12 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Salak Sayanda.com – 12 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan – Siapa yang tak kenal buah salak? Buah asal Indonesia ini terkenal akan bentuknya yang unik. Buah salak memiliki kulit yang bersisik layaknya sisik ular, tak heran dalam bahasa Inggris buah ini disebut sebagai snake fruit.

Rasa dari buah salak ini sangat nikmat, rasa manis dan bercampur sedikit masam membuat buah ini menjadi buah favorit banyak orang.

Salah satu jenis buah salak yang sangat terkenal di Indonesia adalah salak pondoh asal Yogyakarta. Buah salak pondoh sangat identik dengan rasa manisnya.

Selain memiliki rasa yang lezat ternyata buah salak juga memiliki bermacam manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Artikel berikut ini akan membahas macam-macam manfaat buah salak untuk kesehatan, kecantikan, wanita, ibu hamil, diet, dan diabetes.

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat Buah SalakSalah satu manfaat salak adalah untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan beta-karoten yang cukup tinggi pada buah salak sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan mata dan sudah bosan dengan mengkonsumsi wortel maka alternatifnya adalah dengan mengkonsumsi buah salak.

Salak dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus agar lebih nikmat saat dikonsumsi.

  1. Mendukung Program Diet

DietDi dalam buah salak terkandung berbagai nutrisi.

Zat fitonutrien pada salak sangatlah baik untuk mendukung program diet Anda. Zat ini berfungsi sebagai pengganti karbohidrat dan juga berfungsi untuk melakukan pembakaran lemak pada tubuh. Zat tanin, serta serat pangan yang terdapat pada buah salak juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan serta melancarkan buang air besar.

Baca Juga:  12 Manfaat Daun Serai (Sereh) Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Serat dapat memberikan rasa kenyang karena membutuhkan waktu lama untuk mencernanya sehingga perut akan terasa kenyang dan rasa lapar juga dapat ditekan. Saat mengkonsumsi buah salak, ada baiknya untuk mengkonsumsinya bersamaan dengan kulit arinya. Kandungan serat yang sangat tinggi terdapat pada kulit ari buah salak.

  1. Obat Diare

DiareSaat terserang diare, Anda tidak perlu langsung ke dokter atau meminum obat-obatan kimia, tetapi Anda dapat mencoba menghentikan diare dengan cara-cara alami seperti mengkonsumsi buah salak.

Saat terserang diare, perbanyaklah mengkonsumsi buah salak, dengan begitu kandungan tanin yang terdapat pada buah salak akan membantu melawan bakteri penyebab diare dan juga akan menghentikan diare sesegera mungkin.

  1. Baik Untuk Kesehatan Otak

PintarBuah salak adalah salah satu buah yang memiliki kadar kalium dan pektin yang tinggi. Kedua zat tersebut dapat menjaga kesehatan otak dengan baik.

Selain untuk otak, kandungan dari salak juga baik untuk menjaga sistem saraf. Mengkonsumsi salak secara rutin dapat membantu menjaga otak Anda dari penyakit-penyakit serius.

  1. Bagus Untuk Pencernaan

PencernaanDi dalam salak terkandung saponin, beta karoten, tanin, flavonoid dan juga kalsium. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk pencernaan tubuh.

  1. Mencegah Rabun Jauh

Rabun MataUntuk mencegah rabun jauh dibutuhkan konsumsi makanan yang tinggi akan vitamin A.

Rabun jauh atau miopia memang susah disembuhkan. Menggunakan kacamata adalah solusi yang paling baik untuk rabun jauh. Namun untuk mencegah kondisi mata semakin parah, mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi akan vitamin A sangatlah berguna.

  1. Bermanfaat Untuk Kesehatan Ibu Hamil

HamilIbu yang sedang hamil perlu berbagai macam asupan gizi untuk tetap menjaga kesehatan dan tumbuh kembang sang janin.

Salak merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang sang janin karena mengandung bermacam-macam nutrisi yang baik untuk kesehatan janin. Kandungan kalium pada buah salak dapat membantu tumbuh kembang otak sang janin.

Selain itu salak juga dapat menghentikan mual yang diakibatkan oleh sindrom morning sickness yang biasa diderita oleh para ibu hamil.

  1. Menjaga Stamina Tubuh

Tubuh SehatDi dalam buah salak terkandung serat dan vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan ini dapat membantu tubuh dalam menghasilkan energi sehingga rasa lelah berkurang dan stamina Anda akan terisi kembali.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tubuh SegarTingginya kandungan vitamin C pada buah salak sangatlah bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki sifat antioksidan yang akan membantu tubuh dalam memerangi zat-zat radikal bebas dan karsinogen yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga:  20 Manfaat Susu Beruang Bear Brand Bagi Kesehatan

Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C harian, maka daya tahan tubuh atau sistem imun akan semakin kuat, dan Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Mencegah Kanker

Penyakit KankerZat radikal bebas dan karsinogen adalah penyebab utama dari kanker. Kandungan antioksidan pada buah salak dapat melawan dan membersihkan kedua zat tersebut dari dalam tubuh Anda.

  1. Mencegah Penuaan Dini dan Mencerahkan Kulit Wajah Kembali

Kulit CerahSiapa sangka ternyata buah salak bisa membantu mencegah penuaan dini?

Kandungan pada buah salak dapat membantu proses regenerasi kulit dan reparasi kulit. Dengan begitu maka lapisan kulit mati pada wajah akan terangkat dan dapat digantikan dengan lapisan kulit baru.

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Menyusui

BayiIbu menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar ASI dapat keluar dengan lancar, serta agar ASI memiliki cukup nutrisi untuk kesehatan dan tumbuh kembang si bayi.

Kandungan kalium dan pektin di pada salak sangat baik untuk mendukung kesehatan otak bayi dan akan membuat bayi lebih cerdas. Mengkonsumsi 3 buah salak setiap harinya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian saat menyusui.

Walaupun memiliki macam-macam khasiat, ternyata tetap ada efek samping buah salak untuk tubuh. Beberapa efek sampingnya adalah menyebabkan sakit maag, memperparah sakit tifus, dan memberikan efek sembelit pada ibu hamil.

Penyakit seperti diabetes dan ambeien juga dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah salak. Manfaat buah salak untuk diabetes dan ambeien tergolong dalam pengobatan tradisional yang keampuhannya masih diragukan di ilmu kedokteran.

Buah salak memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salak adalah buah asal Indonesia yang masih jarang diketahui oleh orang luar negeri. Rasanya yang lezat, dipadukan dengan khasiat yang diberikannya menjadikan salak sebagai rahasia kesehatan orang Indonesia.

Bagikanlah artikel berikut ini kepada teman-teman Anda, agar orang Indonesia lebih sadar akan begitu banyak manfaat yang diberikan oleh buah salak.

Semoga bermanfaat!

***

Demikianlah artikel 12 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan dari Sayanda.com. Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 12 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan, jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • pertanyaan tentang buah salak
  • manfaat kulit salak dari ilmu kedokteran
  • manfaat buah salak bagi ibu menyusui
  • manfaat buah salak
  • khasiat salak
  • kandungan buah salak dalam asi
  • Hasiat susu bear brand
  • Hasiat luar biasa salak bagi tubuh
  • contoh gambar buah salak com
  • zat yang terkandung dalam buah salak yang dapat mencegah penuaan
Baca Juga:  Pengertian Geografi - Konsep, Manfaat, Ruang Lingkup, Objek, Makalah

Berbagi itu indah!

Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.