9 Manfaat Buah Rambutan dan Kandungan Gizinya

Manfaat Buah Rambutan Sayanda.com – 9 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya – Orang Indonesia pasti sudah akrab dengan buah rambutan. Buah asal negara Malaysia dan Indonesia ini memang sangat terkenal di Asia Tenggara…

…tetapi masih banyak sekali negara-negara bagian barat yang belum mengenalnya.

Buah yang dapat ditemukan dengan mudah di pasar dan super market di Indonesia ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, rambutan juga kaya akan zat gizi…

…yang menjadi alasan mengapa buah ini sering dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan gizi sewaktu mengandung.

Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan

Karena kandungan dan zat gizinya, buah rambutan mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah 9 khasiat buah rambutan untuk kesehatan:

  1. Mengurangi Lemak Tubuh

DietRambutan sangat efektif dalam mengurangi kadar lemak dalam tubuh manusia. Buah rambutan mengandung kandugan serat yang tinggi (2g serat per 100g), kandungan air yang tinggi, dan rendah kalori…

…karena itu, buah ini dapat membantu untuk menurunkan rasa lapar Anda.

Tahukah Anda bahwa biji dari buah rambutan juga berguna untuk menurunkan berat badan? Untuk mengkonsumsinya Anda harus menghancurkannya dan memasaknya terlebih dahulu.

  1. Memberikan Energi

Tubuh SegarBuah rambutan memiliki kadar karbohidrat dan protein yang tinggi. Kedua zat tersebut dapat memberikan energi instan bila dikonsumsi.

Tingginya kandungan air dari buah juga dapat memuaskan rasa haus Anda, dan mengembalikan energi yang terkuras.

Kalau Anda lagi tidak ada waktu makan makanan yang berat-berat, Anda bisa mengkonsumsi buah rambutan sebagai alternatifnya.

  1. Menguatkan Tulang

OsteoporosisManfaat lain dari buah rambutan adalah dapat membantu untuk memperkuat tulang.

Hal ini dikarenakan kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi yang terdapat pada buah rambutan. Zat-zat tersebut dapat membantu Anda untuk memiliki tulang sehat, mencegah kemungkinan patah tulang, dan mencegah penyakit tulang lainnya.

  1. Membantu Dalam Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tubuh SehatRambutan juga kaya akan vitamin C.

Baca Juga:  12 Manfaat Daun Serai (Sereh) Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat utama dari vitamin C adalah meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit dan infeksi. Senyawa ini juga bekerja sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel dalam tubuh, dan mencegah penyakit.

Buah rambutan juga membantu penyerapan zat besi ke tubuh. Selain itu juga dapat melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas.

  1. Membersihkan Ginjal

Sakit GinjalGinjal harus dibersihkan secara teratur untuk mencegah kerusakan ginjal, gagal ginjal, dan keracunan darah. Kandungan zat fosfor pada rambutan menjadikan rambutan sebagai salah satu pengobatan alternatif terbaik untuk membersihkan ginjal.

Selain dapat membersihkan ginjal, zat fosfor juga penting untuk pengembangan dan perbaikan jaringan sel tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Penyakit KankerSeperti yang sudah dibahas sebelumnya, rambutan memilki sifat antioksidan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Kebangsaan Malaysia menemukan bahwa rambutan memiliki kandungan pencegah kanker. Baik itu daging buah, ataupun biji rambutan, dan dipercaya dapat digunakan untuk mencegah terjangkitnya berbagai jenis kanker.

  1. Meningkatkan Kualitas Sperma

PriaVitamin C yang terdapat dalam rambutan, bukan hanya berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda, tetapi juga sangat penting untuk pengembangan sperma.

Kurangnya vitamin C pada pria dapat menyebabkan susah reproduksi. Kondisi tersebut dapat diobati dengan mengkonsumsi 500 mg vitamin C setiap hari selama 1 bulan.

Oleh karena itu mengkonsumsi rambutan secara teratur dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

  1. Membantu Perawatan Diabetes

DiabetesSelain bermanfaat untuk mengurangi lemak dalam tubuh, biji rambutan juga dapat meringankan rasa sakit bagi penderita diabetes.

Mengkonsumsi biji rambutan sering digunakan sebagai penahan rasa sakit, terutama bagi pasien penderita ‘diabetes mellitus’.

  1. Membunuh Parasit

Pilek dan DemamRambutan memiliki sifat terapeutik. Artinya, jika Anda mengkosumsi buah ini secara teratur, maka Anda dapat membunuh parasit pada usus.

Hal ini dapat mencegah terjangkitnya berbagai macam penyakit seperti diare, dan demam.

Kandungan Gizi Buah Rambutan

Kandungan Gizi Buah RambutanAnda pasti bingung mengapa rambutan memiliki begitu banyak manfaat…

…hal ini dikarenakan tingginya kadar kandungan mineral penting dalam buah rambutan.

Simaklah tabel berikut ini untuk informasi lebih jelasnya (informasi berdasarkan per 100g buah rambutan)

Baca Juga:  12 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan
Energi 343 kJ (82 kcal) Thiamine (vit. B1) 0.013 mg (1%) Vitamin C 4.9 mg (6%)
Karbohidrat 20.87 g Riboflavin (vit. B2) 0.022 mg (2%) Calcium 22 mg (2%)
Serat 2 g Niacin (vit. B3) 1.352 mg (9%) Iron 0.35 mg (3%)
Lemak 0.21 g Vitamin B6 0.02 mg (2%) Magnesium 7 mg (2%)
Protein 0.65 g Folate (vit. B9) 8.25g (2%) Manganese 0.343 mg (16%)
Phosphorus 9 mg (1%) Potassium 42 mg (1%) Sodium 11 mg (1%)
Zinc 0.08mg (1%)

Sumber Tabel: USDA

Karena tingginya kandungan gizi yang dimilikinya, buah rambutan juga sering digunakan untuk memenuhi gizi ibu hamil.

Dari namanya, Anda sudah pasti sadar bahwa buah rambutan berasal dari Indonesia dan Malaysia. Selain rasanya yang enak, buah rambutan juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Walaupun memiliki begitu banyak kegunaan, dan kaya akan kandungan gizi, buah ini hanya dikenal oleh orang-orang Asia Tenggara.

Sebarkan khasiat dan manfaat buah rambutan kepada teman-teman asingmu, karena rahasia hidup sehat wajib diketahui semua orang.

***

Demikianlah artikel 9 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya dari Sayanda.com. Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar 9 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya, jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • manfaat buah rambutan
  • manfaat rambutan
  • khasiat buah rambutan
  • kandungan rambutan
  • kandungan gizi buah rambutan
  • khasiat rambutan
  • apa manfaat buah rambutan
  • memfaat buah rambutan
  • kasiat rambutan
  • hasiat rambutan
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.