Lingkungan Hidup – Pengertian, Komponen, Manfaat, Masalah

Sayanda.com – Lingkungan Hidup – Pengertian, Komponen, Manfaat, Permasalahan

Kehidupan terdiri dari unsur yang saling menghasilkan hubungan timbal balik. Unsur-unsur tersebut di antaranya makhluk hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan), serta lingkungan hidup tempat makhluk hidup tinggal.

Secara umum, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang yang terdiri dari makhluk hidup dan komponen lain yang ada di dalamnya, termasuk manusia beserta perilakunya.

Pengertian tersebut memberikan gambaran bahwa yang dimaksud lingkungan hidup tidak hanya mencakup lingkungan fisik, namun juga meliputi ekosistem, perilaku sosial, bahkan budaya.

loading...

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para AhliBerikut ini merupakan pengertian lingkungan hidup menurut para ahli dan konstitusi negara yang mengatur pengelolaan lingkungan hidup:

  1. UU No. 32 Tahun 2009 tentang Pelindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang yang meliputi seluruh benda, daya, dan keadaan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang memengaruhi lingkungan hidup, kelangsungan kehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk lainnya.

  1. Emil Salim

Lingkungan hidup merupakan keseluruhan benda, keadaan, pengaruh, dan kondisi yang terdapat dalam ruang yang kita tempati dan memengaruhi kehidupan manusia.

  1. Munajat Danusaputra

Lingkungan hidup memiliki arti seluruh benda dan kondisi di dalamnya, termasuk manusia dan perilakunya yang memengaruhi kehidupan makhluk hidup lain di sekitarnya.

  1. Bintarto

Lingkungan hidupa adalah keseluruhan komponen yang berada di sekitar tempat hidup kita, baik yang hidup maupun non-hidup, yang dapat memengaruhi atau dipengaruhi tindakan kita.

  1. Sambas Wirakusumah

Lingkungan hidup merupakan keseluruhan aspek eksternal biologis tempat organisme hidup dan ilmu-ilmu lingkungan menjadi studi aspek lingkungan organisme tersebut.

Komponen Lingkungan Hidup

Komponen Lingkungan HidupLingkungan hidup dibagi ke dalam tiga kategori, yakni lingkungan alami (biotik dan aboitik), lingkungan binaan, dan lingkungan sosial budaya.

  1. Lingkungan Hidup Alami
Baca Juga:  Jenis & Bentuk Permukaan Bumi Dasar Laut

Lingkungan hidup alami memiliki arti lingkungan hidup yang telah ada di alam tanpa adanya campur tangan manusia dalam memodifikasi atau mengubah tatanan lingkungan yang sudah ada. Lingkungan hidup alami meliputi komponen biotok dan abiotik.

Komponen biotik terdiri dari keseluruhan makhluk hidup mulai dari mikroorganisme, hewan, tumbuhan, dan manusia. Sementara, yang dimaksud komponen abiotik ialah unsur tak hidup yang menunjang keberlangsungan hidup komponen biotik, seperti udara, mineral, tanah, air, batuan, cahaya matahari, dan sebagainya.

Dalam lingkungan hidup alami, seluruh komponen biotik dan abiotik memiliki perannya masing-masing yang saling memengaruhi. Contohnya, komponen abiotik yakni tanah, air, dan cuaca dapat memengaruhi kehidupan organisme seperti tanaman di suatu wilayah.

  1. Lingkungan Hidup Binaan

Kesadaran manusia bahwa lingkungan hidup alami memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan makhluk hidup membuat manusia berusaha untuk memperpanjang usia lingkungan hidup dengan cara memodifikasi atau mengelola lingkungan hidup.

Hal tersebut dilakukan tidak lain agar lingkungan hidup dapat kembali memiliki keseimbangan ekologi dalam memenuhi kebutuhan seluruh makhluk hidup yang berada di dalamnya.

Usaha penciptaan lingkungan hidup binaan meliputi penanaman hutan (reboisasi), pengolahan air limbah agar tidak mencemari lingkungan sungai, serta penanaman pohon untuk menciptakan suasana yang rindang dan udara bersih.

  1. Lingkungan Sosial Budaya

Lingkungan sosial budaya merujuk pada lingkungan tempat manusia berinteraksi dengan sesamanya. Lingkungan sosial budaya tentu saja berhubungan erat dengan lingkungan alam. Berbagai jenis pembaharuan dan kerusakan yang terjadi pada lingkungan alam merupakan buah dari interaksi manusia dalam lingkungan sosial budaya.

Interaksi sosial manusia yang berdampak bagi keberlangsungan hidup lingkungan alam terdiri dari dua kategori yakni interaksi yang bersifat asosiatif dan disosiatif.

Interaksi asosiatif merupakan bentuk hubungan yang menghasilkan kerja sama terhadap pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Dalam konteks lingkungan hidup, bentuk interaksi asosiatif tersebut dapat dilihat dari usaha manusia untuk menghijaukan kembali wilayahnya dengan menanam pohon. Sementara, interaksi disosiatif merupakan kebalikan dari interaksi asosiatif. Interaksi disosiatif cenderung menimbulkan kerugian bagi setiap komponen lingkungan hidup yang berada di dalamnya.

Baca Juga:  Pengertian Ambang Laut Beserta Ciri dan Contoh

Manusia memegang peran utama di dalam lingkungan hidup sebab manusia telah diberkati dengan kemampuan melebihi makhluk-makhluk lainnya. Dengan kemampuannya tersebut, manusia seharusnya mampu menjadikan lingkungan hidup sebagai tempat tinggal yang makmur dan enguntungkan setiap komponen yang ada di dalamnya.

Namun, tentu saja kemampuan yang dimiliki tiap manusia berbeda-beda. Manusia yang memiliki kemampuan dan pengetahuan tinggi tentu saja akan membuat lingkungan hidupnya menjadi tempat yang lebih nyaman untuk ditinggali, sedangkan manusia yang kemampuannya masih tergolong rendah cenderung memanfaatkan lingkungan hanya untuk mengeruk keuntungan yang ujung-ujungnya menimbulkan kerusakan pada lingkungan.

Manfaat Lingkungan Hidup

Manfaat Lingkungan HidupManusia dapat bertahan hidup berkat unsur-unsur lingkungan hidup di sekitarnya. Manfaat lingkungan hidup bagi manusia dapat kita bagi ke dalam beberapa poin berikut:

  1. Udara segar, yang termasuk ke dalam komponen abiotik, merupakan komponen esensial untuk pernapasan.
  2. Air memiliki peran penting untuk menunjang kebutuhan hidup manusia seperti mandi, mencuci, dan bahkan sebagai pembangkit listrik.
  3. Tumbuhan dan hewan sebagai unsur pemenuhan kebutuhan pangan manusia.
  4. Lahan tanah sebagai tempat mendirikan tempat tinggal bagi manusia.

Permasalahan Yang Terjadi Pada Lingkungan Hidup

Masalah Lingkungan HidupApa yang akan terjadi jika lingkungan hidup di sekitar kita rusak?

Tentunya kehidupan kita pun akan terganggu sebab ekosistem menjadi tidak seimbang. Berbagai kerusakan alam akibat interaksi manusia dengan alam yang merugikan sudah banyak kita temui. Mulai dari kebakaran hutan, banjir, pencemaran udara, tanah longsor, dan masih banyak lagi.

Kerusakan-kerusakan tersebut tidak hanya menimbulkan kerugain bagi manusia. Makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan pun turut menderita akibat habitat tempat tinggalnya mulai rusak.

Contohnya saja, habitat gajah di wilayah Sumatera yang semakin sempit karena dijadikan perkebunan kelapa sawit telah membuat gajah-gajah yang tinggal di wilayah tersebut pergi mencari tempat lain untuk mencari makan. Tak jarang gajah-gajah tersebut masuk ke wilayah tempat tinggal manusia dan menimbulkan kegaduhan di dalamnya. Manusia yang merasa terancam dengan kedatangan kawanan gajah itupun tidak segan-segan untuk melakukan tindakan yang dapat menghilangkan nyawa gajah-gajah tersebut. Akibatnya, populasi gajah yang sudah langka, menjadi semakin langka akibat tindakan tersebut.

Baca Juga:  Pengertian Geografi - Konsep, Manfaat, Ruang Lingkup, Objek, Makalah

Berbagai usaha telah banyak dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran manusia akan bahaya kerusakan lingkungan.

Masalah lingkungan hidup sudah banyak dibahas di berbagai kesempatan, salah satunya pada setiap peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni. Para aktivis lingkungan hidup sering menyuarakan pentingnya menjaga ekosistem alam agar setiap komponen yang terdapat di dalamnya dapat hidup dengan damai.

Sebagai pemeran utama dalam kehidupan di muka bumi, kita sebagai manusia wajib melakukan usaha apapun untuk menjaga fungsi dan kondisi seluruh komponen dalam lingkungan hidup dari segalam macam kerusakan. Kita tidak akan bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika lingkungan hidup semakin rusak.

Oleh karenanya, kesadaran untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan harus dimulai dari diri kita sendiri. Salah satu cara mudah yang dapat kita lakukan untuk merawat lingkungan hidup dalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar dan menghemat penggunaan energi.

Makalah Lingkungan Hidup

Berikut ini adalah berapa contoh makalah lingkungan hidup yang digunakan blog Sayanda dalam menuliskan artikel berikut ini:

***

Demikianlah artikel Lingkungan Hidup – Pengertian, Komponen, Manfaat, Permasalahan dari Sayanda.com. Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar Lingkungan Hidup – Pengertian, Komponen, Manfaat, Permasalahan; jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

loading...
Pencarian Masuk:
  • materi lingkungan hidup
  • materi tentang lingkungan hidup
  • pengertian lingkungan hidup
  • manfaat lingkungan hidup
  • materi lingkungan
  • materi tentang lingkungan
  • contoh lingkungan hidup
  • komponen lingkungan hidup
  • rangkuman lingkungan hidup
  • lingkungan hidup adalah
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.

Leave a Reply