loading...

9 Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Sayanda.com – Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan

Daun katuk adalah jenis tanaman yang banyak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Pasalnya, daun katuk mampu memperlancar serta meningkatkan jumlah produksi ASI. Sementara bagi pria, daun katuk umumnya dikonsumsi untuk membangkitkan vitalitas seksual.

Daun katuk sering diolah menjadi aneka jenis masakan, seperti tumis, sayur bening, dan sayur bersantan.

Kandungan nutrisinya juga cukup banyak, yaitu: kalsium, protein, fosfor, lemak, vitamin A, B, dan C, serta zat besi

Itulah mengapa, daun katuk memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat daun katuk.

loading...

9 Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan, Vitalitas Pria, dan Ibu Hamil

Manfaat Daun Katuk

via www.hipwee.com

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Apakah penglihatan Anda masih baik-baik saja? Jika tidak, mungkin asupan vitamin A yang Anda konsumsi selama ini masih kurang. Untuk mendapatkan asupan vitamin A alami, cobalah untuk banyak mengonsumsi daun katuk.

Vitamin A yang terkandung di dalam daun katuk mengandung senyawa antioksidan yang dapat menghambat infeksi atau virus yang dapat menyerang mata. Dengan demikian, kesehatan mata bisa lebih terjaga.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Kelelahan, kurang tidur, serta gaya hidup yang kurang sehat sering kali menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menurun. Umumnya, hal tersebut ditandai dengan adanya sariawan, flu, atau demam.

Baca Juga:
7 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Tidak hanya mengganggu aktivitas kerja, menurunnya metabolisme tubuh juga bisa mendatangkan berbagai penyakit lain.

Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Sayangnya, vitamin C dalam bentuk kapsul terkadang bisa menimbulkan efek samping pada pengguna.

Untung saja, daun katuk sudah memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan aman untuk Anda konsumsi.

Dengan demikian, kekebalan tubuh bisa semakin terjaga sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit dari lingkungan sekitar.

  1. Mencegah Osteoporosis

Masih muda, tetapi kaki sering pegal-pegal. Hati-hati, bisa jadi itu gejala osteoporosis

Kebiasaan terlalu lama duduk dan jarang bergerak membuat tulang Anda mudah rapuh. Untuk itu, diperlukan asupan kalsium yang cukup agar tulang selalu kuat.

Kandungan kalsium pada daun katuk juga bisa membantu memadatkan tulang.

Pada ibu hamil, daun katuk sangat berkhasiat untuk menguatkan tulang belakang dan tulang kaki agar mampu menyangga bobot kandungan yang kian membesar dari bulan ke bulan hingga menjelang persalinan.

  1. Mengobati Bisul

Bisul umumnya berbentuk benjolan yang berisi nanah akibat infeksi. Selain menimbulkan rasa sakit, keberadaan bisul juga bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Terkadang, bisul tumbuh di bagian belakang tubuh sehingga bisa menyulitkan seseorang untuk duduk.

Untuk mengatasi bisul, Anda bisa menggunakan daun katuk, dan cara mengolahnya adalah:

  • Siapkan beberapa helai daun katuk yang sudah dicuci terlebih dahulu
  • Tumbuk hingga lumat dan balurkan pada daerah yang tumbuh bisul
  • Biarkan ramuan tersebut mengering sendiri dan kemudian bilas menggunakan air hangat
Baca Juga:
10 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Jika dilakukan secara berkala, bisul akan mengempis dan kering.

  1. Mengatasi Sembelit

Susah buang air besar menyebabkan perut tidak nyaman. Pasalnya, makanan yang Anda konsumsi terus tertimbun sehingga proses pencernaan menjadi tidak lancar.

Akibatnya, kinerja organ-organ tubuh yang lain pun ikut terganggu karena tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan sempurna.

Kandungan serat yang tinggi di dalam daun katuk mampu mengatasi masalah sembelit, dan cara mengolahnya adalah:

  • Siapkan segenggam daun katuk yang sudah dibershkan
  • Rebus menggunakan segelas air hingga mendidih
  • Saringlah air rebusan tersebut dan minum 2 kali sehari
  1. Meningkatkan Energi

Kandungan lemak dan protein pada daun katuk sangat berguna untuk meningkatkan energi.

Wanita hamil biasanya mudah kelelahan karena bobot tubuhnya yang semakin berat. Untuk itu, konsumsi daun katuk sangat penting supaya wanita hamil tetap bertenaga.

Di saat kehamilan, kesehatan ibu berpengaruh pada kesehatan bayi dalam kandungan. Jadi, meskipun sedang hamil, wanita harus selalu dalam kondisi prima.

  1. Mengatasi Anemia

Zat besi adalah mineral yang bertugas untuk membentuk hemoglobin yang mampu mengantarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Jika seseorang kekurangan zat besi, maka oksigen dalam darah pun berkurang dan sel-sel darah tidak akan berwarna merah. Akibatnya, tubuh mudah lelah, pusing, dan metabolisme tubuh menurun. Sementara itu, pada ibu hamil, anemia dapat menurunkan tingak kecerdasan anak. Untuk itulah, daun katuk perlu dikonsumsi karena mengandung cukup banyak zat besi.

  1. Membuang Racun dalam Tubuh

Konsumsi daun katuk secara teratur sangat baik untuk membuang racun dari dalam tubuh. Zat hijau daun yang dimiliki daun katuk mampu menyerap racun yang berada di organ hati. Selain itu, senyawa antioksidan dari zat hijau daun juga bisa menangkal bahaya radikal bebas dari makanan dan lingkungan sekitar yang tidak sehat. Dengan demikian, racun-racun yang ada di dalam tubuh bisa keluar. Tubuh pun senantiasa terhindar dari risiko serangan penyakit.

  1. Mengembalikan Kejantanan Pria

Bagi kaum adam yang mempunyai keluhan dengan kejantanannya, daun katuk adalah solusinya. Penyakit disfungsi ereksi dan ejakulasi dini dapat disembuhkan menggunakan tumbuhan tersebut.

Baca Juga:
7 Manfaat Daun Salam - Kandungan Gizi & Efek Samping

Hal ini dikarenakan kandungan efedrin (ephedrine) yang terdapat pada daun katuk. Senyawa efedrin dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

Selain itu terdapat juga 7 senyawa aktif lainnya yang dapat meningkatkan produksi hormon steroid dan senyawa ekiosanoid yang dipercaya dapat mengembalikan vitalitas pria.

Walaupun dapat meningkatkan gairah pria, tetapi daun katuk juga mempunyai kandungan papaverine yang memiliki efek samping membuat kecanduan. Oleh karena itu wajib dikonsumsi secara bijaksana.

***

Tidak hanya bagi ibu hamil dan ibu menyusui, daun katuk ternyata sangat bermanfaat untuk siapa saja yang memiliki berbagai keluhan kesehatan.

Bahkan bagi pria yang mempunyai keluhan dengan kejantanannya juga bisa menggunakan daun katuk sebagai pengobatan alami.

Kandungan nutrisi yang tinggi dari daun katuk juga bisa menjadikan Anda selalu sehat, berenergi, dan terhindar dari risiko penyakit-penyakit berbahaya. Selain itu, cara membuat ramuan dari daun katuk juga sangat mudah.

Jadi, tubuh Anda bisa sehat dengan mengonsumsi bahan-bahan dari alam sekitar.

Demikianlah artikel 9 Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan dari Sayanda.com; jika masih ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar.

loading...

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • alat dan bahan masuk ke struktur apa dalam teks prosedur?
  • keuntungan peragangan internasional
  • struktur khusus teks prosedur kompleks
  • fungsi yodium bagi tubuh
  • perbedaan asal energi pada sel tumbuhan dan sel hewan
  • penjelasan tentang ciri umum teks prosedur kompleks
  • kegunaan daun pandan buat stroke
  • daun singkong bagus untuk apa
  • contoh teks prosedur beserta kerangka
  • pengertian dan dampak dari pemanasan global
Baca Juga:
10 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan