10 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Daun Pandan Wangi Sayanda.com – 9 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan dan Kecantikan serta Efek Sampingnya.

Sekarang makin banyak makanan yang menggunakan daun pandan sebagai penyedap makanan.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa daun pandan memiliki aroma khas yang wangi, sehingga kerap digunakan sebagai campuran dalam membuat kue, atau sajian makanan seperti kolak, es dawet, atau bubur manis. Bahkan martabak manis pun mulai banyak yang menggunakan daun pandan sebagai bahan dasar adonan.

Bayangin saja sudah bisa bikin lapar ya 🙂

Selain bisa membuat makanan menjadi semakin nikmat, daun pandan wangi ternyata juga memiliki banyak khasiat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Pengobatan tradisional alami menggunakan daun pandan adalah salah satu rahasia kesehatan yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita.

Di Indonesia sendiri, orang-orang banyak yang sudah percaya akan khasiat daun pandan, dan beberapa di antaranya adalah: manfaat daun pandan untuk miss v, kolesterol, wajah, kulit, dan rambut.

Nama latin tumbuhan daun pandan wangi adalah pandanus ammaryllifolius.

Ingin mengetahui lebih lanjut? Berikut adalah 10 manfaat rebusan daun pandan wangi:

loading...

Khasiat Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Darah TinggiKarena alasan sibuk bekerja, banyak orang yang tidak terlalu peduli dengan kesehatan. Apabila Anda sering merasa pusing berkepanjangan, hati-hati, bisa jadi itu gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi.

… Apalagi ditambah dengan pola makan yang kurang sehat, seperti konsumsi garam berlebih, bisa-bisa memperparah kondisi ini.

Jika dibiarkan, hipertensi bisa menyebabkan penyakit stroke, serangan jantung, dan gangguan ginjal.

Untuk itu, jika sudah ada tanda-tanda gejala hipertensi, sebaiknya segera diatasi.

Anda hanya perlu merebus dua lembar daun pandan dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Minum dua kali sehari sampai tekanan darah Anda kembali normal.

Selain menurunkan tekanan darah tinggi, mengkonsumsi rebusan daun pandan wangi akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Menambah Nafsu Makan

Menambah Nafsu MakanPada kondisi tertentu, seseorang bisa jadi kehilangan nafsu makan. Padahal, setiap hari tubuh memerlukan asupan nutrisi dari makanan. Apabila tidak terpenuhi, fungsi organ-organ tubuh bisa terganggu.

Untuk mengembalikan nafsu makan, Anda bisa membuat teh rebusan daun pandan wangi.

Caranya, rebus daun pandan dengan air. Setelah mendidih, tuang air rebusan daun pandan ke dalam sebuah gelas, lalu tambahkan madu atau gula secukupnya. Teh pandan hangat yang nikmat akan segera mengembalikan selera makan Anda.

Selain menambah nafsu makan, wangi dari teh rebusan daun pandan sangatlah menggoda.

  1. Mengatasi Rematik

RematikAkibat kelelahan, seseorang sering mengalami pegal-pegal atau nyeri pada lutut. Bahkan, ada pula yang sampai mengalami pembengkakan pada sendi. Hal itu adalah tanda bahwa seseorang terkena rematik.

Daun pandan berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit pada penderita rematik.

Caranya, siapkan 3 lembar daun pandan, lalu iris tipis-tipis. Kemudian, seduh irisan tersebut dengan minyak kelapa panas. Aduk sampai daun menjadi layu dan dinginkan. Setelah itu, balurkan campuran tersebut pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

  1. Mengatasi Insomnia

InsomniaPernahkah Anda mengalami susah tidur di malam hari, padahal esok hari harus berangkat pagi?

Insomnia memang sangat mengganggu. Biasanya, insomnia terjadi saat pikiran sedang tidak tenang. Lalu, sewaktu menderita insomnia, pernahkah Anda mencoba minum teh pandan wangi?

Daun pandan mengandung senyawa alkaloid yang mampu memberikan efek penenang pada tubuh. Saat mengalami insomnia, daun pandan bisa membantu Anda menenangkan diri dan membuat Anda mudah terlelap.

Caranya, seduh daun pandan dengan air panas, lalu masukkan satu sendok teh madu. Minum ketika masih hangat.

  1. Mengobati Panu

PanuKeberadaan panu bisa menyebabkan penampilan terganggu. Pasalnya, penyakit panu adalah infeksi jamur yang ditandai dengan adanya bercak-bercak putih pada kulit.

Tidak hanya mengganggu penampilan, panu juga bisa membuat tidak nyaman akibat rasa gatal yang ditimbulkan.

Untuk mengatasi panu, Anda perlu terlebih dahulu menghaluskan daun pandan. Setelah itu, peras airnya, lalu beri garam secukupnya. Minum satu kali sehari selama tiga hari.

Jika panu hilang, Anda akan kembali percaya diri.

  1. Menurunkan Demam

Pilek dan DemamDemam biasanya menjadi pertanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi.

Orang yang demam akan mengalami peningkatan suhu tubuh sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman.

Untuk menurunkan demam, Anda bisa meminum air seduhan daun pandan. Setelah itu, panas tubuh Anda akan segera turun dengan perlahan.

  1. Mengatasi Perut Kram

Kram PerutKram perut bisa terjadi akibat masalah pencernaan atau infeksi di dalam perut.

Untuk mengatasinya, Anda perlu memotong daun pandan menjadi ukuran kecil, lalu rebus sampai mendidih. Setelah itu, saring dan minum airnya selagi masih hangat.

  1. Mencegah Kanker

Penyakit KankerTanpa kita sadari, sembarangan mengkonsumsi makanan bisa menyebabkan tubuh menyimpan racun-racun berbahaya.

Meminum teh daun pandan bisa membantu tubuh mengeluarkan racun-racun itu.

Selain itu, teh pandan wangi juga ampuh menghambat zat karsinogen yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

  1. Menghilangkan Ketombe

Rambut BerketombeKetombe sering membuat kita tidak nyaman karena membuat gatal di kulit kepala. Ingin rasanya untuk digaruk, tetapi nanti bisa terluka. Jika tidak digaruk, tidak kuat rasanya menahan gatal di kepala.

Tentunya, solusi yang paling tepat adalah menghilangkan ketombe tersebut.

Dengan daun pandan, Anda bisa menghilangkan semua ketombe yang mengganggu di kepala.

Caranya, tumbuk 10 lembar daun pandan sampai halus, lalu tambahkan sedikit air. Kemudian, usapkan ramuan tersebut ke seluruh bagian rambut. Anda bisa melakukan kegiatan ini sebelum keramas.

Hasilnya, rambut Anda akan terbebas dari ketombe dan rasa gatal.

  1. Mengatasi Kerontokan Rambut

Rambut RontokRambut rontok lama-lama bisa menyebabkan kebotakan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menumbuk daun pandan, lalu mengoleskannya secara merata di area kepala. Setelah itu, bilas sampai bersih. Lakukan kegiatan tersebut setiap pagi.

Akar rambut Anda akan menjadi kuat dan tidak mudah rontok lagi.

***

Meskipun terkadang tumbuh liar, daun pandan wangi memiliki manfaat yang sangat banyak. Tidak hanya bermanfaat di bidang kuliner, daun pandan juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit.

Khasiat minum air rebusan daun pandan sangatlah banyak, dan hebatnya lagi, tidak ada efek samping daun pandan wangi untuk tubuh manusia.

Harga daun pandan wangi juga cukup murah yaitu 4.000 Rupiah per 200 gram atau 1 ikat.

Cukup dengan ramuan daun pandan, Anda tidak perlu repot-repot lagi membeli obat-obatan yang mahal. Jadinya, tunggu apa lagi?

Selamat mencoba!

***

Demikianlah artikel 10 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan dan Kecantikan dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 10 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan dan Kecantikan; jangan sungkan untuk bertanya.

loading...

Sumber:

Leave a Reply

Tidak mau ketinggalan update dari blog Sayanda?
Segera daftarkan email Anda! Gratis!

Berlangganan ke dengan blog Sayanda dan dapatkan artikel serta update menarik langsung ke inbox email Anda. GRATIS!