14 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Sayanda.com – 14 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil.

Kacang hijau adalah salah bahan dasar makanan yang paling sering dikonsumsi di Indonesia.

Biasanya sebelum dikonsumsi, kacang hijau diolah terlebih dahulu menjadi berbagai makanan seperti bubur kacang hijau, es kacang hijau, puding kacang hijau, bakpao, dan banyak lainnya.

Tumbuhan ini termasuk ke dalam suku polong-polongan atau yang juga disebut sebagai fabaceae, yang berarti makanan ini mengandung protein nabati yang tinggi.

Kacang hijau sendiri menduduki posisi ketiga sebagai jenis kacang-kacangan yang paling sering dikonsumsi setelah kacang tanah dan kacang kedelai.

Berikut adalah beberapa khasiat kacang hijau untuk kesehatan:

loading...

14 Manfaat Kacang Hijau dan Kandungan Gizinya

Manfaat Kacang Hijau

via http://antiquitynow.files.wordpress.com

  1. Vitamin A

Di dalam kacang hijau juga terkandung vitamin A yang cukup tinggi.

Vitamin A dalam kacang hijau akan mempromosikan antioksidan sehat antara lain polifenol, flavonoid, lutein, zeaxanthin dan juga beta karoten yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Senyawa-senyawa ini akan menjaga dan melindungi tubuh Anda dari serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya melalui udara yang Anda hirup. Senyawa radikal bebas yang masuk adalah salah satu penyebab dari penuaan dini.

  1. Kaya Serat

Di dalam tiap 100 gram kacang hijau terkandung 9% serat, ini adalah nilai yang sangat tinggi.

Serat pangan berfungsi untuk melindungi selaput lendir pada usus besar dan akan membantu melancarkan buang air besar. Serat juga membantu untuk mengikat bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker usus besar.

Selain itu dengan memenuhi kebutuhan serat harian Anda juga akan menekan kadar kolesterol jahat di dalam darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik di dalam darah dengan begitu Anda akan terhindar dari penyakit-penyakit bahaya yang diakibatkan oleh penyumbatan kolesterol di dalam darah.

  1. Rendah Kalori

Di dalam 100 gram kacang hijau hanya terkandung 31 kalori dan 2.7 gram serat yang sangat baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

Apabila Anda ingin menjaga berat badan atau berencana ingin menurunkan berat badan, kacang hijau adalah salah satu pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kalori yang sehat.

Di dalam kacang hijau juga terandung 1.83 gram protein dan meskipun kacang hijau memiliki rasa yang cenderung manis namun di dalamnya hanya terdapat 3.26 gram gula alami dalam tiap 100 gramnya.

Kacang hijau adalah salah satu makanan yang aman dikonsumsi untuk para penderita diabetes.

  1. Mengandung Mineral Penting

Di dalam kacang hijau terkandung mineral penting yang sangat baik bagi kesehatan tubuh antara lain kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan juga kalium.

Mineral-mineral tersebut bermanfaat  untuk menjaga metabolisme tubuh.

Mangan adalah salah satu enzim di dalam antioksidan yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas. Sedang kalium adalah zat yang merupakan komponen penyusun yang penting dari sel dan juga cairan tubuh yang akan membantu mengatur detak jantung dan juga tekanan darah Anda.

  1. Zat Karotenoid

Di dalam kacang-kacangan terkandung sejumlah zeaxanthin dan karotenoid yang sangat tinggi, termasuk di dalam kacang hijau. Zat ini akan diserap oleh makula lutea retina di mata Anda dan akan bekerja sebagai penyaring sinar UV.

Dengan begini mengkonsumsi kacang hijau akan membantu melindungi mata dari penyakit makula yang biasanya menyerang orang tua dan berumur.

  1. Vitamin B

Kacang hijau memiliki kandungan vitamin B yang tinggi, antara lain vitamin B1, B2, dan B6 dan terdapat pula vitamin C di dalamnya.

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B dan C akan membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu vitamin-vitamin tersebut juga dibutuhkan oleh ibu hamil guna mencegah kecacatan pada sarif janin, serta dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin.

  1. Tinggi Kandungan Asam Folat

Asam folat yang terkandung di dalam kacang hijau sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Asam folat yang terkandung di dalam kacang-kacangan ini akan menjaga sistem saraf dan melindunginya dari kerusakan atau cacat otak.

Selain itu, untuk ibu hamil, mengkonsumsi kacang hijau secara rutin pada masa kehamilan dan menyusui akan sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Ini adalah salah satu kebiasaan yang harus ditanamkan pada ibu hamil dan menyusui.

  1. Tinggi Kandungan Protein

Di dalam setiap kacang-kacangan, khususnya kacang hijau, protein adalah salah satu zat yang paling banyak terkandung di dalamnya.

Protein adalah salah satu senyawa yang dibutuhkan untuk pembentukan otot.

Ibu hamil juga dapat merasakan manfaat dari kandungan protein nabati pada kacang hijau yaitu dpat menghindari risiko kecacatan pada janin selama masa kandungan.

Mengkonsumsi kacang hijau dapat memenuhi kebutuhan protein harian sang janin.

  1. Tinggi Kandungan Karbohidrat Komplek

Di dalam kacang hijau juga terkandung karbohidrat komplek yang memiliki fungsi untuk memberi kekuatan pada tubuh agar tidak mudah lelah.

Hal ini dikarenakan karbohidrat komplek akan diuraikan oleh tubuh menjadi energi yang cukup banyak sehingga Anda yang biasanya rentan terserang kelelahan menjadi lebih kuat.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Kacang hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membuat Anda lebih susah terjangkit penyakit.

Beberapa penelitian percaya bahwa zat antioksidan dapat mencegah sel kanker dan sel tumor untuk tumbuh di dalam tubuh.

  1. Mengobati Anemia

Kacang hijau adalah salah satu sumber zat besi yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh. Zat besi bermanfaat dalam proses produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Dengan kurangnya zat besi di dalam tubuh maka Anda akan semakin rentan dengan gejala anemia seperti lelah, letih dan lemas.

Konsumsilah kacang hijau secara rutin untuk membantu mengobati anemia Anda secara alami.

  1. Menghilangkan Bekas Cacar dan Jerawat

Anda dapat menghilangkan bekas cacar dan jerawat dengan memanfaatkan kacang hijau.

Caranya adalah:

  • Rendamlah 1 genggam kacang hijau di dalam air selama semalam
  • Tumbuklah kacang hijau menjadi halus
  • Balurkan ke pada bagian wajah atau bekas cacar lainnya sebagai masker
  • Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas hingga bersih

Penggunaan masker kacang hijau dapat membuat wajah semakin terawat.

  1. Mengurangi Sindrom Post Menopause

Kacang hijau mengandung senyawa isoflavon yang tinggi.

Isoflavon adalah salah satu kelompok fitoestrogen yang membuat kacang hijau memiliki sifat estrogenik alami.

Mengkonsumsi kacang hijau dalam jumlah yang cukup akan membantu para wanita lanjut usia yang telah memasuki masa menopause untuk terhindar dari sindrom post menopause.

  1. Mengandung Kalsium

Kalsium adalah zat yang dibutuhkan untuk menstimulasi tumbuh kembang tubuh. Sangat penting bagi anak yang sedang masa pertumbuhan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian agar dapat tumbuh dengan optimal.

Ibu hamil mempunyai kebutuhan kalsium harian yang lebih tinggi dari orang lain. Dengan mengkonsumsi makanan tingi kalsium, maka ibu hamil dapat meminmalkan risiko penyusutan tulang selama masa hamil dan menyusui.

Selain itu ibu hamil juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium sang bayi agar dapat terlahir dengan tulang sehat.

***

Demikianlah artikel 14 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda masih mempunyai pertanyaan seputar khasiat kacang hijau, jangan sungkan bertanya.

loading...

Sumber:

Leave a Reply

Tidak mau ketinggalan update dari blog Sayanda?
Segera daftarkan email Anda! Gratis!

Berlangganan ke dengan blog Sayanda dan dapatkan artikel serta update menarik langsung ke inbox email Anda. GRATIS!