loading...

7 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Sayanda.com – Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Siapa yang tak tahu pepaya? Buah yang memiliki nama latin Carica Papaya dan termasuk dalam famili Caricae ini berasal dari Meksiko.

Buah yang memiliki daging berwarna kuning atau oranye ini juga sering disebut buah rakyat karena harganya murah dan mudah didapat. Meskipun murah, pepaya memiliki banyak vitamin dan kandungan gizi.

Tanaman pepaya termasuk tumbuhan yang mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Cukup dengan menebar biji buahnya di sebuah pekarangan atau kebun, beberapa bulan kemudian pohon-pohon pepaya akan muncul dan tumbuh dengan baik.

Pohon pepaya juga tidak butuh perawatan khusus seperti pupuk atau pestisida. Sehingga hampir semua buah pepaya bisa digolongkan sebagai buah organik.

Lalu, apa saja manfaat dan khasiat buah yang berbentuk seperti pesawat Apollo ini? Berikut adalah beberapa kegunaan pepaya untuk kesehatan dan kecantikan.

loading...

7 Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pepaya

via alkalinevalleyfoods.com

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Siapa yang menyangka, bahwa dalam buah semurah pepaya terkandung banyak vitamin dan kandungan gizi yang sangat berguna bagi tubuh.

Baca Juga:
15 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami dan Cepat

Pepaya kaya akan kandungan serat, kalium, dan vitamin yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Pola makan yang teratur dengan meningkatkan asupan kalium dan mengurangi konsumsi natrium , merupakan menu sehat yang baik untuk mencegah risiko terjadinya gagal jantung.

Buah pepaya juga memiliki kandungan enzim yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan meningkatnya kadar kolesterol pada darah.

Seperti yang Anda tahu, kolesterol merupakan salah satu penyebab utama seseorang terserang penyakit jantung atau stroke.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Tidak hanya dagingnya, biji buah pepaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Pada biji buah pepaya terdapat kandungan gizi yang penting bagi kesehatan ginjal yaitu flavonoid dan phenotic.

Meskipun manusia memiliki dua ginjal, tubuhnya tidak akan berfungsi dengan baik jika salah satu ginjal rusak.

Ginjal memiliki peran penting bagi tubuh manusia. Tugas ginjal adalah memisahkan dan membuang metabolisme yang buruk pada darah.

Jika salah satu ginjal rusak, tubuh manusia akan dipenuhi racun yang membahayakan bagi kesehatan. Tidak heran, jika saat ini banyak ditemukan ekstrak biji pepaya yang dikemas sebagi obat herbal untuk penyakit ginjal.

  1. Melancarkan BAB dan Menurunkan Berat Badan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pepaya merupakan obat ampuh untuk mengatasi sembelit.

Pada buah pepaya terdapat kandungan gizi bernama papain. Kandungan papain terbukti mampu membunuh parasit yang mengganggu sistem percenaan dan usus. Pepaya juga mengandung banyak serat yang baik bagi lambung, dapat mencegah wasir, dan melancarkan buang air besar.

Baca Juga:
10 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Selain dapat melancarkan BAB, khasiat pepaya lainnya adalah untuk menurunkan berat badan.

Kandungan enzim pada pepaya mampu mengurangi kadar protein, karbohidrat, dan lemak berlebih pada tubuh. Hal tersebut merupakan penyebab utama kenaikan berat badan.

Enzim pada pepaya juga mampu melancarkan proses metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Oleh karena itu buah pepaya sering digunakan sebagai kombinasi dalam menu diet orang-orang.

  1. Menyehatkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Buat apa repot-repot pergi ke klinik kecantikan? Untuk mendapat kulit sehat dan mencegah keriput pada wajah tidaklah sulit!

Rajin mengonsumsi buah pepaya yang murah meriah akan membuat kantong Anda bernafas lega dan kulit wajah bertambah cantik. Ini tentunya dikarenakan kandungan vitamin A, E, dan C pada pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah.

Kandungan vitamin tersebut mampu mengembalikan kelembaban kulit dan menghilangkan kekusaman pada wajah, sehingga wajah kembali bersinar.

Buah pepaya juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas perusak kulit. Sehingga kulit terhindar dari masalah jerawat, flek hitam, keriput, dan sebagainya,

  1. Mempertajam Penglihatan

Mata adalah jendela jiwa, karena itulah memiliki mata yang sehat dan indah merupakan impian dan keinginan semua orang.

Pada buah pepaya terdapat kandungan betakaroten yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

Bagi Anda yang berkaca mata dan memiliki minus yang mengkhawatirkan, jangan sedih. Betakaroten pada pepaya juga mampu menyembuhkan minus dan mempertajam penglihatan Anda.

  1. Menyehatkan Tulang

Kekurangan vitamin K pada tubuh dapat menimbulkan risiko patah dan kerusakan tulang.

Baca Juga:
8 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Buah pepaya mempunyai kandungan kalsium yang melimpah. Rajin mengonsumsi kalsium dapat membantu mengurangi pergesekan sendi dan pembuangan kalsium alami dalam tubuh yang merupakan penyebab timbulnya penyakit-penyakit pada tulang.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Buah pepaya kaya akan Vitamin C dan A. Vitamin-vitamin tersebut merupakan nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Kekurangan vitamin C dan A dapat menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit flu, demam, dan batuk.

Oleh karena itu, dengan rutin mengonsumsi pepaya, Anda akan terhindar dari berbagai macam virus dan penyakit.

***

Meskipun manfaat pepaya melimpah, buah ini ternyata juga memiliki risiko bagi kesehatan.

Efek samping buah pepaya adalah tidak disarankan untuk orang yang alergi bahan lateks. Hal ini dikarenakan buah pepaya memiliki kandungan chitinases yang menimbulkan efek samping terhadap orang yang alergi pada lateks.

Karena kandungan gizinya yang tinggi, terdapat juga berbagai macam manfaat buah pepaya untuk ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan ibu hamil membutuhkan kebutuhan gizi harian yang dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi pepaya.

Mengatur pola makan dan rajin berolahraga juga merupakan resep ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh.

Daripada berkosentrasi pada satu jenis makanan, mengombinasikan beberapa makanan sehat akan lebih baik agar tubuh mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

Selamat mencoba!

loading...

Sumber:

Baca Juga:
9 Manfaat Buah Pinang Muda - Efek Samping dan Kandungan Gizinya
Pencarian Masuk:
  • fungsi sejatah
  • manfaat lingkungan hidup dan unsurnya
  • komponen dan contoh manfaat sejarah
  • pola analisis pada teks prosedur
  • kandungan daun singkong dan manfaatnya
  • analisis satu teks prosedur
  • bagian tujuan adalah
  • kekurangan daun pandan
  • keuntungan indonesia dalam perdagangan internasional
  • yodium meningkatkan kecerdasan