loading...

11 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Buah Mengkudu Sayanda.com – 11 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya.

Buah yang satu ini terkenal kaya manfaat walaupun memiliki bau yang sangat menyengat.

Tidak seperti durian, meskipun menyengat namun membuat ngiler, bau busuk mengkudu kadang membuat orang ingin muntah.

Khasiat buah mengkudu memang lebih banyak dibuktikan melalui pengobatan tradisional daripada melalui ilmu kedokteran modern. tetapi memang tidak bisa dipungkiri, mengkudu mengandung banyak zat baik seperti vitamin B, kalsium, asam amino, flavonoid, vitamin A, vitamin B3, katekin, zat besi, dan juga antioksidan.

Nah, apa saja manfaat buah mengkudu yang sudah diketahui? Ayo simak ulasannya berikut ini.

loading...

11 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Pengobatan Kanker

Penyakit KankerMeskipun penelitian baru banyak dibuktikan kepada hewan dan studi laboratorium, tapi hasilnya sangat menjanjikan.

Ekstrak buah mengkudu terbukti berhasil menghambat pertumbuhan tumor maupun sel RAS yang merupakan penyebab kanker. Hal ini karena ekstrak mengkudu dapat merangsang sistem imun seseorang, dan juga membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan pasien.

Baca Juga:
9 Manfaat Buah Jeruk Purut Untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya
  1. Menurunkan Tekanan Darah

Darah TinggiUntuk yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, konsumsi empat ons jus mengkudu setiap harinya selama sebulan saja, akan menurunkan tekanan darah orang tersebut.

Khasiat menurunkan tekanan darah ini berkat kandungan xeronine, zat fitonutrien, dan zat scopoletin yang terdapat di dalam buah mengkudu.

  1. Meningkatkan Daya Tahan tubuh

Tubuh SehatKandungan nutrisi yang sangat banyak di dalam mengkudu dapat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Antioksidan dan berbagai vitamin yang dimiliki mengkudu dapat meningkatkan sistem kekebalan seseorang sehingga penyakit tidak mudah masuk.

Konsumsi jus mengkudu yang dicampur anggur dan buah blackberry selama 21 hari juga terbukti mampu meningkatkan stamina seorang pelari jarak jauh saat latihan.

  1. Anti Bakteri

Tubuh SegarBuah, akar atau kulit batang mengkudu mengandung senyawa antrakuinon dan terpana yang memiliki sifat anti bakteri.

Oleh karena itu mengkudu sering digunakan sebagai antiseptik untuk mencuci luka dan eczema.

  1. Membantu Menurunkan Kolesterol

KolesterolKadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Nah, konsumsi air rebusan mengkudu secara teratur terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah.

Zat xeronine dan proxeronine yang dimiliki mengkudu yang berperan memerangi kolesterol jahat tersebut.

  1. Mengobati Asam Urat

Asam UratPenyakit asam urat adalah kondisi klinis yang menyebabkan gejala nyeri, rasa panas, dan pembengkakan di persendian tubuh.

Baca Juga:
12 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Gejala asam urat ini dapat dirasakan di semua sendi tubuh, tapi yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, pergelangan kaki, lutut, dan juga jari kaki.

Mengkudu memiliki zat iridoid yang bisa mengurangi derita asam urat sehingga baik dikonsumsi secara berkala untuk penderita asam urat.

Sifat analgesik yang dimiliki mengkudu juga berfungsi meredakan rasa nyeri yang dirasakan pada sendi.

  1. Mengobati Diabetes

DiabetesDi dalam buah mengkudu terdapat zat yang bernama proxeronine. Zat ini bisa berguna dalam pengobatan penyakit diabetes, atau yang biasa disebut penyakit kencing manis.

  1. Meredakan Batuk

BatukBatuk merupakan gejala yang bisa timbul karena berbagai hal, bisa karena alergi atau infeksi bakteri dan virus.

Karena mengkudu memiliki zat anti bakteri, konsumsi air rebusan mengkudu dapat membantu mengurangi rasa gatal, dan membunuh kuman dan penyakit yang menyerang tenggorokan.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran DarahPeredaran darah yang tidak lancar bisa memicu berbagai penyakit dan komplikasi.

Konsumsi mengkudu yang mengandung zat scopoletin dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga bisa melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

  1. Mengobati Gangguan Pencernaan

Gangguan PencernaanSifat anti bakteri dan anti peradangan yang dimiliki mengkudu dapat membantu pengobatan gangguan pencernaan seperti radang usus, keracunan makanan, dan radang lambung.

  1. Melembutkan Kulit

Kulit CerahTernyata selain memiliki banyak khasiat untuk kesehatan organ dalam tubuh, mengkudu juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Baca Juga:
7 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buat kamu yang memiliki kulit kasar dan bersisik, rutin menggosokkan potongan buah mengkudu ke bagian kulit yang kasar akan membuatnya menjadi lebih halus.

Efek Samping Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Efek Samping Buah MengkuduMeskipun manfaat buah mengkudu sangat banyak, konsumsi mengkudu harus dalam porsi yang disarankan. Hal ini dikarenakan konsumsi mengkudu yang berlebihan justru dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Ada juga kalangan tertentu yang sebaiknya menghindari konsumsi mengkudu antara lain: orang yang memiliki kadar potasium tinggi, penderita penyakit organ hati, dan ibu hamil menyusui.

Mengkudu dapat meningkatkan kadar potasium dalam tubuh, sehingga orang-orang yang sudah memiliki kadar potasium tinggi sebaiknya menghindari buah ini. Kadar potasium tinggi dapat menyebabkan penyakit ginjal, sulit bernapas, mual, hingga kelumpuhan dan masalah jantung.

Penggunaan mengkudu pada pasien penderita gangguan hati juga dilaporkan mengalami kerusakan liver setelah konsumsi selama berminggu-minggu.

Sedangkan pada ibu hamil dan menyusui, sudah lama dipercaya memberikan dampak buruk untuk janin, makanya pada zaman dahulu sering digunakan sebagai obat aborsi.

Buah mengkudu merupakan buah berbau busuk tetapi kaya akan manfaat…

…Namun penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan efek sampingnya masih belum banyak dilakukan. Oleh karena itu, konsumsi mengkudu harus dilakukan secara hati-hati dan sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

***

Demikianlah artikel 11 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dari Sayanda.com.

Baca Juga:
8 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 11 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan; jangan sungkan untuk bertanya.

loading...

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • khasiat mengkudu modern