7 Manfaat Minyak Zaitun – Harga, Kandungan, Efek Samping

Manfaat Minyak Zaitun Sayanda.com – 7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan – Tahukah Anda bahwa minyak zaitun jauh lebih baik daripada minyak jenis lainnya?

Banyak orang Indonesia yang belum mengenal baik apa itu minyak zaitun. Minyak zaitun atau yang biasa disebut dengan olive oil adalah minyak yang berasal dari buah zaitun. Buah tersebut berasal dari wilayah Mediterania di sekitar laut tengah.

Minyak zaitun dipercaya mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi (polifenol dan asam oleat).

Khasiat minyak zaitun bermacam-macam, baik untuk kulit, rambut, maupun kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut informasi yang lebih lengkap mengenai kegunaan minyak zaitun bagi tubuh manusia.

7 Khasiat Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tubuh SegarMinyak zaitun dipercaya dapat membantu Anda untuk hidup lebih sehat.

Minyak ini dipercaya mampu mencegah bermacam-macam jenis penyakit. Mulai dari penyakit jantung, diabetes, hingga penyakit kanker yang selama ini menjadi momok menakutkan bagi manusia.

Antioksidan dalam minyak zaitun mampu menghambat terjadinya timbunan lemak dan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung.

Zat oleocanthal di dalamnya, juga digunakan untuk membunuh sel kanker.

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi minyak zaitun akan membantu menurunkan kadar gula darah, serta membagikan glukosa secara merata ke dalam darah.

Tidak hanya itu, minyak zaitun juga bersifat anti-inflamasi, yaitu mampu mencegah infeksi, mempercepat penyembuhan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

PintarPernahkah Anda menonton film Warkop DKI berjudul IQ Jongkok? Tentunya Anda tidak ingin putra putri Anda ber-IQ seperti judul film itu, haha..

Minyak zaitun baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena membantu perkembangan sel otak janin. Setelah lahir, manfaat minyak zaitun untuk bayi juga bisa dirasakan dengan mengkonsumsinya secara langsung.

Minyak biasa mengandung banyak lemak jahat. Sedangkan minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh yang membantu untuk melindungi sel saraf otak.

Minyak zaitun mengandung zat polifenol yang dapat memperlancar sirkulasi darah ke otak. Karenanya, minyak zaitun disebut baik untuk kecerdasan otak, mencegah alzheimer dan meningkatkan daya ingat.

  1. Kosmetik Alami

Cara Memutihkan Kulit Wajah

Kecantikan wanita terpancar dari kulit wajahnya.

Baca Juga:  10 Manfaat Habbatussauda (Jintan Hitam) Untuk Kesehatan

Minyak zaitun melindungi dan merawat kulit wajah lewat nutrisi asam oleat dan vitamin E yang terkandung di dalamnya. Mengoleskan minyak zaitun pada jerawat setiap harinya dapat membantu menghilangkan jerawat.

Campuran minyak zaitun dan bubuk cendana akan mengurangi minyak di wajah. Gunakan kedua bahan tersebut sebagai masker wajah dan bersihkan setelah 15 menit.

Kulit mudah menjadi kusam dan kering akibat radiasi sinar UV, kotoran, bakteri, dan sebagainya. Untuk mengatasi kulit rusak tersebut, gunakanlah minyak zaitun dengan membalurkannya pada wajah setiap pagi dan sebelum tidur.

Bibir juga akan lebih indah jika dilumuri dengan kombinasi satu sendok makan gula dan minyak zaitun.

Tidak hanya itu, minyak zaitun juga bisa dipakai untuk menghapus kosmetik yang tersemat di wajah Anda.

… tetapi perlu diwaspadai bahwa perawatan wajah menggunakan minyak zaitun tidak cocok bagi Anda yang memiliki kulit berminyak.

  1. Perawatan Rambut

Rambut SehatMinyak zaitun juga berguna untuk memelihara kesehatan rambut. Kandungan vitamin D dan E yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuatnya.

Rambut rontok, berketombe, kering, kusam, dan kaku juga bisa diatasi dengan minyak zaitun.

Caranya mudah, oleskan minyak zaitun secukupnya sebelum tidur. Lalu pijat dan ratakan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Kemudian tutupi rambut dengan handuk. Sekitar 15 menit kemudian, bilaslah sampai bersih.

  1. Menurunkan Berat Badan

DietIngin tubuh langsing? Mulai sekarang gantilah minyak goreng Anda dengan minyak zaitun.

Jangan lupa, pola makan juga harus diatur.

Jika Anda sudah terlanjur gemuk, rutin mengkonsumsi dua sendok makan minyak zaitun setiap hari akan membantu menurunkan berat badan Anda.

Khasiat minyak zaitun telah dikenal luas mampu mengurangi kadar kolesterol. Dalam minyak zaitun terdapat lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.

Selain itu, mengkonsumsi minyak zaitun membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama.

  1. Memperkuat Tulang

Memperkuat TulangTahukah Anda bahwa orang Yunani memiliki tulang yang lebih kuat daripada penduduk Amerika Serikat? Kasus patah tulang dan osteoporosis jarang ditemui di Yunani karena mereka mengkonsumsi minyak zaitun sebagai makanan sehari-hari.

Minyak zaitun murni kaya akan zat fenol yang berfungsi mencegah tulang keropos dan meningkatkan pembentukan sel tulang.

  1. Mengobati Luka

Mengobati LukaSejak zaman dulu, orang-orang telah menggunakan minyak zaitun untuk memenuhi asupan nutrisi kulitnya.

Baca Juga:  12 Manfaat Putih Telur Untuk Kecantikan Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Selain baik untuk kesehatan kulit, minyak zaitun dapat diguakan untuk menyembuhkan luka luar. Mengoleskan minyak zaitun pada luka bakar, lecet, luka sobek, dan bekas luka dapat mempercepat proses penyembuhan.

Jika Anda ada bagian kulit yang memiliki luka bakar, segera teteskan minyak zaitun pada luka dan ratakan dengan kapas. Untuk luka bakar yang parah, minum minyak zaitun  secara langsung  juga dapat membantu agar luka cepat sembuh.

Kandungan Minyak Zaitun

Kandungan Minyak Zaitun

www.medicalnewstoday.com

Untuk mengetahui alasan dibalik begitu banyaknya manfaat minyak zaitun, Anda harus mengetahui kandungannya. Berikut adalah perincian nilai gizi minyak zaitun per 100 gram.

  • Energi – 3701 kJ (885 kcal)
  • Karbohidrat – 0 g
  • Protein – 0 g
  • Lemak – 100 g.
    – Jenuh (14 g)
    – Tak jenuh ganda (11 g)
    – Tak jenuh tunggal (73 g)
    – Omega-3 lemak (<1,5 g)
    – Omega-6 lemak (3,5 – 21 g)
  • Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian orang dewasa)
  • Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian orang dewasa)

Efek Samping Minyak Zaitun

Efek Samping Minyak Zaitun

http://cretalicious.gr

Selain memiliki manfaat, minyak zaitun memiliki efek samping jika salah dalam penggunaannya. Sebelum mengkonsumsinya, Anda wajib mengetahui efek samping dan bahaya minyak zaitun berikut ini:

  1. Tidak Baik Untuk Kulit Berminyak

Bagi orang yang memiliki jenis kulit berminyak, mengkonsumsi minyak zaitun dapat memperparah kondisi kulit tersebut. Sejatinya, minyak zaitun cocok untuk digunakan sebagai pelembab alami pada orang yang memiliki kulit kering.

  1. Menyebabkan Komedo dan Jerawat

Minyak zaitun berfungsi untuk memperlembab lapisan kulit kering. Penggunaan minyak zaitun pada jenis kulit sensitif dapat membuat kotoran, debu, dan kulit mati terjebak pada lapisan pori-pori kulit wajah sehingga berdampak pada tumbuhnya komedo dan jerawat.

  1. Alergi

Walaupun jarang, ternyata ada beberapa orang yang alergi terhadap minyak zaitun. Jika tidak tahu apakah Anda adalah salah satu di antara mereka, selalu waspada akan reaksi alergi yang bisa terjadi sewaktu mengkonsumsi minyak zaitun.

Jika timbul reaksi-reaksi tidak wajar seperti kulit kemerahan, kulit terasa gatal, atau suhu tubuh naik, segera konstultasikan ke dokter.

Harga Minyak Zaitun di Indonesia

Harga Minyak Zaitun

www.stylecraze.com

Walaupun lebih mahal sedikit dari minyak goreng biasa, tetapi mengkonsumsi minyak zaitun jauh lebih baik untuk kesehatan.

Baca Juga:  7 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut adalah perincian harganya:

  1. Olearum Extra Virgin 250ml: Rp 79.200,-
  2. Extra Virgin Oil Medina 350ml: Rp 72.000,-
  3. Extra Virgin Palestin 100 Kapsul (1 botol): Rp 49.900,-
  4. Extra Virgin Palestin 100 Kapsul (2 botol): Rp 92.000,-
  5. Medina (Extra Virgin Tursina): Rp 71.000,-
  6. Afra Extra Virgin (Kemasan Eksklusif): Rp 64.000,-
  7. Mustika Ratu 75ml: Rp 49.900,-
  8. Mustika Ratu 175ml: Rp 69.900,-
  9. Herborist 150ml: Rp 66.000,-
  10. Le Riche 300ml: Rp 129.000,-
  11. Extra Virgin Al Arobi Albany 60ml: Rp 33.000,-
  12. Beksul Olive Oil Extra Virgin 500ml: Rp 175.000,-
  13. Tursyna / Tursina 60 Kapsul: Rp 36.000,-
  14. Tursyna 60ml: Rp 32.000,-
  15. Al Amin 250ml: Rp 83.000,-
  16. Sasso 175ml: Rp 57.000,-
  17. Innolife 150 Kapsul: Rp 75.500,-
  18. Sari Ayu 25ml: Rp 44.000,-
  19. Jadied 60ml: Rp 35.700,-
  20. Nabawi 175ml: Rp 61.000,-

Anda wajib berhati-hati dengan barang palsu yang mulai beredar di Indonesia. Jangan tergoda akan barang yang harganya murah, selalu ingat untuk mengkonsumsi minyak zaitun asli.

Selain manfaat dan khasiat di atas sebenarnya masih banyak kegunaan minyak zaitun untuk kesehatan tubuh kita. Meski harganya mahal, harga tersebut masih sebanding dengan banyaknya manfaat yang diperoleh dari minyak zaitun.

Khasiat minyak zaitun dapat diperoleh secara langsung dengan mengkonsumsinya. Biasanya minyak zaitun digunakan sebagai campuran makanan, seperti salad atau sayuran rebus.

Hindarilah menggoreng menggunakan minyak zaitun, karena asam lemak tak jenuh bisa berbahaya jika cukup lama terkena panas. Cukup gunakan minyak zaitun untuk menumis saja.

Sssttt!!

Ada mitos yang mengatakan bahwa mengoleskan minyak zaitun pada payudara wanita bermanfaat untuk membesarkan ukuran payudara.

Apakah sahabat Sayanda tertarik untuk mencobanya?

***

Demikianlah artikel 7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan; jangan sungkan bertanya.

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • efek samping extra virgin olive oil
  • Minyak Zaitun Olearum Extra Virgin
  • minyak zaitun untuk luka lecet
  • efek samping minyak zaitun oil
  • efek samping minyak zaitun mustika ratu untuk wajah
  • Efek samping minyak zaitun
  • efek samping ekstrak virgin oil zaitun untuk payudara
  • cara mengatasi alergi minyak zaitun extra virgin
  • reaksi menggunakan minyak zaitun mustika ratu
  • branded minyak zaitun anti inflamasi
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.