10 Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh Yang Wajib Diketahui Semua Orang

Sayanda.com – 10 Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Tubuh.

Berenang adalah salah satu olahraga yang paling digemari orang-orang. Oleh karena itu, banyak keluarga yang pergi berenang untuk mengisi aktivitas dan berekreasi.

Selain menyenangkan ternyata berenang juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Bagi Anda yang gemar berenang, bersyukurlah karena olahraga yang satu ini bisa dikatakan salah satu olahraga yang paling bermanfaat untuk tubuh.

Berikut ini akan kami berikan 10 manfaat olahraga renang yang jarang diketahui orang.

loading...

10 Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh

  1. Melatih Pernafasan

Tingkat kelembaban udara pada kolam renang jauh lebih tinggi dibandingkan tempat lainnya. Tingginya kelembaban pada kolam renang membuat orang-orang lebih mudah untuk bernafas, dan ini bagus bagi penderita asma. Penelitian-penelitian telah mengemukakan bahwa berenang dengan rutin sangat bermanfaat bagi penderita asma, dan akan mengurangi gejala-gejala asma bahkan setelah berhenti melakukan rutinitas tersebut.

Berenang bukan hanya bermanfaat bagi penderita asma tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan volume paru-paru Anda, dan bisa juga membantu teknik-teknik pernafasan untuk olahraga lainnya (seperti mengangkat beban atau berlari).

  1. Melatih Fleksibilitas Tubuh

Mesin-mesin pada tempat fitness atau gym, biasanya hanya berfungsi untuk daerah tertentu dari tubuh, tetapi berenang memungkinkan Anda untuk menggunakan seluruh bagian tubuh secara sekaligus.

Gaya renang umumnya mengharuskan Anda untuk melakukan gerakan tangan dan kaki yang lebar, hal inilah yang akan melatih fleksibilitas tubuh Anda.

  1.  Menenangkan Mental dan Mengurangi Stress

Olahraga renang dapat meningkatkan endorfin dalam tubuh yang berkhasiat untuk meningkatkan perasaan rileks (relax) dan mengurangi stress.

Penelitian telah menemukan bahwa berenang dapat memberikan efek ‘relaksasi’ yang sama seperti yoga. Gaya renang juga memerlukan gerakan-gerakan lebar yang sama halnya seperti yoga.

Tidak hanya berguna untuk meningkatkan endorfin, olahraga ini juga dapat digunakan sebagai media meditasi.

  1. Dapat Berolahraga Lebih Lama Tanpa Merasa Nyeri Otot

Karena massa pada air lebih besar daripada massa udara, Anda akan merasakan bahwa tubuh Anda lebih ringan sewaktu berada di dalam air. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa olahraga renang menjadi rekomendasi para dokter untuk orang-orang yang memiliki cedera otot dan kegemukan.

Olahraga renang bisa menjadi sarana terapi untuk otot-otot yang sedang cedera tanpa mengakibatkan cedera lebih lanjut.

Berenang juga adalah salah satu olahraga yang sewaktu dilakukan tidak menyebabkan rasa nyeri pada otot (seperti sewaktu mengangkat beban). Kalau Anda bisa berenang di kolam air hangat, efeknya akan lebih baik, karena rasa panas pada air akan melonggarkan sendi dan otot yang akan membantu mencegah cedera sewaktu berolahraga.

  1. Membentuk dan Menguatkan Otot

Karena air 12 kali lebih padat dibandingkan udara, berenang adalah olahraga yang sangat efektif untuk membentuk otot Anda. Dengan berenang, Anda dapat melakukan latihan kardio dan membentuk otot pada saat yang bersamaan. Berenang memberikan efek yang sama seperti sewaktu mengangkat beban di tempat fitness.

Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa berenang dapat bermanfaat untuk menguatkan tulang, terutama bagi wanita pada pasca menopause. Manfaat Renang Bagi Tubuh

  1. Baik Untuk Jantung

Sama halnya seperti olahraga pada umumnya, berenang juga tergolong sebagai latihan aerobik yang berfungsi untuk memperkuat jantung. Olahraga bisa membuat jantung lebih efisien dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Asosiasi jantung di Amerika Serikat, American Heart Association menemukan bahwa berenang 30 menit setiap harinya dapat mengurangi terjangkitnya jantung koroner hingga 30 sampai 40%.

  1. Menurunkan Berat Badan

Untuk beberapa alasan, orang-orang berpikir bahwa berenang lebih susah menurunkan berat badan dibandingkan olahraga lainnya. Mereka berpikir karena suhu air memiliki suhu lebih rendah dibandingkan suhu udara, maka lebih susah untuk membakar kalori tubuh. Tetapi penelitian telah menunjukan bahwa berenang adalah salah satu olahraga yang membakar kalori paling banyak, dan sangat bagus untuk mengurangi berat badan.

Ketika berenang secara konsisten selama 10 menit non-stop, gaya dada dapat membakar 60 kalori, gaya bebas dapat membakar 100 kalori, dan gaya kupu-kupu dapat membakar 150 kalori (angka bervariatif tergantung dari intensitas Anda).

Anda yang ingin melakukan diet bisa memilih berenang untuk membakar kalori tubuh.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol “Jahat”

Renang telah terbukti dapat menjaga keseimbangan kolesterol “baik” dan kolesterol “jahat” dalam tubuh. Olahraga ini dapat meningkatkan kolesterol “baik”, dan menurunkan tingkat kolesterol “jahat” dalam tubuh. Untuk setiap kenaikan 1% dari jumlah kolesterol “baik” Anda dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 3.5%.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Sebuah penelitian menemukan bahwa risiko terjangkitnya penyakit diabetes turun sebanyak 6% untuk setiap 500 kalori yang dibakar melalui olahraga setiap minggunya.

Hanya dengan berenang menggunakan gaya bebas selama 20 menit 3x seminggu, Anda sudah menurunkan risiko penyakit diabetes sebanyak 6%. Menurut asosiasi diabetes di Amerika Serikat, American Diabetes Association, penderita diabetes wajib melakukan 150 menit olahraga setiap minggunya.

  1. Memberikan Umur Panjang

Para peniliti pada University of South Carolina melakukan sebuah penelitian kepada 40.000 orang umur 20 sampai 90 tahun. Penelitian ini mengemukakan bahwa orang-orang yang aktif berenang memiliki tingkat kematian 50% di bawah orang-orang yang jarang berolahraga.

Para peneliti juga menyebutkan efek ini tidak terbatas jenis kelamin yang dimiliki, yang berarti bermanfaat bagi semua kaum pria maupun wanita.

***

Memang betul, olahraga-olahraga selain berenang juga memiliki manfaat yang hampir sama dengan yang saya berikan di atas, tetapi bukankah berenang sangat menyenangkan?

Jadinya pilihlah olahraga berenang, selain menyenangkan untuk dilakukan, juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, bukan hanya orang dewasa saja, bayi dan ibu hamil juga bisa menikmati manfaat-manfaat yang diberikan oleh olahraga ini.

***

Demikianlah artikel 10 Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Tubuh dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar manfaat renang, jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

loading...

Sumber:

Leave a Reply

Tidak mau ketinggalan update dari blog Sayanda?
Segera daftarkan email Anda! Gratis!

Berlangganan ke dengan blog Sayanda dan dapatkan artikel serta update menarik langsung ke inbox email Anda. GRATIS!