10 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pegagan Sayanda.com – 10 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan – Tumbuhan yang satu ini banyak ditemukan di daerah tropis maupun subtropis.

Sama seperti banyak tumbuhan herbal lainnya, daun pegagan sudah banyak dimanfaatkan secara tradisional…

…Namun masih belum banyak penerapan terapi daun pegagan dalam kedokteran modern.

Padahal tanaman yang juga sering disebut rumput kaki kuda ini punya banyak khasiat untuk kesehatan loh.

Mau tahu apa saja manfaat daun pegagan? Ayo simak ulasannya berikut ini.

Khasiat Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

Karena kandungannya, daun pegagan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah ulasannya secara lengkap.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Mengobati LukaKhasiat daun pegagan dalam menyembuhkan luka tidak lepas dari banyaknya kandungan senyawa yang baik untuk kulit di dalamnya.

Senyawa seperti asiaticoside yang dimiliki daun pegagan mampu meningkatkan perbaikan dan penguatan sel-sel kulit juga penguatan jaringan-jaringan penghubung dan kekompakan jaringan kulit di bawah epidermis.

Kandungan saponin yang dimiliki daun pegagan juga membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mencegah produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (anti-keloid) dan mempercepat proses penyembuhan luka itu sendiri.

  1. Menyamarkan Bekas Luka Parut atau Keloid

KeloidBerdasarkan hasil penelitian yang menggunakan krim pegagan dua kali sehari pada bekas luka jahitan, selama 1,5 – 2 bulan pasca pelepasan benang jahit, terlihat hasil positif dengan tersamarkannya bekas luka tersebut.

Hal ini diyakini berhubungan dengan khasiat daun pegagan dalam meningkatkan produksi kolagen.

  1. Menyamarkan Stretch Mark

HamilMasih berhubungan dengan kesehatan kulit, penggunaan krim yang mengandung pegagan, kolagen, dan vitamin E disinyalir bisa mengurangi stretch mark yang sering timbul pada wanita yang sedang hamil.

Baca Juga:  9 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Guratan tersebut diyakini dapat berkurang jika penggunaan krim tersebut dilakukan setiap hari selama enam bulan terakhir masa kehamilan.

  1. Mengobati Psoriasis

PsoriasisPsoriasis adalah sebuah penyakit autoimun kronis yang menyerang kulit. Sistem kekebalan tubuh penderita psoriasis keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat dan menyebabkan berbagai masalah kulit.

Gejala utama psoriasis adalah ruam memerah, pengelupasan kulit, penebalan kulit, dan kulit terasa kering serta bersisik.

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, penggunaan krim berbahan daun pegagan pada kulit dapat mengobati gejala-gejala tersebut.

  1. Mengurangi Kecemasan

CemasPada tahun 2010, sebuah penelitian di India telah dipublikasikan mengenai khasiat daun pegagan dalam pengobatan gangguan kecemasan umum.

Penelitian ini dilakukan pada 33 subjek tes yang diberi kapsul ekstrak daun pegagan setiap hari selama 60 hari periode pengamatan.

Berdasarkan pengamatan dan tanggapan subjek tes pada saat mengisi kuesioner penelitian, didapatkan hasil berupa pengurangan gejala kecemasan.

  1. Memperlancar Sirkulasi Darah

Peredaran DarahTanaman pegagan sudah dimanfaatkan sejak lama oleh masyarakat di Cina untuk memperlancar sirkulasi darah, dan bahkan dianggap lebih ampuh daripada ginseng Korea.

Sementara oleh masyarakat India dan Pakistan, pegagan umumnya dimanfaatkan untuk membersihkan darah.

  1. Terapi Attention Deficit Disorder (ADD)

Attention Deficit DisorderDari hasil uji klinis di India, ditemukan juga khasiat daun pegagan untuk penanganan anak-anak penderita Attention Deficit Disorder (ADD).

Anak-anak penderita ADD umumnya sulit untuk berkonsentrasi dan cenderung hiperaktif.

Penggunaan daun pegagan memberikan stimulasi pada bagian otak sehingga daya konsentrasi dan fokus meningkat. Selain itu daun pegagan juga memberikan efek relaksasi pada sistem saraf yang overaktif.

  1. Baik Untuk Kesehatan Otak

PintarManfaat daun pegagan tidak terbatas hanya untuk penyembuhan penyakit saja, tetapi juga sebagai suplemen makanan yang baik untuk otak.

Daun pegagan terbukti memberikan efek positif terhadap daya rangsang saraf otak, sekaligus memperlancar aliran darah ke pembuluh-pembuluh otak.

Hal ini dapat meningkatkan kemampuan belajar dan memori seseorang.

Mengkonsumsi daun pegagan untuk orang dewasa sangat baik untuk memperbaiki kinerja otak dan meningkatkan stamina sehingga tidak gampang lelah.

  1. Sumber Antioksidan

Tubuh SegarAntioksidan adalah zat-zat yang mampu menghambat proses oksidasi di dalam tubuh. Proses oksidasi yang berlebihan dapat memicu kerusakan atau kematian sel tubuh.

Baca Juga:  10 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Nah, menurut peneliti Brazil, ekstrak air daun pegagan memiliki sifat antioksidan yang kuat yang bahkan mampu membunuh sel kanker payudara.

Tidak heran, tanaman yang satu ini sudah diyakini sebagai obat panjang umur sejak ribuan tahun lalu oleh masyarakat India, Pakistan, dan sebagian Eropa Timur.

  1. Pengobatan Penyakit Lepra

LepraSelain dianggap sebagai peningkat daya tahan tubuh, daun pegagan biasa dimanfaatkan oleh mansyarakat Cina dalam pengobatan penyakit lepra karena sifatnya yang bisa memperbaiki jaringan kulit dan mencegah infeksi.

Perlu diingat, disarankan untuk mengkonsumsi tumbuhan pegagan paling lama enam minggu. Jika ingin diperpanjang sebaiknya diberi jeda dulu selama dua minggu sebelum memulai terapinya lagi.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah mengkonsumsi daun pegagan untuk ibu hamil dan menyusui, karena belum adanya penelitian lebih lanjut mengenai dampak konsumsi tanaman pegagan pada ibu hamil dan menyusui.

Juga sebaiknya menggunakan daun pegagan hanya sebagai obat luar saja.

Dalam pengobatan herbal apapun, jika dilakukan tanpa takaran yang tepat dan pengawasan ahli, tanaman berkhasiat pun bisa menjadi racun…

…Oleh karena itu, konsumsilah daun pegagan dalam dosis yang dianjurkan.

Apabila sedang dalam terapi obat-obatan dari dokter, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mencampurkan daun pegagan ke dalam terapi yang sedang dijalani.

***

Demikianlah artikel 10 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan dari Sayanda.com. Jangan sungkan untuk bertanya seputar artikel 10 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan pada kotak komentar di bawah.

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • meningkatkan kolagen dengan pegagan
  • psoriasis menurut islam
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.