10 Manfaat Habbatussauda (Jintan Hitam) Untuk Kesehatan

Manfaat Habbatussauda, Manfaat Jintan Hitam Sayanda.com – 10 Manfaat Habbatussauda (Jintan Hitam) Untuk Kesehatan – Bagi umat Islam, habbatussauda atau jintan hitam tidak hanya dikenal sebagai obat yang mujarab untuk berbagai jenis penyakit.

Mengkonsumsi habbatussauda juga merupakan salah satu amalan sunah yang ditinggalkan Nabi Muhammad SAW. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim, Rasulullah menyebut manfaat jintan hitam yang bisa menyembuhkan segala penyakit, kecuali kematian.

Seiring dengan perkembangan zaman, khasiat habbatussauda pun kian bisa dirasakan oleh umat manusia. Tidak hanya sebatas pada kalangan umat Islam. Terlebih, ucapan Nabi Muhammad tersebut telah diamini oleh berbagai hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari luar negeri.

Menariknya lagi, mengkonsumsi jintan hitam juga sudah bisa dilakukan dengan mudah. Terdapat berbagai bentuk ekstrak habbatussauda yang bisa dijual di pasaran. Bahkan, habbatussauda tidak hanya tersedia dalam bentuk kapsul, tapi juga bisa dijumpai dalam bentuk minyak. Selain itu, ada pula bentuk lain dari ekstrak jintan hitam yang bisa temui.

Bagi yang memiliki permasalahan kesehatan dan ingin menyembuhkannya dengan tanaman habbatussauda, berikut ini adalah 10 manfaat jintan hitam yang telah dibuktikan oleh jutaan orang.

Manfaat Habbatussauda (Jintan Hitam) Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh SegarSecara rutin mengkonsumsi habbatussauda juga berguna untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. G. Reimuller dari Universitas Munich di Jerman, jintan hitam memiliki kemampuan untuk menghasikan sel T, kelompok sel darah putih dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem kekebalan di tingkat seluler.

  1. Mengatasi Alergi dan Penyakit Asma

AsmaKonsumsi jintan hitam juga berguna untuk mengatasi masalah alergi dan asma.

Kandungan histamine pada tumbuhan habbatussauda berfungsi sebagai sistem imun untuk meningkatkan kekebalan terhadap alergi.

Baca Juga:  11 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Di waktu yang bersamaan, senyawa histamine juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan asma.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit KankerKanker yang terkenal ganas dan kerap merenggut nyawa manusia pun bisa disembuhkan dengan habbatussauda.

Hal ini terungkap dalam sebuah kongres kanker internasional yang dilaksanakan di New Delhi, India. Disebutkan, jintan hitam memiliki kemampuan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memerangi sel kanker.

Bahkan, tumbuhan ini bisa juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit tumor.

  1. Rambut Rontok

Rambut RontokHabbatussauda tidak hanya bisa digunakan untuk obat internal, tetapi, bisa pula digunakan untuk perawatan eksternal. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Caranya gampang, Anda tinggal menggunakan campuran minyak habbatussauda dengan minyak zaitun, lalu mengoleskannya pada kulit kepala. Tunggu satu jam, lalu bilas.

  1. Menjaga Kesehatan Liver

LiverKesehatan liver atau hati dapat pula dijaga dengan konsumsi habbatussauda secara rutin.

Dalam penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti menemukan manfaat habbatussauda dalam menjaga kesehatan liver baik dari kerusakan ataupun penyakit.

Terlebih, menjaga kesehatan liver sangatlah penting. Dalam keseharian-nya, liver berfungsi untuk menyaring darah yang mengalir dalam tubuh.

Berbagai jenis zat melewati organ penting yang satu ini.

Jadi, menjaga kesehatan liver dengan konsumsi jintan hitam secara rutin sangat penting.

  1. Menyembuhkan Penyakit Diabetes

DiabetesDalam jurnal bertajuk Endocrinology and Metabolism, peneliti dari India mengungkapkan, habbatussauda memiliki peran yang penting untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

Dalam penelitiannya, peneliti tersebut mengungkapkan kalau tumbuhan jintan hitam dapat meningkatkan konsentrasi insulin dan sekaligus menurunkan konsentrasi glukosa.

Dengan kemampuannya tersebut, habbatussauda bisa digunakan sekaligus untuk menyembuhkan dua jenis penyakit diabetes.

Menariknya lagi, jintan hitam tidak menimbulkan efek samping dan tidak meracuni tubuh. Sehingga, aman untuk digunakan sebagai obat bagi para penderita diabetes.

  1. Meringankan Sakit Gigi

Sakit GigiManfaat jintan hitam berikutnya adalah bisa digunakan untuk meringankan nyeri sakit gigi.

Habbatussauda memiliki kemampuan sebagai antibakteri, yang diantaranya adalah bakteri yang tinggal di gigi berlubang.

Sifat antibakteri yang dimiliki jintan hitam dapat pula digunakan untuk berbagai jenis penyakit lain, seperti membunuh bakteri yang tinggal di usus sekaligus melancarkan pencernaan.

  1. Menyembuhkan Epilepsi

EpilepsiEpilepsi atau kejang-kejang juga bisa disembuhkan dengan konsumsi habbatussauda secara rutin.

Baca Juga:  9 Manfaat Kulit Manggis dan Cara Mengolahnya

Di dalam tanaman jintan hitam, terdapat senyawa anti kejang yang bisa mengurangi frekuensi kejang-kejang pada penderita epilepsi. Efek ini akan terlihat sangat efektif jika diberikan pada anak-anak penderita epilepsi.

  1. Obat Peradangan

PeradanganKhasiat habbatussauda berikutnya adalah sebagai obat radang.

Habbatussauda punya sifat anti radang berkat kandungan thymoquinone. Senyawa yang sama juga dikenal memiliki sifat anti kanker dan antioksidan.

Dengan kandungan thymoquinone ini, berbagai penyakit radang bisa disembuhkan dengan tumbuhan jintan hitam.

  1. Baik Untuk Kesehatan Jantung

JantungBerikutnya, habbatussauda dapat pula dikonsumsi sehari-hari untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan konsumsi jintan hitam secara rutin, Anda akan bisa mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam darah, menurunkan risiko serangan jantung, serta dapat pula digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain 10 khasiat jintan hitam di atas, masih banyak lagi manfaat lain yang dimiliki oleh obat warisan Rasulullah ini.

Hal ini juga menjadi bukti riil ucapan Nabi Muhammad SAW yang mengatakan, segala jenis penyakit bisa disembuhkan dengan jintan hitam.

Selain menyehatkan, konsumsi habbatussauda juga merupakan sunah rasul. Hebat, kan?

***

Demikianlah artikel 10 Manfaat Habbatussauda (Jintan Hitam) Untuk Kesehatan dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 10 Manfaat Habbatussauda (Jintan Hitam) Untuk Kesehatan; jangan sungkan untuk meninggalkan pertanyaan.

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • jintan hitam untuk liver
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.