9 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Daun Singkong Sayanda.com – 9 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan – Masyarakat Indonesia tentu sudah sangat mengenal daun singkong.

Tidak hanya maknyus dijadikan lalapan pelengkap sambal terasi, pengobatan alami menggunakan daun singkong muda sudah lama dilakukan di Indonesia.

Tanaman dengan bentuk daun yang menyerupai jari ini bisa dengan mudah kita temukan di daerah pedesaan dan pegunungan.

Kandungan gizi daun singkong pada setiap lembarnya adalah: serat, vitamin A, C, dan B1, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, serta zat besi. Oleh karena itu, daun singkong sangat baik untuk dijadikan sajian menu harian Anda.

Ingin tahu, manfaat apalagi yang bisa diperoleh dari daun singkong muda? Berikut adalah 9 di antaranya:

Khasiat Manfaat Daun Singkong Muda Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Sumber Energi

Tubuh SegarKandungan karbohidrat dalam daun singkong mampu menghasilkan energi bagi tubuh kita. Selain itu, kandungan tersebut juga membantu mengoptimalkan fungsi protein dalam membangun sel-sel tubuh.

Apabila kekurangan karbohidrat, maka tubuh akan mengambil protein sebagai sumber energi. Akibatnya, pembentukan sel-sel tubuh bisa terhambat.

Itu sebabnya, mengkonsumsi daun singkong muda sangat penting untuk menghasilkan tenaga dari dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh SehatVitamin C sudah sejak lama dikenal memiliki khasiat untuk menjaga daya tahan tubuh. Agar tidak mudah sakit, kita perlu mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup.

Dengan rajin mengkonsumsi daun singkong muda, kebutuhan vitamin C tubuh kita bisa tercukupi dan daya tahan tubuh pun tentunya akan semakin baik.

  1. Sumber Antioksidan

Awet MudaAwet muda adalah hal yang jarang, namun siapa saja tentu ingin selalu tampak awet muda…

Baca Juga:  12 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Tetapi tenang saja..

Dengan rajin mengkonsumsi daun singkong, kita bisa terhindar dari penuaan dini. Pasalnya, zat hijau daun pada daun singkong mampu menghasilkan senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dari lingkungan yang tidak sehat.

Antioksidan juga sangat efektif untuk menghambat munculnya garis-garis halus pada wajah, sehingga tekstur kulit kita akan tetap halus dan tidak mudah keriput.

Selain untuk kecantikan, kandungan antioksidan pada daun singkong juga berkhasiat untuk kesehatan. Antioksidan sangat bermanfaat untuk mencegah berkembangnya berbagai jenis sel kanker.

  1. Berguna Untuk Diet

DietDaun Singkong memiliki banyak kandungan serat, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat melakukan program diet.

Sebagaimana kita ketahui, serat sangat berguna untuk melancarkan proses pencernaan. Berkat bantuan serat, makanan yang kita konsumsi tidak akan tertimbun di dalam tubuh, tetapi akan segera diproses menjadi energi dan sisanya dibuang.

Tidak hanya itu, keberadaan serat juga membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga kita tidak akan mudah tergiur untuk nyemil.

Kalau sudah begitu, tubuh bisa langsing dan badan semakin sehat.

  1. Regenerasi Sel Tubuh

Regenerasi Sel TubuhSeiring bertambahnya usia, fungsi sel-sel tubuh pun kian menurun. Akibatnya, kinerja organ-organ tubuh menjadi kurang maksimal.

Untuk itulah kita membutuhkan asupan protein yang memadai untuk meregenerasi jaringan tubuh yang mulai rusak.

Protein yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat pada daun singkong. Jadi, mengkonsumsi daun singkong berarti membantu membentuk sel-sel tubuh baru agar bisa selalu dalam kondisi prima.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Rabun MataUntuk menjaga kesehatan mata, kita perlu mengkonsumsi vitamin A.

Senyawa retinol pada vitamin A mampu memfokuskan objek yang diterima oleh mata, sehingga jatuh tepat tepat pada retina dan diteruskan ke otak.

Selain itu, vitamin A juga berperan untuk melindungi mata dari radikal bebas yang dapat menyerang retina dan lensa mata. Sebaliknya, jika kita kekurangan vitamin A, mata bisa mengering, bahkan kelopak mata bisa membengkak.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

OsteoporosisKandungan fosfor dan kalsium yang tinggi pada daun singkong berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga:  9 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Kedua mineral tersebut berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tulang agar selalu padat sehingga tidak mudah rapuh (osteoporosis). Untuk anak-anak, zat tersebut sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang.

  1. Menambah Sel Darah Merah

Peredaran DarahJika Anda mengalami anemia, makanlah sayur-sayuran berwarna hijau.

Ternyata, zat hijau pada daun singkong banyak mengandung zat besi yang berguna untuk membentuk hemoglobin. Sementara itu, hemoglobin berperan untuk membawa oksigen ke seluruh sel tubuh.

Jika tubuh kekurangan hemoglobin, jumlah sel darah merah akan berkurang sehingga kita terkena anemia. Kalau sudah begitu, tubuh akan lemas, konsentrasi berkurang, aktivitas harian kita juga akan terganggu.

  1. Mengobati Sakit Kepala

Sakit KepalaSaat terserang anemia, seseorang akan merasa pusing. Kepala juga sering terasa sakit akibat darah di dalam otak kekurangan oksigen yang seharusnya dibawa oleh hemoglobin.

Untuk itu, konsumsi daun singkong dalam jumlah yang cukup mampu mengatasi sakit kepala akibat anemia.

Tidak hanya dikonsumsi, pengobatan sakit kepala dengan daun singkong juga bisa lakukan melalui pengobatan luar.

Caranya, tumbuk daun singkong sampai halus, lalu kompreskan pada dahi Anda. Cara tersebut sudah terbukti ampuh untuk mengatasi sakit kepala.

Tanpa kita sadari, banyak sekali tanaman berkhasiat di sekitar kita.

Pengobatan tradisional daun singkong sudah dilakukan secara turun temurun oleh nenek moyang kita. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, konsumsi daun singkong ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan.

Karena kandungan gizinya yang tinggi, daun singkong sering dikonsumsi oleh ibu hamil karena bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan janin.

Walaupun memiliki banyak khasiat, jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi, daun singkong memiliki efek samping berbahaya terhadap tubuh manusia. Efek samping daun singkong jika over konsumsi adalah: kadar kolesterol meningkat, asam urat meningkat, tekanan darah naik, sakit perut, sakit kepala, dan keracunan makanan.

Jadi, Anda wajib mengkonsumsi daun singkong hanya dalam batas normal, karena kebanyakan mengkonsumsi bisa berakibat fatal untuk tubuh.

***

Demikianlah artikel 9 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan dari Sayanda.com.

Baca Juga:  17 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar manfaat daun singkong muda; jangan sungkan untuk bertanya.

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • manfaat daun singkong
  • khasiat daun singkong
  • daun singkong
  • efek samping daun singkong
  • Kasiat daun singkong
  • https://www sayanda com/manfaat-daun-singkong/
  • manpaat daun singkong
  • kandungan daun singkong
  • manfaat daun singkong untuk kesehatan
  • kegunaan daun singkong
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.