Susu Kambing Baik Untuk Kesehatan dan Kecantikan! Ini 10 Manfaatnya!

Sayanda.com – 10 Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Mungkin Anda masih kurang familiar dengan susu kambing. Seperti namanya, susu kambing adalah susu yang berasal dari kambing.

Di banyak negara, minuman susu kambing masih tergolong jarang, dan jauh lebih sulit didapatkan dibandingkan susu sapi.

Penelitian-penelitian terbaru akan manfaat dan khasiat yang dimiliki susu kambing membuatnya makin populer dari hari ke hari. Sampai saat ini, kambing hanya memproduksi kurang lebih 2% dari pasokan susu di dunia. Sebelum dikonsumsi, susu kambing biasanya diolah menjadi keju, yoghurt, es krim, dan mentega.

10 Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Mengandung Asam Lemak Baik

Kandungan asam lemak esensial pada susu kambing jauh lebih tinggi daripada susu sapi. Asam lemak seperti linoleat dan arakidonat merupakan sumber energi yang dapat dengan mudah dibakar dan tidak disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Lemak baik pada susu kambing bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh, dan hal inilah yang menjadi alasan mengapa susu kambing berguna untuk mencegah terjangkitnya penyakit jantung.

  1. Melancarkan Pencernaan

Sifat alkali basa dari susu kambing memiliki peran penting dalam melancarkan sistem pencernaan manusia. Mengkonsumsi susu kambing secara berkala dapat membantu Anda untuk terhindar dari berbagai macam masalah pencernaan seperti sembelit, wasir, dan lainnya.

  1. Menguatkan Tulang

Sama halnya seperti susu sapi, susu kambing juga mengandung kalsium yang tinggi, bahkan 13% lebih banyak dari susu sapi. Kandungan kalsium dari susu kambing memiliki peran penting dalam pembentukan tulang yang sehat, dan dapat mencegah berbagai macam penyakit tulang seperti tulang keropos atau osteoporosis.

  1. Menurunkan Berat Badan

Percaya atau tidak, ternyata hanya dengan mengkonsumsi susu kambing, Anda dapat menurunkan berat badan Anda. Seperti yang Anda ketahui, protein dapat membantu Anda dalam menghancurkan lemak jahat, dan tingginya kandungan protein pada susu kambing dapat membantu Anda untuk memiliki tubuh ramping.

Bukan hanya itu, kandungan lemak dan protein yang terdapat pada susu kambing jauh lebih mudah diproses dibandingkan susu sapi. Hal ini disebabkan karena sel lemak pada susu kambing berukuran lebih kecil dibandingkan susu sapi.

  1. Dapat Dikonsumsi Oleh Penderita Intoleransi Laktosa
Baca Juga:  12 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Anda yang menderita intoleransi laktosa juga bisa menikmati berbagai manfaat positif dari susu kambing. Hal ini dikarenakan tingkat asam lemak yang dimilikinya dua kali lebih banyak dari yang dimiliki oleh susu sapi.

Kandungan dalam susu kambing memiliki khasiat untuk menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh, dan dapat dikonsumsi dengan lebih baik bagi para penderita masalah usus. Kadar asam lemak antimikroba juga dapat ditemukan secara melimpah pada susu kambing. Khasiat Susu Kambing Untuk Kecantikan

  1. Mengobati Anemia

Penyakit anemia terjadi karena berkurangnya jumlah hemoglobin pada tubuh, sehingga tidak dapat mengalirkan oksigen dengan baik. Mengkonsumsi susu kambing secara berkala ternyata dapat menjadi pengobatan alami bagi para penderita anemia Hal ini dikarenakan susu kambing dapat merangsang pembentukan hemoglobin pada tubuh.

  1. Bersifat Probiotik

Senyawa oligosaccharides pada susu kambing memiliki komposisi yang mirip seperti ASI. Senyawa ini lah yang memiliki peran penting sebagai probiotik pada tubuh Anda. Oligosaccharides juga berfungsi untuk membunuh bakteri-bakteri penyakit dari sisa makanan dan dapat membersihkan usus besar dari jamur.

  1. Bersifat Anti Inflamasi

Salah satu alasan mengapa orang lebih memilih untuk mengkonsumsi susu kambing adalah karena tidak menimbulkan inflamasi atau sakit perut yang sering disebabkan oleh susu sapi. Hal ini disebabkan karena kandungan dari susu kambing dapat menenangkan peradangan pada usus.

Saat ini, penelitian masih terus berlanjut untuk mengetahui apakah sifat anti inflamasi dari susu kambing juga memiliki efek pada area lain dari tubuh…

…tetapi satu hal yang pasti, susu kambing baik untuk perut Anda!

  1. Kaya Akan Nutrisi

Nutrisi pada susu kambing jauh lebih padat dibandingkan susu sapi…

…yang berarti bahwa Anda tidak perlu mengkonsumsi susu kambing sebanyak Anda mengkonsumsi susu sapi untuk mendapatkan jumlah nutrisi yang sama. 1 gelas susu kambing saja sudah dapat memenuhi 33% kalsium dari jumlah yang Anda butuhkan setiap harinya.

  1. Membuat Kulit Terlihat Lebih Sehat

Siapa sangka, ternyata susu kambing bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan. Susu kambing memiliki sifat pelembab yang bisa menghaluskan kulit. Selain itu susu kambing juga kaya akan vitamin A yang dapat memperbaiki kulit, melawan jerawat, dan meningkatkan kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Baca Juga:  7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Asam laktat pada susu kambing dapat membantu untuk membersihkan sel-sel mati pada lapisan luar kulit, yang alhasil dapat mencerahkan kulit Anda. Karena susu kambing memiliki tingkat pH yang sama dengan manusia, maka kandungannya dapat diserap dengan lebih baik dan tidak menyebabkan iritasi kulit.

Cara penggunaannya:

  • Campurkan 2 sendok makan susu kambing dengan 2 sendok makan madu
  • Oleskan ramuan ke wajah yang sudah dibersihkan
  • Biarkan selama 15 menit, dan bilas menggunakan air bersih

Kandungan Gizi Susu Kambing

Kandungan Gizi Susu KambingNegara barat mulai sadar akan banyaknya manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh susu kambing untuk kesehatan dan kecantikan. Tingginya kandungan gizi yang dimiliki susu kambing menjadi alasan mengapa banyak ibu hamil memilih untuk mengkonsumsi susu kambing setiap harinya sebagai pemenuh asupan gizi harian.Segelas susu kambing memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

  • Kalori : 168 Lemak Jenuh : 6,5 gram / 33% DV
  • Protein : 10,9 gram / 4% DV
  • Karbohidrat : 11 gram / 4% DV
  • Kolesterol : 27 mg / 9% DV
  • Sodium : 12 miligram / 5% DV
  • Gula : 11 gram

Mineral

  • Kalsium : 327 miligram / 33% DV
  • Magnesium : 34,2 mg / 9% DV
  • Fosfor : 271 miligram / 27% DV
  • Kalium : 498 miligram / 14% DV
  • Zinc : 0,7 miligram / 5% DV
  • Tembaga : 0,1 miligram / 6% DV

Vitamin

  • Vitamin A : 483 IU / 10%  DV
  • Vitamin B2 ( Riboflavin ) : 0,3 miligram / 20%  DV
  • Vitamin C : 3,2 miligram / 5%  DV
  • Vitamin D : 29,3 IU / 7%  DV

DV atau Daily Value adalah rekomendasi berapa banyak dari zat tersebut yang perlu Anda konsumsi setiap harinya. Contoh untuk fosfor, 27% DV artinya dengan 1 gelas susu kambing Anda telah memenuhi 27% dari fosfor yang perlu Anda konsumsi setiap harinya.

Popularitas Susu Kambing di Indonesia

Saat ini, masih banyak sekali orang Indonesia tidak tahu dengan yang namanya susu kambing. Susu sapi masih menjadi pilihan paling populer bagi masyarakat Indonesia. Di Indonesia sudah ada beberapa perusahaan yang mulai menjualnya, seperti Susu Kambing Etawa Super.

Walaupun harga susu kambing etawa masih tergolong mahal (mencapai 50rb rupiah per kotak), susu yang ditawarkan dalam bentuk bubuk ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, dan dari hari ke hari makin banyak orang yang mengkonsumsinya.

Walaupun memiliki manfaat yang jauh lebih banyak, susu kambing lebih jarang dikonsumsi dibandingkan susu sapi. Hal ini disebabkan karena orang-orang masih tidak tahu akan khasiat yang dimilikinya.

Baca Juga:  6 Manfaat Mentimun Untuk Kecantikan

Rahasia hidup sehat wajib diketahui semua orang, oleh karena itu, bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda agar semua orang bisa merasakan manfaat yang dimiliki susu kambing.

***

Demikianlah artikel 10 Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan dan Kecantikan dari Sayanda.com. Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 10 Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan dan Kecantikan, jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • manfaat susu kambing untuk kecantikan
  • manfaat susu kambing untuk wajah
  • manfaat susu kambing untuk kulit
  • manfaat susu kambing etawa untuk kecantikan
  • manfaat susu kambing etawa untuk wajah
  • manfaat minum susu kambing untuk kecantikan
  • khasiat susu kambing untuk kulit
  • apa manfaat nya susu kambing untuk wajah
  • manfaat susu kambing untuk kesehatan kulit
  • manfaat susu kambing etawa untuk kulit
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.