17 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Sayanda.com – 17 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan.

Air putih adalah sumber kehidupan dan juga rahasia kesehatan bagi tubuh. Banyak sekali khasiat yang akan Anda dapatkan hanya dengan mengkonsumsi air putih secara cukup setiap harinya.

Para ahli menganjurkan untuk mengkonsumsi kurang lebih 8 gelas air setiap harinya atau yang setara dengan 2 liter.

Manfaat air putih sangat banyak dan bukan hanya berkhasiat untuk kesehatan tetapi juga berkhasiat bagi kecantikan.

loading...

17 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Menghilangkan Dehidrasi dan Haus

Manfaat Air Putih Untuk DietManfaat air putih untuk menghilangkan rasa dehidrasi dan rasa haus sudah pasti adalah yang paling utama.

Cairan tubuh akan berkurang seiring dengan aktivitas harian yang Anda jalani. Saat cairan tubuh berkurang maka aktivitas akan terhambat karena tubuh Anda akan terasa lemas dan tidak bertenaga.

Minum air putih akan mengembalikan tubuh Anda menjadi segar dan pulih kembali dalam waktu yang cepat.

  1. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Manfaat Air Putih HangatDi dalam tubuh manusia, 60% – 70% bagiannya terdiri dari air.

Aktivitas harian akan mengganggu keseimbangan cairan di dalam tubuh. Cairan ini berfungsi untuk mengatur distribusi nutrisi ke seluruh anggota tubuh.

Meminum air putih yang cukup dapat menjadi alternatif untuk membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh sehingga proses di dalam tubuh seperti pengaturan suhu tubuh dan pencernaan makanan dapat dijalankan dengan optimal.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

DietSebuah penelitian menunjukan bahwa air putih sangat bermanfaat untuk diet. Hanya dengan mengkonsumsi air putih secara rutin dan teratur dalam jumlah yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan.

Cara mendapatkan khasiatnya cukup mudah yakni dengan minum air putih sebelum makan. Air akan membuat perut anda terasa lebih kenyang dan dengan begitu Anda akan makan lebih sedikit dari porsi normal. Secara otomatis kalori yang Anda konsumsi juga lebih sedikit.

Selain itu air juga dapat membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Sehingga mengkonsumsi banyak air putih dapat meningkatkan efektivitas dari manfaat air putih.

  1. Membantu Meningkatkan Energi

Tubuh SegarJika Anda tidak mengkonsumsi cukup air setiap harinya, pasti Anda akan merasa cepat lelah dan tubuh terasa lebih lemas. Otot tubuh yang kekurangan air tidak dapat bekerja dengan baik dan berakibat mengalami rasa lelah.

Dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya maka Anda akan terhindar dari rasa lelah dan energi akan terasa meningkat.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

DetoksifikasiDengan meminum air putih maka Anda telah memperlancar proses pengeluaran racun atau detoksifikasi dalam tubuh. Racun-racun di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui air keringat dan air seni.

Dengan begitu racun di dalam tubuh akan berkurang.

Selain itu dengan mengkonsumsi air putih maka Anda dapat mengurangi resiko terkena batu ginjal dan infeksi saluran kencing.

  1. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Kulit CerahAir putih ternyata juga dapat menjaga kelembaban kulit. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, lebih dari 2/3 tubuh manusia terdiri dari air, maka dengan mengkonsumsi air putih maka kulit Anda akan terasa segar kembali.

Kulit Anda juga akan terasa lebih lembut, bercahaya dan halus.

Racun-racun yang mengendap di dalam tubuh dapat menyebabkan kulit merada, menyumbat pori-pori dan pada akhirnya menimbulkan jerawat.

Air putih dapat memperlancar proses detoksifikasi atau pembuangan racun melalui keringat dan dampaknya adalah kulit akan terlihat lebih segar dan cerah.

  1. Melindungi Ginjal

Sakit GinjalPenyebab utama dari penyakit batu ginjal dan gagal ginjal adalah kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Tugas ginjal setiap harinya adalah mengolah 200 liter darah dan menyaring keluar limbah-limbah dari dalam tubuh serta mengangkut urin ke kandung kemih.

Ginjal membutuhkan kandungan air yang cukup untuk membersihkan racun-racun dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat Terapi Air PutihSiapa sangka jika mengkonsumsi air putih yang cukup dapat membantu meningkatkan fokus serta mengembalikan tenaga.

Mengkonsumsi air putih yang cukup menghindarkan Anda dari kehilangan fokus dan membantu agar dapat bekerja lebih optimal.

  1. Mengembalikan Mood

Menenangkan PikiranKala Anda tengah mengalami stress dan mood menurun karena masalah-masalah yang sedang Anda hadapi, maka Anda bisa memanfaatkan air putih untuk mengembalikan mood yang hilang dan menjadi segar kembali.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Otak

PintarSiapa sangka ternyata manfaat air putih juga dapat dirasakan oleh otak?

Dengan meminum air putih minimal 2 liter setiap harinya maka Anda telah membantu meningkatkan dan mengoptimalkan fungsi otak. Air putih dapat meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf pada otak.

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan otak lebih mudah lelah dan Anda akan mudah kehilangan konsentrasi saat beraktivitas.

  1. Mencegah Stretch Mark Pada Ibu Hamil

HamilStretch mark adalah guratan pada kulit yang suka muncul sewaktu mengandung. Stretch mark terjadi karena kulit kering dan kekurangan nutrisi.

Seiring dengan meningkatnya usia kandungan, maka kulit yang kurang kering dan kurang nutrisi pada akhirnya pasti akan meninggalkan guratan-guratan pada permukaan kulit.

Namun dengan mengkonsumsi air putih, maka ibu hamil dapat menahan dan mencegah munculnya stretch mark.

Baca juga:

  1. Mengobati Demam

Pilek dan DemamSaat terserang penyakit demam, mengkonsumsi banyak air putih dapat menurunkan demam Anda.

Dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah besar maka Anda akan lebih sering untuk buang air kecil, yang alhasil akan mengobati penyakit demam Anda.

  1. Membantu Penyembuhan Penyakit

SariawanSelain mengobati demam, sariawan dan sakit tenggorokan juga dapat Anda obati hanya dengan minum cukup air setiap harinya.

Air putih hangat lebih berkhasiat untuk mengobati karena dapat mencegah terjadinya peradangan.

  1. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Peredaran DarahKekurangan cairan dalam tubuh dapat merusak sistem peredaran darah.

Anda harus mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup agar dapat mencegah penurunan kinerja peredaran darah dalam tubuh.

  1. Obat Sakit Kepala

Sakit KepalaSakit kepala atau migrain sering disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Dengan mengembalikan cairan pada tubuh maka Anda dapat membantu tubuh sehat kembali dan terhindar dari sakit kepala dan migrain.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut SehatSeperti yang saya katakan sebelumnya, manfaat air putih juga bisa dirasakan dari segi kecantikan.

Selain menjaga kelembaban kulit, air putih juga dapat menjaga kelembaban rambut. Kondisi rambut kering dapat Anda obati dengan minum air.

Selain itu, rambut yang lembab juga akan tampak lebih sehat, dan berkilau.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Cara Memutihkan Kulit WajahMungkin sudah menjadi rahasia umum bahwa air putih dapat mengeluarkan racun yang mengendap pada lapisan kulit wajah, dan hal ini berkhasiat untuk mengencangkan kulit, memperkecil pori-pori wajah yang akan membuat Anda terlihat lebih awet muda.

***

Demikianlah artikel 17 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 17 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan, jangan sungkan untuk bertanya di bawah.

loading...

Sumber:

Leave a Reply

Tidak mau ketinggalan update dari blog Sayanda?
Segera daftarkan email Anda! Gratis!

Berlangganan ke dengan blog Sayanda dan dapatkan artikel serta update menarik langsung ke inbox email Anda. GRATIS!