loading...

Hukum 10000 Jam – Rahasia Menuju Kesuksesan Dalam Semua Bidang

Sayanda.com – Hukum 10000 Jam – Rahasia Menuju Kesuksesan Dalam Semua Bidang.

Banyak sekali orang yang mengaitkan mereka yang ahli dalam suatu bidang, baik itu musisi, ataupun atlet dengan bakat spesial dan gen spesial mereka yang berbeda dari mayoritas orang-orang.

Tetapi taukah Anda, bahwa untuk menjadi ahli dalam suatu bidang, bakat memiliki peran yang sangat kecil.

Malcolm Gladwell, seorang penulis buku terkenal, pada bukunya Outliers pertama kali memperkenalkan hukum 10000 jam. Pada buku yang ditulisnya itu, Malcolm Gladwell menegaskan bahwa mereka yang menguasai suatu bidang, bukanlah menguasai bidang tersebut karena bakat yang mereka miliki, tetapi diperoleh melalui tekat mereka yang luar biasa untuk terus mempelajari bidang tersebut hingga 10 ribu jam.

Benar sekali, 10 ribu jam.

Malcolm Gladwell percaya jika Anda melakukan satu hal yang sama terus menerus selama 10 ribu jam, maka Anda akan menjadi ahli dalam bidang tersebut.

Rahasia 10 ribu jam ini didasarkan pada penilitian oleh seorang ahli psikolog bernama Anders Ericsson. Anders Ericsson mengatakan bahwa dengan mendedikasikan 10 ribu jam dalam melakukan suatu hal, maka Anda akan menjadi ahli dalam bidang tersebut.

loading...

Bagaimana Cara Untuk Menerapkan Hukum 10000 Jam ini Dalam Hidup

  1. Berhentilah Menghabiskan Waktu

Berhenti Menonton TV Berhenti Menonton TVTahukah Anda bahwa rata-rata orang di Indonesia menonton TV empat jam sehari atau 20 jam seminggu.

Baca Juga:
Pengertian Manajemen - Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis, Makalah

Jika Anda menggunakan waktu yang Anda gunakan untuk menonton TV ini dan menggantinya untuk mempelajari suatu hal yang baru, Anda akan dapat mempelajari suatu bidang baru dan menjadi ahli dalam bidang tersebut.

Bayangkan diri Anda hanya dengan mematikan TV saja, maka Anda akan bisa menjadi koki yang sangat hebat dalam memasak.

Berhenti Bermain Video Game Berhenti Bermain Video GameDi era modern ini, remaja Indonesia dapat menghabiskan waktu bermain video game hingga 45 jam dalam seminggu.

Bayangkan jika Anda  bisa mendedikasikan jumlah waktu yang sama untuk mempelajari suatu bidang yang baru. Anda akan dapat mempelajari bidang tersebut dalam waktu yang singkat. Jadi matikanlah X-Box milik Anda, dan jadilah seorang ahli bahasa.

Matikanlah PS4 milik Anda, dan jadilah seorang progammer game. Hapuslah game yang ada dalam PC Anda dan jadilah seorang pemain golf profesional.

  1. Cintai Apa Yang Kalian Kerjakan

Cintai Apa Yang Kalian KerjakanJika Anda ingin mengerjakan suatu hal, dan terus tekun untuk melakukannya sampai 10 ribu jam, tentu saja Anda harus mencintai apa yang Anda kerjakan

Bayangkan jika Anda bekerja menjadi seorang koki, tetapi Anda tidak suka memasak, apakah Anda mampu untuk terus bekerja hingga 10 ribu jam? Jawabannya tentu saja tidak.

Apabila Anda mencintai bahasa mandarin, dan sangat tertarik dengan bahasa tersebut. Sangatlah mudah untuk Anda agar dapat terus tekun mempelajari bahasa mandarin.

  1. Pintar Dalam Membagi Waktu

Pintar Dalam Membagi WaktuHanya dengan manajemen waktu yang baiklah Anda dapat mengaplikasikan hukum ini dalam hidup Anda. Anda juga perlu memiliki tekat dan tekun untuk terus memperdalam ilmu Anda.

Baca Juga:
Pengertian Laporan Keuangan - Tujuan, Fungsi, Cara Membuat, Makalah

Carilah waktu untuk mempelajari dan memperdalam pengetahuan Anda tentang bidang tersebut. Jika Anda, sudah mulai bekerja, apakah yang Anda lakukan sepulang kerja? Apakah menonton TV? Pergi makan bareng bersama teman-teman? Pergi ke kafe dan kumpul dengan teman-teman?

Pernahkah Anda berpikir bahwa jika Anda membagi waktu Anda yang Anda gunakan untuk bersenang-senang, dan mempelajari hal yang baru, maka waktu yang Anda habiskan akan menjadi jauh lebih berharga?

Bayangkan diri Anda di masa depan memiliki suatu kemampuan baru yang tidak dimiliki banyak orang.

Siapa Dari Mereka Yang Telah Sukses Dalam Hidup Dengan Menerapkan Hukum 10000 Jam?

Cobalah cermati dan pikirkan nama-nama dari orang yang saya sebutkan ini: David Beckham, Michael Jordan, dan group band The Beatles.

Apakah Anda tau apakah yang sama dan berbeda dari mereka ini dengan orang lainnya? Perbedaan dari yang mereka miliki adalah profesi yang dilakoni mereka masing-masing.

Persamaan yang mereka miliki adalah ketekunan, fokus, dan kerja keras mereka untuk terus mencapai mimpi. Sekali lagi.. Tekun, fokus, dan kerja keras. Hukum 10 ribu jam adalah cara mereka untuk menjadi sangat ahli di bidangnya.

  1. Michael Jordan

Michael JordanMantan pemain basket paling hebat di dunia ini pernah melakukan lemparan bebas (free throw) ke ring dengan mata tertutup. Aksi ini disaksikan lebih dari 30 ribu penonton dan lemparan itu ia lakukan dengan sempurna. Jika Anda tidak mengerti, pasti akan berpendapat bahwa Michael Jordan beruntung. Apa yang dilakukannya hanyalah sebuah keberuntungan. Kenyataannya tidaklah seperti itu…

Baca Juga:
5 Tips Sukses Wawancara (Interview) Kerja Untuk Fresh Graduate

…Michael Jordan bukan beruntung, dan tembakan yang ia lakukan bukanlah tembakan untung-untungan. Tembakan yang ia lakukan adalah buah dari ketekunan ia dalam berlatih selama bertahun-tahun. Jika pemain-pemain lainnya berlatih dengan melakukan 100 lemparan perhari, Michael Jordan melakukan 1000 lemparan perhari.

Michael Jordan menjadi sangat sukses dalam hidupnya dan karena ia telah melewati 10 ribu jam latihan yang membuatnya menjadi mantan pemain basket terbaik di dunia.

  1. The Beatles

The BeatlesDi dunia ini mana ada yang tidak kenal dengan The Beatles. Musisi legendaris ini mencapai kesuksesan mereka melalui proses yang panjang. Mereka menjadi ahli dalam bidangnya karena telah berlatih lebih dari 10 ribu jam. Dengan melakukan latihan selama 8 jam sehari yang terus dilakukan lebih dari bertahun-tahun.

  1. David Beckham

David BeckhamDavid Beckham adalah salah satu pemain sepak bola terbaik di dunia, dan sangat dikenal dengan kemampuannya dalam melakukan tendangan bebas (free kick).

Ia berlatih tiap hari dengan menciptakan suana mirip dengan pertandingan aslinya. Ia menggunakan papan seukuran manusia sebagai pengganti pemain lawan saat berlatih.

Jika Anda tahu seberat apa latihan yang David Beckham lakukan setiap hari, maka Anda tidak akan heran bahwa tendangan bebas yang ia lakukan adalah sebuah kebetulan atau hanya untung-untungan.

David Beckham juga adalah salah satu dari mereka yang sukses dengan menggunakan hukum 10 ribu jam.

Baca Juga:
Pasar Persaingan Sempurna - Pengertian, Contoh, Ciri, Sistem, Makalah

***

Singkatnya, untuk menjadi ahli pada Suatu bidang, Anda perlu terus tekun untuk mengasah diri Anda dan melakukannya selama 10 ribu jam. Keberhasilan adalah buah dari ketekunan dan kerja keras.

Hanya dengan ketekunan dan kerja keraslah Anda akan memperoleh keberhasilan. Keberhasilan bukanlah sebuah hal yang dapat datang dengan tiba-tiba dan dapat diperoleh dengan cepat.

Mereka yang ahli dan disebut berbakat,menjadi ahli dalam suatu bidang karena terus mengasah kemampuan mereka dalam proses yang lama dan susah.

Apakah Anda sudah siap menjadi seorang ahli? Sudahkah Anda bersiap melewati proses 10 ribu jam Anda?

Sekarang tinggal kapan Anda memulai untuk memperdalam ilmu Anda tersebut. Semakin cepat Anda memulai, maka akan semakin cepat Anda melewatinya, dan semakin cepat pula Anda menjadi seorang ahli.

Ketahuilah bahwa…

NO Pain NO Gain !!

Jangan lupa juga untuk mencintai apa yang Anda kerjakan, karena dengan mencintai apa yang Anda kerjakan, maka Anda dapat terus tekun dalam melakukannya hingga 10000 jam.

Salam Sayanda! Stay Inspired! Stay Motivated!

***

Demikianlah artikel Hukum 10000 Jam – Rahasia Menuju Kesuksesan Dalam Semua Bidang dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel hukum 10000jam, jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

loading...
Pencarian Masuk:
  • hukum 10000 jam
  • 10000 jam
  • 10000 jam sukses
  • latihan 10000 jam
  • 10000jam
  • 10000 ribu jam
  • 10000 jam perhari
  • 10000 jam metaih sukses
  • 10000 jam kerja
  • sukses untuk 10000 jam