubi jalar akan menghasilkan rasa nyaman di pencernaan. Vitamin B kompleks dalam ubi jalar juga mampu meredakan radang lambung.

Untuk para penderita sakit mag, ubi jalar sangat tepat dikonsumsi karena mengandung anti-inflamasi.

  1. Meningkatkan Imunitas

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda perlu memenuhi asupan vitamin C setiap hari. Untungnya, vitamin C yang perlukan sudah ada di dalam ubi jalar.

Dengan demikian, tubuh Anda akan senantiasa terlindung dari berbagai risiko penyakit yang mungkin bisa menyerang kapan saja.

  1. Menurunkan Hipertensi

Para penderita hipertensi umumnya akan mengalami pusing berkepanjangan. Tidak hanya itu, mereka terkadang juga cenderung lebih sensitif dan mudah marah.

Jika dibiarkan berlarut-larut, darah tinggi bisa berujung pada penyakit stroke yang sangat mematikan.

Salah satu solusi termudah adalah dengan mengonsumsi ubi jalar secara rutin. Kandungan kalium di dalam ubi jalar mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, tekanan darah dalam tubuh akan menurun dan hidup lebih tenang tanpa khawatir akan terserang penyakit stroke.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Hingga kini, kanker masih menjadi penyakit yang menakutkan. Bagaimana tidak? Selain sulit diobati, kanker juga tergolong salah satu penyakit yang paling mematkan di dunia.

Penyakit kanker umumnya disebabkan oleh radikal bebas yang berasal dari makanan, lingkungan, atau gaya hidup yang kurang sehat.

Sebelum terlambat, Anda perlu mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung antioksidan, seperti ubi jalar.

Pasalnya, senyawa antioksidan memang terbukti mampu menangkal radikal bebas. Dengan begitu, tubuh bisa sehat dan terbebas dari ancaman penyakit-penyakit mematikan.

  1. Mengatur Kadar Kolesterol Dalam Darah

Selain melancarkan pencernaan, kandungan serat dalam ubi jalar juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Ketika masuk ke dalam tubuh, serat-serat tersebut akan menyerap lemak jahat berlebih atau kolesterol sehingga jumlahnya akan terkendali.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam ubi jalar, Anda bisa menemukan banyak kandungan mangan, yakni zat mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Oleh karena itu, konsumsi ubi jalar secara rutin juga mampu mencegah Anda dari osteoporosis atau pengeroposan tulang.

  1. Mengatasi Stres

Vitamin B5 atau asam pantotenat diperlukan oleh tubuh memperlancar kinerja sel-sel tubuh. Apabila kekurangan vitamin tersebut, seseorang akan mudah lelah, dan bahkan mudah marah.

Jika kelenjar adrenal yang mengatasi stres tidak berfungsi secara optimal, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam pantotenat atau vitamin B5.

Ubi jalar adalah salah satu makanan yang dapat dikonsumsi agar Anda tetap bersemangat dalam menjalani aktivitas tanpa stres,

  1. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu kandungan ubi jalar yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan adalah vitamin E.

Selain dapat  meningkatkan kinerja organ tubuh, Anda tentu sudah tahu bahwa vitamin E sangat ampuh untuk memperlambat penuaan kulit akibat proses oksidasi.

Tidak hanya keriput, garis halus pun akan enggan muncul. Hasilnya, Anda bisa selalu terlihat awet muda.

  1. Membantu Penurunan Berat Badan / Diet

Ubi jalar juga dapat ditambahkan sebagai salah satu menu diet.  Hal ini dikarenakan ubi jalar mengandung tingkat serat tinggi serta rendah kalori.

Serat diketahui sangat membantu program diet karena dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak membuat kebiasaan mengemil untuk muncul

Selain itu kalori dalam satu porsi ubi jalar hanyalah 300 – 400 kalori.

Kandungan air yang dimiliki ubi jalar juga tergolong tinggi jika dibandingkan karbohidrat jenis lainnya. Oleh karena itu, jenis karbohidrat ini dapat membuat Anda terasa lebih cepat kenyang dan meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh.

Alhasil, diet akan lebih mudah berhasil dan membuat berat badan cepat turun.

***

Terdapat berbagai jenis ubi jalar yang terdapat di Indonesia dan dibagi berdasarkan warnanya. Yang paling sering dikonsumsi oleh orang-orang adalah ubi jalar ungu, kuning, putih, dan merah.

Setiap warna mempunyai kandungan gizi yang berbeda-beda, tetapi tetap mempunyai manfaat yang serupa.

Karena kandungan gizinya yang tinggi, ubi jalar (ketela rambat) sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan kebutuhan gizi ibu hamil dapat dengan mudah terpenuhi hanya dengan bantuan mengonsumsi ubi jalar.

Demikianlah artikel 12 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan; jangan sungkan untuk meninggalkan pertanyaan.

loading...

Sumber:

Leave a Reply

Tidak mau ketinggalan update dari blog Sayanda?
Segera daftarkan email Anda! Gratis!

Berlangganan ke dengan blog Sayanda dan dapatkan artikel serta update menarik langsung ke inbox email Anda. GRATIS!