7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Kunyit Sayanda.com – 7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehtan – Kunyit atau yang juga disebut dengan kunir merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat.

Menurut penelitian, orang-orang di negara India dan Sri Lanka telah lama mengetahui manfaat rempah berwarna kuning ini. Bagi mereka, kunyit bukanlah sekadar penyedap rasa pada masakan saja.

Manfaat kunyit sudah diketahui sejak beberapa abad silam, karena kandungan sebuah zat yang bernama curcumin. Menurut penelitian, curcumin merupakan zat yang kaya akan manfaat dan khasiat. Curcumin telah terbukti dapat membantu mencegah bahkan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Salah satu manfaat curcumin yang paling banyak diteliti adalah kemampuannya untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini didukung dengan data dari WHO yang menyebutkan bahwa tingkat penderita kanker di India lebih rendah dibandingkan negara-negara maju seperti Amerika Serikat.

Inilah mengapa para ilmuwan tidak pernah bosan meneliti kunyit.

Selain dapat mencegah kanker, ternyata kunyit memiliki banyak manfaat dan khasiat lainnya bagi tubuh manusia.

Menurut sebuah pengakuan hebat dari seorang wanita di Inggris, ternyata terdapat banyak manfaat minum air kunyit setiap pagi hari yang dilakukannya selama 1 tahun penuh. Wanita asal Inggris tersebut kini memiliki tubuh sehat, sistem pencernaan yang baik, dan terbebas dari penyakit arthritis yang dideritanya.

Orang Indonesia sendiri juga percaya akan berbagai macam khasiat dari kunir sendiri, dan di antaranya adalah: manfaat kunyit untuk kesehatan rahim, maag, wajah, kecantikan, dan jerawat.

Berikut merupakan 7 manfaat kunyit bagi kesehatan yang sudah terbukti ampuh:

Khasiat Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Menghaluskan Kulit dan Menghilangkan Jerawat

Kulit CerahKandungan curcumin pada kunyit membantu melancarkan peredaran darah dan mempercepat regenerasi kulit. Untuk menghilangkan jerawat, ada dua cara yang bisa Anda lakukan yaitu: dengan meminum sari kunyit yang dicampur garam dan gula jawa, atau menumbuk kunyit dan melumurkannya pada bagian wajah yang berjerawat.

Baca Juga:  11 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Jika Anda tidak ingin repot, jangan khawatir!

Kini, beberapa perusahaan kosmetik telah menambahkan ekstrak kunyit dan madu pada bahan pembuatan kosmetik mereka.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan bubuk kunyit dengan mudah di pasaran. Bukan hanya bubuk, saat ini ekstrak kunyit + madu juga ada yang berbentuk kapsul dan pasta.

Jadi, kalau Anda ingin memiliki kulit halus dan bebas jerawat, mengkonsumsi kunyit secara rutin adalah solusi alami, murah meriah, dan tanpa efek samping.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit KankerSeperti yang sudah disebutkan di atas, menurut penelitian, kunyit diketahui dapat membantu mencegah penyakit kanker. Setidaknya 30 penelitian membuktikan bahwa curcumin pada kunyit merupakan zat yang dapat membantu mencegah kanker.

Seorang ahli penyakit kanker bernama Ralph W. Moss berpendapat bahwa kunyit adalah zat anti inflamasi alami.

Rempah berwarna kuning ini dapat menghambat pertumbuhan zat asing dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Kunyit juga bekerja sebagai antioksidan yang dapat mencegah zat-zat berbahaya masuk ke dalam tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Dementia dan Alzheimer’s

Alzheimer'sMenurut penelitian, kandungan curcumin pada kunyit dapat bekerja sebagai antioksidan dan anti inflamasi yang memecah plak amyloid pada otak.

Plak amyloid merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit Alzheimer’s dan Dementia. Plak ini dapat menyebabkan penyumbatan pada otak, dan membuat otak tidak mampu berfungsi maksimal.

Hal inilah yang membuat seseorang mudah terserang penyakit Alzheimer’s dan Dementia.

Sebagai pencegahan, Anda dapat secara rutin mengkonsumsi ekstra kunyit. Anda juga dapat menambahkan sedikit bubuk kunyit dalam setiap masakan.

Selain menyehatkan, kunyit juga merupakan penyedap makanan alami yang baik bagi tubuh.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

JantungMenurut penelitian, ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama munculnya penyakit jantung dan stroke. Di antaranya adalah: tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, penumpukan LDL (kolesterol jahat) pada darah, dan penyumbatan arteri karena penumpukan plak atherosclerosis.

Selain mengandung zat anti inflamasi dan antioksidan, kandungan curcumin pada kunyit diketahui dapat mengurangi kadar kolesterol, mencegah penumpukan LDL, dan meruntuhkan plak atherosclerosis.

Inilah yang membuat kunyit dikenal sebagai salah satu  rempah yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

DietPara ilmuwan yang sudah meneliti kunyit selama bertahun-tahun percaya bahwa kandungan curcumin pada kunyit dapat merangsang kantung empedu untuk menghasilkan empedu.

Baca Juga:  12 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Empedu adalah zat yang dihasilkan organ hati untuk membantu mencerna lemak pada tubuh manusia dan membantu mengendalikan berat badan.

Selain curcumin, kunyit juga mengandung minyak asiri yang dapat membantu mengurangi gerakan usus yang kuat. Kandungan ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko diare.

  1. Menambah Darah

Peredaran DarahKunyit tidak selalu tentang curcumin. Pada kunyit juga terdapat zat besi dan mineral.

Zat ini terbukti dapat menambah darah dan mengurangi risiko terserang penyakit anemia.

Tidak heran, pada zaman dulu nenek moyang kita selalu membuat jamu dari kunyit, dan memberikannya pada perempuan yang sedang datang bulan atau baru melahirkan.

Pada saat melahirkan, perempuan akan kehilangan banyak darah dan mineral dalam tubuh.

  1. Menyembuhkan Luka dan Mencegah Infeksi

Mengobati LukaCurcumin pada kunyit tidak pernah berhenti membuat kita kagum. Selain berbagai khasiat yang telah disebutkan di atas, zat ini juga dikenal dapat mencegah bakteri tumbuh pada luka.

Curcumin juga dapat mempercepat proses regenerasi kulit sehingga luka akan cepat sembuh jika kita memberikan tumbukan kunyit di atasnya.

Itulah beragam khasiat manfaat kunyit bagi tubuh dan kesehatan manusia. Bagaimanapun lebih baik mencegah daripada mengobati. Dengan rajin mengkonsumsi kunyit, kita akan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat membahayakan tubuh.

Cara mengolah kunyit sebagai obat tradisional yang paling umum digunakan adalah dengan merebusnya dan menambahkan sedikit madu atau gula sebagai penambah rasa. Setelah mendidih, biarkan dingin dengan sendirinya, dan saring ampasnya keluar.

Rebusan air kunyit pun siap untuk dikonsumsi!

Tetapi ingat, kunyit memiliki efek samping yang berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak. Beberapa efek samping kunyit untuk kesehatan adalah: rasa panas pada lambung, membuat ibu hamil berkontraksi, dan menyebabkan pendarahan.

Jadinya, walaupun memiliki banyak khasiat, Anda hanya boleh mengkonsumsi kunyit dalam taraf wajar.

Selamat mencoba!

***

Demikianlah artikel 7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan; jangan sungkan untuk bertanya.

Sumber:

Baca Juga:  7 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah
Pencarian Masuk:
  • manfaat kunyit dayang sumbi
  • manfaat kunyit
  • efek samping dari zat cimcimin dalam kunyit
  • selama satu tahun minum kunyit
  • manfaat curcumin
  • Manfaat 7 macam kunyit
  • macam manfat kunyit
  • Khasiat minum kunyit dicampur garam untuk otak
  • kasiat curcumin
  • efek samping kunyit
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.