loading...

7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Daun Sirsak Sayanda.com – 7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya.

Pohon sirsak yang memiliki nama latin Annona Muricata merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah tropis.

Tidak hanya enak untuk dikonsumsi, buah sirsak sering dijadikan obat untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit, karena mengandung banyak kandungan vitamin dan gizi yang baik untuk tubuh.

Tapi tahukah Anda, selain buahnya, daun sirsak juga terkenal memiliki banyak manfaat?

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah meneliti khasiat dan manfaat daun sirsak. Sama seperti buahnya, daun sirsak ternyata juga memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan.

Orang Indonesia sendiri juga percaya akan khasiat air rebusan daun sirsak sebagai pengobatan tradisional, beberapa diantaranya adalah: manfaat daun sirsak untuk kolesterol, paru-paru, kista ovarium, dan ginjal.

Berikut merupakan beberapa manfaat minum rebusan daun sirsak yang harus Anda ketahui:

loading...

7 Khasiat Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mengobati Kanker

Penyakit KankerBanyak terapi pengobatan alternatif yang menggunakan daun sirsak sebagai pengganti kemoterapi untuk mengobati kanker. Pada daun sirsak terkandung kelompok nutrisi lipid seperti, asam genticic acid, lignoceric, dan stearate.

… Nutrisi tersebut mampu membunuh sel-sel tidak baik dalam tubuh dan bekerja 100 kali lebih efektif daripada kemoterapi.

Baca Juga:
9 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Untuk terapi pengobatan kanker, daun sirsak biasanya direbus dengan air sampai mendidih. Air rebusan daun sirsak ini harus dikonsumsi setiap hari selama 3-4 minggu sampai terlihat hasilnya.

Terapi menggunakan daun sirsak biasanya diterapkan pada pasien dengan kanker stadium awal, karena sel-sel kanker pada stadium tersebut masih lemah dan belum menyebar.

Tetapi alangkah baiknya bila pengobatan tradisional kanker ini dilakukan bersamaan dengan pengobatan modern dari dokter.

  1. Mencegah Pertumbuhan Tumor

Tubuh SehatSelain dapat mengobati kanker, daun sirsak juga terbukti ampuh mencegah pertumbuhan sel tumor.

Menurut penelitian, kandungan lactone dan lipid pada daun sirsak dapat membunuh sel tumor dan mencegah berkembangnya parasit dalam tubuh.

Pengobatan tumor di rumah sakit sangatlah mahal harganya, jadinya tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan daun sirsak untuk mencegah pertumbuhan sel tumor.

  1. Merawat Kulit Wajah

Kulit CerahKomedo dan jerawat merupakan masalah kulit wajah yang sering dihadapi perempuan. Tapi tahukah Anda, ternyata daun sirsak memiliki kemampuan untuk menghilangkan komedo dan jerawat?

Salah satu penyebab komedo dan jerawat adalah debu yang bercampur dengan bakteri.

Pada daun sirsak terdapat kandungan nutrisi isoquinoline.

Menurut penelitian, isoquinoline pada daun sirsak berfungsi sebagai zat penangkal virus dan bakteri.

Untuk mencegah munculnya komedo dan jerawat, Anda bisa menumbuk daun sirsak dan menggunakannya sebagai masker. Gunakan masker daun sirsak secara rutin minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:
7 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Anda juga tidak perlu repot-repot ke salon untuk mendapatkan kulit wajah yang halus, lembut, dan bercahaya…

…Selain mengandung isoquinoline, daun sirsak juga mengandung vitamin C. Vitamin C terbukti mampu menjaga kesehatan kulit wajah dan membuat wajah Anda terlihat lebih cerah.

  1. Mengobati Asam Urat

Asam UratPenyakit asam urat biasanya muncul akibat tidak seimbangnya kadar asam dalam tubuh dan meracuni pembuluh darah.

Kandungan lipid pada daun sirsak dipercaya dapat menurunkan kadar asam yang berlebihan di dalam tubuh dan menyembuhkan penyakit asam urat.

  1. Mengobati Rematik

RematikSelain dapat menyembuhkan asam urat, daun sirsak juga terbukti dapat menyembuhkan penyakit rematik.

Sama halnya dengan asam urat, penyakit rematik timbul akibat tidak seimbangnya kadar asam dalam tubuh.

Untuk mengatasinya, Anda bisa meningkatkan asupan nutrisi lipid dengan rutin mengkonsumsi olahan daun sirsak, agar kadar asam dalam tubuh seimbang.

  1. Mengobati Sakit Punggung

Sakit PunggungDaun sirsak sejak dulu telah dikenal sebagai obat alami untuk mengobati sakit punggung.

Kandungan lactone, lipid, dan vitamin pada daun sirsak terbukti dapat mengatasi dan mengobati sakit punggung yang biasanya dialami orang yang sudah lanjut usia.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh SegarSeperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daun sirsak memiliki kandungan nutrisi lactone, lipid dan isoquinoline.

Menurut penelitian, kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal tumbuhnya parasit, virus, dan bakteri dalam tubuh manusia. Daun sirsak memiliki ketiga kandungan nutrisi tersebut dan membuatnya dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:
7 Manfaat Daun Salam - Kandungan Gizi & Efek Samping

Jika sistem kekebalan tubuh meningkat, secara otomatis Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan.

Agar terhindar dan bebas dari penyakit, Anda dapat meminum air rebusan daun sirsak secara rutin minimal tiga kali seminggu.

***

Nah, itulah beberapa manfaat daun sirsak dan khasiatnya bagi kesehatan…

…Meskipun begitu, Anda tidak boleh berlebihan ketika mengkonsumsi daun sirsak, karena selain menyehatkan, daun sirsak juga memiliki efek samping seperti, menimbulkan mual, badan sempoyongan, dan sakit kepala.

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat daun sirsak secara maksimal, jangan berlebihan ketika mengkonsumsi olahan daun sirsak. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Salam sehat!

***

Demikianlah artikel 7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan; jangan sungkan untuk bertanya.

loading...

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • apakh rebusan daun sirsak bisa membunuh parasit ddalam tubuh
  • apa kegunaan ulat didaun sirsak baqi kesihatan
  • Daun sirsak ut parasit
  • efek samping dr daun singkong
  • kandungan brotowali
  • manfaat daun sirsak dan efek sampingnya