11 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Manfaat Kapulaga Sayanda.com – 11 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan – Emak-emak di belahan dunia manapun yang hobi memasak pasti kenal dengan rempah yang berbentuk biji ini.

Ya, kapulaga adalah bumbu dapur yang sering digunakan untuk masakan berkuah…

…Tapi jangan salah, biji kapulaga tidak hanya bisa membuat masakan jadi lezat, tapi juga punya banyak khasiat untuk kesehatan.

Tidak percaya? Ayo simak ulasan mengenai khasiat kapulaga berikut ini.

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Dengan kandungan gizinya yang begitu banyak, kapulaga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Penyakit KankerKapulaga memiliki banyak zat antioksidan dan anti-karsinogenik di dalamnya, sehingga memberikan hasil positif dalam menangkal kanker hingga 48%.

Kandungan fitokimia IC3 (indole-3-carbinol) dan DIM (diindolylmethane) yang dimiliki kapulaga memiliki manfaat menangkal kanker-kanker yang berhubungan dengan hormon, seperti kanker payudara, ovarium, dan prostat.

Zat antioksidan melimpah yang dikandung kapulaga juga bisa membantu melawan dampak radikal bebas yang dalam jangka panjang bisa memicu timbulnya kanker.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Sakit PerutMirip seperti jahe, kapulaga juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan.

Khasiat kapulaga untuk kesehatan perut ini tidak lepas dari kandungan minyak atsiri yang dimilikinya.

Sebagai pereda berbagai masalah pencernaan seperti sembelit atau disentri, biji kapulaga bisa dikonsumsi secara langsung, atau dicampurkan ke dalam masakan atau teh.

Aroma kapulaga juga bisa merangsang nafsu makan loh, ya iyalah ya, wong masakan jadi enak jika ditambahkan bumbu yang satu ini.

  1. Baik Untuk Kesehatan Darah

Peredaran DarahBerdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Nitte di Mangalore, India, didapatkan hasil bahwa kandungan minyak atsiri yang dimiliki kapulaga mampu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Baca Juga:  9 Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat kapulaga yang satu ini bisa digunakan untuk terapi gejala asma dan bronkitis, karena bisa meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru.

Khasiat kapulaga untuk kesehatan darah yang lain adalah mencegah terjadinya pembekuan darah dengan cara mencegah penempelan agregasi platelet pada dinding arteri. Pembekuan darah yang dibiarkan akan menghambat aliran darah yang pada akhirnya bisa merusak pembuluh darah dan organ-organ dalam.

Kapulaga juga mampu mengurangi tekanan darah sehingga baik untuk dikonsumsi penderita hipertensi.

  1. Mencegah Osteoporosis

OsteoporosisOsteoporosis adalah kondisi kualitas kepadatan tulang yang menurun dan sering terjadi pada orang-orang yang telah lanjut usia. Osteoporosis membuat tulang keropos dan rentan retak.

Biji kapulaga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, dan mangan yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis ini.

  1. Anti Depresan

Tubuh SegarMinyak esensial dari kapulaga sudah lama dimanfaatkan sebagai aromaterapi karena memiliki sifat anti depresan.

Selain dalam bentuk aromaterapi, kapulaga bubuk juga bisa ditambahkan ke dalam teh untuk memperbaiki suasana hati kamu yang galau habis ditolak gebetan.

  1. Pereda Nyeri (Analgesik)

NyeriSifat pereda nyeri yang dimiliki biji kapulaga sering dimanfaatkan untuk pengobatan kejang otot dan nyeri sendi.

Selain itu khasiat kapulaga juga ampuh untuk meredakan sakit gigi.

Nyeri tenggorokan juga dipercaya bisa berkurang jika berkumur menggunakan air rebusan kapulaga yang dicampur dengan kayu manis.

  1. Menetralisir Racun

DetoksifikasiKhasiat kapulaga sebagai penetralisir racun salah satunya adalah berkat sifat diuretik yang dimilikinya.

Manfaat kapulaga berikut ini membantu mencegah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih, contohnya seperti sistitis dan nefritis.

Sifat diuretik ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal karena membantu membuang limbah tubuh.

  1. Menyegarkan Napas

Napas BauKapulaga merupakan salah satu rempah yang efektif untuk mengatasi halitosis (bau mulut).

Jadi sebelum kamu pergi menghadap calon mertua, jangan lupa kunyah dulu satu atau dua biji kapulaga supaya calon mertua enggak ilfil sama kamu.

  1. Afrodisiak Alami

Afrodisiak WanitaNah kalau khasiat kapulaga yang ini khusus buat kamu yang sudah punya pasangan – yang jomblo minggir dulu.

Kandungan senyawa yang dimiliki oleh kapulaga diyakini memiliki sifat afrodisiak alami yang mampu meningkatkan gairah seksual.

Baca Juga:  11 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Berkat sifat afrodisiaknya ini, kapulaga juga sering digunakan sebagai obat impotensi dan ejakulasi dini oleh pria.

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol

KolesterolPara peneliti di India telah melakukan penelitian mengenai efek enzim antioksidan yang dimiliki kapulaga kepada tikus yang diberi makanan tinggi lemak.

Hasilnya, enzim antioksidan tersebut ternyata mampu mengontrol kadar kolesterol secara signifikan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh SehatKarena kandungan nutrisinya yang banyak, serta mampu melawan infeksi dan membuang racun di dalam tubuh, konsumsi kapulaga pun secara langsung berkhasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Antioksidan yang dikandungnya juga membantu melawan radikal bebas yang berpotensi menurunkan kualitas kesehatan.

Masih banyak manfaat kapulaga sebagai pengobatan tradisional yang lain, tapi memang belum cukup banyak penelitian lebih lanjut mengenai efisiensinya jika digunakan sebagai obat-obatan.

Harus diperhatikan juga penggunaan biji kapulaga dapat berinteraksi dengan obat-obat kimia lain jika dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan…

…Oleh karenanya, jika ingin mengkonsumsi kapulaga, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Salah-salah nanti pengobatan yang sedang kamu jalani malah berakibat fatal.

***

Demikianlah artikel 11 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan dari Sayanda.com. Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 11 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan; silahkan tinggalkan komentar.

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • kapolaga tidaj boleh dikonsumsi dgn abot apa
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.