loading...

10 Manfaat Sarang Semut Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Sayanda.com – 10 Manfaat Sarang Semut Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya.

Walaupun memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan, pengobatan tradisional menggunakan sarang semut masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Sarang semut sudah lama digunakan oleh masyarakat pedalaman Papua untuk mengobati berbagai macam penyakit yang mereka derita, baik itu penyakit ringan maupun berat. Penggunaan sarang semut sebagai pengobatan herbal telah menjadi rahasia pengobatan yang sangat ampuh dan terus dilakukan selama turun-temurun di pedalaman Papua.

Sarang semut yang saya maksud disini bukanlah tempat tinggal semut, tetapi tumbuhan yang tumbuh pada dahan atau batang pohon. Nama tumbuhan ini berasal dari bahasa Yunani yaitu genus myrmecodia. Istilah ini jika diartikan ke bahasa Indonesia, yaitu ‘mirip semut’ atau ‘dikerumuni semut’.

loading...

10 Manfaat Sarang Semut Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Sarang SemutSarang semut dipercaya orang-orang memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit berikut ini:

  1. Kanker dan Tumor

Manfaat sarang semut yang paling terkenal adalah sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker dan tumor. Berbagai kanker dan tumor yang jinak maupun ganas dapat disembuhkan dengan sarang semut. Antara lain yaitu: Kanker otak, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus, kanker kulit, kanker hidung, kanker liver, kanker prostat, dan kanker darah (leukemia).

Yang tidak dapat disembuhkan adalah kanker tenggorokan dan rongga mulut.

Baca Juga:
20 Manfaat Susu Beruang Bear Brand Bagi Kesehatan

Khasiat efektif sarang semut dalam menyembuhkan penyakit kanker diduga karena mempunyai kandungan flavonoid yang tinggi. Flavonoid adalah senyawa yang terdiri dari 15 atom karbon yang terdapat pada tumbuhan. Flavonoid bersifat antioksidan yang melindungi kolonosit dari stres oksidatif.

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Karena faktor usia, sibuk bekerja, dan jarang berolahraga, rata-rata orang mengalami penurunan dalam stamina. Mereka akan sering merasa lelah, dan gampang capek sewaktu melakukan aktivitas dalam durasi yang lama.

Mineral-mineral pada sarang semut dapat meningkatkan stamina dan kondisi tubuh yang turun, dan membuat Anda merasa energetik kembali.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Sifat antioksidan yang terdapat pada mineral polifenol, tokoferol, dan flavonoid di tanaman sarang semut memberikan peningkatan kekebalan dan resistensi tubuh. Anda akan lebih kuat dan kebal terhadap berbagai macam penyakit.

  1. Sakit Maag

Sarang semut dengan jenis myrmecodia pendans telah diteliti dan terbukti mampu untuk menyembuhkan sakit maag yang sering kambuh.

  1. Darah Tinggi (Hipertensi)

Sarang semut juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit hipertensi karena kandungan flavonoid yang dimilikinya. Hipertensi terjadi karena penggumpalan darah dalam tubuh, dan zat flavonoid dapat mencegah penggumpalan darah dalam tubuh. Khasiat Sarang Semut

  1. Jantung Koroner

Tumbuhan sarang semut juga memiliki kandungan magnesium, kalsium, dan kalium yang berperan penting dalam pengobatan jantung koroner. Magnesium dapat membantu relaksasi otot jantung, dan kalsium dapat membuat jantung berkontraksi. Kombinasi kedua mineral ini memberikan efek sinergis yang berguna untuk mempertahankan irama jantung agar dapat berfungsi dengan normal.

Mineral lain yang dimiliki oleh sarang semut adalah kalium. Mineral ini diketahui dapat mengatur dan membantu untuk mengontrol irama jantung.

  1. Migrain (Sakit Kepala Sebelah)

Pengobatan migrain berkaitan dengan kandungan flavonoid dan mineral-mineral lainnya yang terdapat pada sarang semut, seperti magnesium, natrium, dan kalsium.

  1. Stroke

Sarang semut dapat melindungi Anda dari penggumpalan darah. Senyawa tokoferol yang dimiliki telah terbukti dapat mengencerkan darah. Hal ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya penggumpalan darah.

  1. Rematik

Zat flavonoid memiliki kemampuan sebagai penghambat produksi enzim xantin oksidase (xanthine oxidase) pada tubuh. Tanpa adanya enzim ini pada tubuh, maka Anda akan terbebas dari rematik.

  1. Diabetes Mellitus

Sarang semut juga memiliki manfaat untuk memulihkan fungsi organ tubuh. Dengan mengkonsumsi sarang semut, anda dapat memulihkan fungsi pankreas, sehingga dapat menghasilkan hormon insulin yang cukup.

Baca Juga:
9 Manfaat Kulit Manggis dan Cara Mengolahnya

Jika fungsi pankreas Anda telah bekerja kembali, maka gula darah dalam tubuh dapat diolah menjadi zat yang mudah diserap.

Cara Mengolah Sarang Semut

Cara Mengolah Sarang SemutWalaupun ada banyak sekali manfaat sarang semut untuk kesehatan, tetapi tidak akan ada gunanya bila tidak tau cara mengolahnya.

Walaupun sekarang sudah ada beberapa sarang semut yang dijual dalam kemasan teh atau tablet ekstrak sarang semut, tetapi masih banyak sekali sarang semut yang umumnya masih dijual dalam bentuk irisan atau serbuk.

Jika masih dalam bentuk irisan, cara mengolahnya adalah dengan memotong kecil-kecil menggunakan tangan, dan masukan ke dalam blender. Setelah selesai diblender, giling dan tumbuk sampai halus.

Untuk memasak, dianjurkan agar Anda menggunakan panci stainless steel atau panci tanah liat. Alasannya adalah karena logam dari panci aluminium sering terkikis dan bisa tercampur kedalam ramuan. Ini berbahaya untuk kesehatan dan akan mengurangi keampuhan dari sarang semut.

Berikut ini adalah cara memasak dan mengolahnya:

  1. Siapkan panci dan rebus satu sendok makan (kurang lebih 10 gram) sarang semut dengan dua gelas air.
  2. Tunggu sampai mendidih hingga warna air mirip dengan warna teh.
  3. Kecilkan api dan aduk ramuan sesekali.
  4. Tunggu hingga 15 menit, 2 gelas air tersebut akan hanya tersisa 1 gelas.
  5. Diamkan hasil ramuan hingga dingin.
  6. Saring keluar air hasil rebusan tersebut, dan ramuan tersebut sudah siap diminum.
Baca Juga:
14 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Aturan minum obat herbal sarang semut yaitu:

  • Untuk pencegahan, minumlah 3 gelas setiap hari, pagi, siang, malam
  • Untuk penyembuhan, minumlah 3 sampai 8 gelas setiap hari yang dapat diminum setiap saat sampai penyakit sembuh

Takaran dosis bagi anak-anak di usia 10 tahun berbeda dengan takaran orang dewasa:

  • Untuk pencegahan, minumlah secara teratur 1 sampai 2 gelas seminggu
  • Untuk penyembuhan, minumlah 2 sampai 3 gelas yang sebaiknya dilakukan pagi, siang, dan malam

4 Alasan Mengapa Sarang Semut Sangat Efektif Sebagai Pengobatan Herbal

Kandungan Sarang Semut

Rahasia sarang semut dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit terdapat pada kandungan zat yang dimilikinya. Sarang semut memiliki berbagai macam senyawa yang terus berperan aktif dalam menyembuhkan penyakit.

Zat-zat berikut ini adalah alasan di balik banyaknya manfaat sarang semut untuk kesehatan.

  1. Polifenol

Zat polifenol memiliki peran sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Polifenol dapat mengurangi kadar tinggi dalam darah, dan menghilangkan radikal bebas. Kandungan ini dapat mengurangi risiko terjangkitnya penyakit jantung, dan kanker.

Beberapa penelitian juga menyimpulkan bahwa senyawa ini dapat mengurangi resiko penyakit Alzheimer’s.

  1. Tokoferol

Tokoferol lebih dikenal oleh orang-orang dengan sebutan vitamin E, dan memiliki sifat antioksidan alami. Zat ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi rasa lelah, dan dapat mengobati penyakit-penyakit seperti kencing manis, dan penyakit jantung.

  1. Flavonoid

Flavonoid dapat meningkatkan efektivitas vitamin C pada tubuh. Seperti yang Anda ketahui, vitamin C memiliki sifat antioksidan yang berfungsi meningkatkan kekebalan dan resistensi tubuh terhadap penyakit.

Zat flavonoid itu sendiri juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, yaitu, kanker, melemahkan virus HIV, mengobati asma, diabetes, migrain, dan banyak lainnya.

  1.  Tanin (Tannin)

Tanin adalah suatu senyawa yang terdapat pada tumbuhan. Kandungan tanin bekerja untuk mengendapkan protein, asam amino, dan alkaloid berlebih pada tubuh.

Baca Juga:
9 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Cepat, dan Mudah

Zat ini bersifat pahit dan kelat, dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diare, wasir, dan hemostatik.

Efek Samping dan Harga Sarang Semut

Walaupun memiliki banyak sekali manfaat, tetapi tetap ada efek samping sarang semut bagi tubuh manusia. Beberapa efek samping sarang semut adalah badan terasa panas, turunnya sel darah merah dalam tubuh, dan turunnya kadar gula dalam tubuh.

Selain berkhasiat untuk kesehatan, para wanita juga dapat merasakan manfaat sarang semut untuk kecantikan. Beberapa manfaat sarang semut untuk kecantikan adalah: dapat menghaluskan kulit, membuat kulit lebih kencang dan terlihat awet muda.

Jika Anda memang ingin mencoba pengobatan alami menggunakan sarang semut, sebaiknya pastikan bahwa barang yang Anda dapatkan adalah sarang semut Papua asli. Harga sarang semut Papua asli berkisar sekitar 100 ribu Rupiah per kilonya.

Sarang semut adalah rahasia pengobatan yang perlu diketahui semua orang. Dengan khasiat dan manfaat yang begitu banyak sangatlah aneh bahwa pengobatan tradisional ini masih belum terlalu dikenal di Indonesia.

Tumbuhan sarang semut adalah tumbuhan ajaib yang dapat menyembuhkan banyak penyakit, dan wajib diketahui oleh semua orang. Oleh karena itu, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda, agar semua orang bisa menikmati khasiat ajaib dari sarang semut.

***

Demikianlah artikel 10 Manfaat Sarang Semut Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 10 Manfaat Sarang Semut Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, silahkan tinggal komentar pada kotak komentar di bawah.

loading...

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • manfaat sarang semut
  • khasiat sarang semut
  • manfaat sarang semut papua
  • khasiat sarang semut papua
  • sarang semut
  • kegunaan sarang semut
  • kasiat sarang semut
  • manfaat sarang semut untuk wanita
  • https://www sayanda com/manfaat-sarang-semut/
  • sarang semut papua