10 Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Perekonomian Indonesia

Sayanda.com – 10 Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Perekonomian Indonesia.

Sebelum membahas apa saja manfaat perdagangan internasional ada baiknya bagi kita untuk mengetahui terlebih dulu apa yang dimaksud dengan perdagangan internasional.

Perdagangan internasional pada dasarnya adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk dari suatu negara dengan penduduk dari negara lain sesuai kesepakatan yang disepakati bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa individu maupun kelompok atau perusahaan.

Manfaat dari perdagangan internasional sendiri ada banyak dan bermacam-macam. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

loading...

 10 Manfaat Perdagangan Internasional Antar Negara dan Bagi Perekonomian Indonesia

Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Perekonomian Indonesia

  1. Menjalin Hubungan Antar Negara Menjadi Lebih Harmonis

Hubungan antar negara dapat menjadi lebih harmonis dengan dilakukan perdagangan internasional. Hal ini dikarenakan hubungan internasional dapat memberikan keuntungan bagi negara dalam bidang politik dan ekonomi.

Dalam bidang ekonomi dikarenakan dengan adanya perdagangan internasional, devisa negara akan meningkat…

… karena setiap barang yang keluar masuk dalam suatu negara atau dalam artian diperdagangkan antar negara akan dikenakan pajak bea cukai. Dari pajak ini suatu negara dapat membiayai perkembangan negara tersebut.

Dalam bidang politik, karena suatu negara menjalin suatu perdagangan ekspor dan impor, negara pengimpor akan mendapatkan keuntungan berupa barang yang tidak bisa diproduksi di dalam negeri dapat diperoleh, sedangkan bagi pengekspor akan mendapatkan keuntungan berupa pajak bea cukai negara akan meningkat.

Karena sama-sama mendapatkan keuntungan maka hubungan baik pun akan terjalin di antara dua negara tersebut.

Dengan begitu keuntungan bagi Indonesia adalah hubungan Indonesia dengan negara tetangga akan semakin terjalin dengan harmonis.

  1. Memenuhi Kebutuhan Suatu Negara

Di dalam suatu negara terkadang ada beberapa barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara tersebut…

…ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil produksi suatu negara antara lain kondisi geografi, kondisi cuaca, iklim dan tingkatan iptek yang dikuasai oleh sumber daya manusia dari suatu negara.

Sebagai contoh, negara Jepang dapat memproduksi sendiri mobil yang sangat dibutuhkan oleh Indonesia yang sampai saat ini belum bisa memproduksi mobil sendiri. Lalu negara Indonesia adalah salah satu penghasil hasil pertanian terbesar di dunia.

Pada akhirnya negara Jepang dan Indonesia saling melakukan perdagangan internasional untuk memenuhi kebutuhan negaranya.

Indonesia mendapatkan mobil dan Jepang mendapatkan hasil pertanian untuk memenuhi kebutuhan warganya.

Dengan begitu keuntungan bagi Indonesia adalah mendapatkan barang dan jasa yang masih belum dapat diproduksi oleh Indonesia.

  1. Memperoleh Keuntungan Dari Spesialisasi Barang

Yang dimaksud disini adalah terkadang beberapa negara memproduksi barang yang sama. Misalkan saja Jepang memproduksi sepeda motor begitu pula dengan India yang juga memproduksi sepeda motor…

…tetapi karena kualitas dan kehandalan sepeda motor produksi Jepang lebih baik dari produksi India maka Jepang mendapatkan spesialisasi sebagai produsen sepeda motor.

Hal ini yang menyebabkan Indonesia lebih memilih mengimpor sepeda motor produksi Jepang daripada memilih untuk mengimpor sepeda motor produksi India atau memproduksi sepeda motor sendiri di dalam negeri.

  1. Memperluas Pasar

Banyak dari pengusaha dan produsen di dalam negeri yang tidak memaksimalkan kinerja dari mesin-mesin produksi maupun karyawan-karyawannya dikarenakan mereka takut akan terjadi kelebihan produksi yang pada akhirnya berakibat pada turunnya harga produk mereka.

Dengan diberlakukannya perdagangan internasional maka pasar yang dapat dirambah oleh para produsen akan semakin luas…

…mereka dapat menjual produk mereka ke luar negeri untuk mendapatkan perluasan pasar dan mendapatkan keuntungan yang semakin besar.

  1. Menambah Keuntungan dan Devisa

Masih hampir sama dengan manfaat pertama, dengan diberlakukannya perdagangan internasional maka para produsen dan pengusaha dapat memaksimalkan proses produksi mereka. Mesin-mesin produksi dan kinerja karyawan pun dapat dimaksimalkan karena semua produk yang dihasilkan dapat dipasarkan hingga ke luar negeri, tidak hanya diperdagangkan dalam pasar lokal di dalam negeri.

Para produsen akan berlomba untuk menghasilkan produk sebanyak mungkin karena jika produk yang dihasilkan banyak maka keuntungan yang akan dihasilkan juga pasti meningkat.

Mereka juga tidak perlu cemas harga produk akan menurun karena dengan adanya perdagangan internasional pasar mereka sudah berkembang ke tingkat global.

Manfaat Perdagangan Internasional Antar Negara

  1. Transfer Teknologi Modern

Dengan menjalankan perdagangan internasional memungkinkan produsen atau pengusaha untuk mempelajari teknik produksi yang lebih modern dan efisien dari suatu negara untuk ditiru dan diterapkan di dalam negeri.

Selain itu para pengusaha juga dapat mempelajari strategi yang dilakukan oleh para pengusaha luar negeri.

Cara-cara manajemen perusahaan yang ada di luar negeri yang biasanya lebih modern dapat juga diterapkan di dalam negeri untuk lebih memajukan proses produksi menjadi lebih optimal.

  1. Menambah Lapangan Pekerjaan

Dengan dilakukannya perdagangan internasional maka tingkat produksi dari suatu perusahaan akan meningkat.

Meningkatnya proses produksi dapat dipastikan akan berdampak ke peningkatan jumlah sumber daya manusia yang dibutuhkan.

Dengan begini dapat dipastikan bahwa perusahaan akan menyerap tenaga kerja lebih banyak dan memberi lapangan pekerjaan yang lebih luas dan beragam bagi masyarakat Indonesia.

Angka pengangguran di Indonesia akan menurun akibat dari perdangan internasional.

  1. Mencegah Terjadinya Krisis

Perdagangan internasional memiliki satu manfaat untuk mencegah terjadinya krisis yang melanda suatu negara.

Sebagai contoh jika suatu saat Indonesia sedang mengalami krisis pangan karena gagal panen padi yang terjadi dalam skala besar-besaran maka negara lain dapat mengekspor beras ke Indonesia dan membantu Indonesia untuk mencegah terjadinya krisis bahan pangan yang akan melanda negara Indonesia.

  1. Mendapatkan Barang Dengan Harga Lebih Murah

Melalui perdagangan internasional Indonesia dapat mengambil keuntungan dengan cara mengimpor barang-barang yang harganya lebih murah daripada biaya yang dihasilkan dengan cara memproduksi sendiri di dalam negeri.

Barang-barang dari China biasanya dijual dengan harga yang murah dengan kuantitas besar.

Indonesia dapat melakukan transaksi dengan negara China untuk mendapatkan suplai barang-barang murah yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri atau jika diproduksi di dalam negeri akan menghabiskan biaya yang sangat tinggi.

Contoh barang-barangnya adalah seperti elektronik, pakaian, dan lainnya.

  1. Mendorong Kegiatan Ekonomi dalam Negeri

Dengan dibukanya perdagangan internasional maka dapat dipastikan proses produksi akan meningkat tajam dan ini sangat baik untuk para produsen atau pengusaha yang ada di Indonesia untuk menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya.

Banyak sektor yang harus dikembangkan saat proses produksi meningkat seperti sektor penyimpanan, pengangkutan, periklanan, pengepakan dan lain-lain.

***

Sebagai negara yang sedang berkembang maka perdagangan internasional antar negara adalah salah satu jalan untuk menuju kemakmuran bagi warganya.

Karena dengan diberlakukannya perdagangan internasional maka hampir semua kebutuhan negara dapat tercukupi hanya dengan melakukan hubungan perdagangan dengan produsen dari negara lain.

Indonesia sebagai negara yang memiliki hasil bumi melimpah dengan adanya perdagangan internasional akan mendapatkan banyak sekali keuntungan seperti pajak bea cukai yang meningkat, ekspor yang meningkat, devisa negara akan melonjak tajam dan Indonesia juga akan terhindar dari berbagai macam krisis yang mungkin akan mengancam kehidupan rakyatnya.

***

Demikianlah artikel 10 Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Perekonomian Indonesia.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel manfaat perdagangan internasional, jangan sungkan bertanya.

loading...

Sumber:

Leave a Reply

Tidak mau ketinggalan update dari blog Sayanda?
Segera daftarkan email Anda! Gratis!

Berlangganan ke dengan blog Sayanda dan dapatkan artikel serta update menarik langsung ke inbox email Anda. GRATIS!