Tips dan Cara Mudah Melakukan Lucid Dream Untuk Pemula

Arti Lucid Dream Sayanda.com – Cara Mudah Melakukan Lucid Dream Untuk Pemula – Sepertiga dari hidup manusia dilewatkan dengan tertidur, tetapi kebanyakan orang tidak tau bahwa mereka dapat menggunakan waktu tersebut dengan kreatif.

Pernahkah Anda memiliki pengalaman dimana Anda dapat menyadari bahwa Anda sedang bermimpi dalam tidur Anda?

Mungkin Anda sedang bermimpi buruk seperti dikejar-kejar oleh zombie dan kemudian Anda berkata kepada diri sendiri “Hey! Aku hanya sedang bermimpi, semuanya adalah mimpi”. Kemungkinan besar hal berikutnya yang terjadi adalah Anda sadar dan segera terbangun.

Lucid dream atau yang dalam bahasa Indonesia biasa disebut mimpi sadar adalah praktek untuk meraih kesadaran diri sewaktu bermimpi, dan belajar untuk mengendalikan dan memanipulasi mimpi tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk beberapa orang, lucid dream dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa usaha sedikit pun… tetapi untuk kebanyakan orang pengalaman ini sangat susah dilakukan.

… Walaupun berhasil, kebanyakan dari mereka tidak ingat dengan mimpi mereka keesokan harinya.

Taukah Anda bahwa lucid dream dapat dilatih dan dipelajari?

Dengan sedikit pembelajaran dan mengetahui caranya, maka Anda dapat meningkatkan keberhasilan Anda dalam melakukan lucid dream.

loading...

6 Tahap Melakukan Lucid Dream Untuk Pemula – Aman dan Mudah

Cara Lucid DreamAda berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat melakukan lucid dream. Cara lucid dream yang akan saya berikan berikut ini adalah yang paling mudah dan sering digunakan oleh pemula sewaktu masih belajar.

  1. Tahap Pertama

Berbaringlah menggunakan pakaian santai dan longgar. Tunggulah beberapa waktu hingga kondisi badan terasa relaks.

  1. Tahap Kedua

Konsentrasi dan kontrol pernafasan Anda. Rasakan setiap hembusan yang keluar masuk dari dalam tubuh, dan pelan-pelan perlambat pernafasan dan bernafaslah lebih dalam.

  1. Tahap Ketiga

Teruslah berkonsentrasi pada setiap bagian tubuh, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Konsentrasikan pikiran agar tetap tersadar namun pastikan setiap bagian tubuh terasa santai dan relaks.

Pikirkan beberapa hal-hal ringan yang dapat membuat Anda tetap tersadar tetapi kondisi tubuh tetap dalam kondisi relaks, seperti menghitung domba.

  1. Tahap Keempat

Lakukan langkah nomor 3 terus menerus sampai Anda memasuki tahap sleep paralysisSleep paralysis adalah kondisi dimana Anda berada dalam keadaan setengah tertidur dan setengah terbangun.

Baca Juga:  Arti Mimpi Rambut Rontok Menurut Islam

Ini adalah tahapan utama dalam melakukan lucid dream.

Beberapa orang menyebutkan tahap ini sebagai “tindihan” karena pada tahap ini beberapa orang merasa ditindih oleh sesuatu yang berat. Anda berada dalam kondisi sadar, tetapi tidak dapat menggerakkan tubuh karena sedang tertidur.

  1. Tahap Kelima

Pada awalnya, ketika baru mulai melakukan lucid dream kebanyakan orang kurang nyaman dengan tahap ini, dan terbangun saat berada pada tahap ini.

Usahakan untuk tidak terbangun dan jangan merasa takut. Jika terbangun, maka ulangi lagi tahap-tahap di atas.

Tahap berikutnya adalah blackout.

Tahap ini adalah periode transisi dimana Anda akan merasa seolah-olah sedang memasuki sebuah tempat hitam kelam. Periode ini akan berlangsung beberapa saat, jangan takut, dan jangan sampai terbangun.

  1. Tahap Keenam

Pada tahap terakhir Anda akan dapat merasakan sebuah sensasi berupa penglihatan atau pendengaran. Hal ini berarti Anda telah berhasil melakukan lucid dream.

Sewaktu dalam keadaan lucid dream, jangan meluapkan emosi Anda, baik itu rasa bahagia, sedih, atau marah, karena hal ini dapat membuat Anda terbangun.

Kunci keberhasilannya hanya 1, teruslah berkonsentrasi!

4 Tips Untuk Meningkatkan Keberhasilan Lucid Dream

Tips Lucid DreamKebanyakan orang gagal sewaktu ingin melakukan lucid dream pada pertama kali. Mengetahui cara lucid dream saja tidak cukup, ikuti tips-tips dibawah ini yang dapat meningkatkan keberhasilan Anda dalam melakukan mimpi jernih.

  1. Buatlah Jurnal Mimpi

Selalu sediakan sebuah buku dan pena disamping tempat tidur agar dapat segera mencatat mimpi Anda setelah bangun pagi.

Setiap pagi hari gunakanlah beberapa menit dari waktu Anda untuk menuliskan mimpi secara mendetail dan lengkap. Usahakan untuk sesegera mungkin mencatat mimpi Anda ke dalam buku jurnal, karena kebanyakan orang lupa akan sebagian besar mimpi mereka 2 menit setelah terbangun.

Memiliki jurnal akan membantu untuk mengetahui pola yang terdapat dalam mimpi Anda.

Kebanyakan orang memiliki sebuah tanda-tanda dalam mimpi yang selalu muncul teratur. Temukanlah tanda-tanda tersebut, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menyadari bahwa Anda sedang bermimpi.

Setelah memiliki cukup banyak jurnal mimpi, maka Anda akan dapat dengan lebih mudah untuk mengingat mimpi Anda kemarin malam.

  1. Meningkatkan Hormon Melatonin

Hormon melatonin diproduksi oleh sebuah organ kecil pada otak yang disebut kelenjar pineal. Melatonin adalah hormon pada tubuh yang mengatur siklus tidur Anda.

Baca Juga:  Arti Mimpi Buang Air Besar Menurut Islam - Celana, WC, Dilihat Orang

Hormon tersebut menggunakan informasi keadaan sekitar Anda untuk memperintahkan tubuh agar mengantuk pada malam hari atau merangsang kesadaran pada siang hari.

Mudahnya, ketika keadaan gelap dan hening, bukankah Anda merasa lebih mengantuk dibandingkan tempat yang terang dan ribut?

Tingkat hormon melatonin dalam tubuh berpengaruh dalam menentukan kualitas mimpi dan keberhasilan dalam melakukan lucid dreaming.

Beberapa cara untuk meningkatkan hormon melatonin adalah:

  • Tidur dalam keadaan gelap.
  • Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya.
  • Mengkonsumsi makanan yang dapat merangsang produksi hormon melatonin seperti, biji bunga matahari, buah ceri, kacang almond, tomat, pisang, gandum, dll.
  1. Lakukan Cek Realitas

Cek realitas dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas yang dapat dilakukan pada kehidupan nyata. Cek realitas yang paling umum dilakukan orang-orang adalah dengan mencubit diri sendiri.

Ketika sedang bermimpi, maka Anda tidak akan merasakan rasa sakit sedikit pun.

Beberapa teknik cek realitas yang sedang marak pada forum luar negeri adalah dengan menuliskan sebuah kata pada tangan kiri Anda. Kemudian lihatlah tanda tersebut secara teratur. Bentuklah kebiasaan untuk melihat tanda tersebut setelah selesai melakukan sebuah aktivitas.

Kebiasaan ini akan terus Anda lakukan sampai terbawa ke dalam mimpi. Ketika Anda sedang bermimpi, maka tanda tersebut tidak akan terlihat.

Pada awalnya, menyadari bahwa Anda sedang bermimpi akan terasa menakutkan dan pasti akan membuat Anda terjaga… tetapi kali berikutnya Anda akan merasa lebih tenang dan akan berhasil melakukan lucid dream.

  1. Bermeditasi Sebelum Tidur

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ada hubungan penting dalam meditasi dan lucid dreaming. Hal ini dikarenakan meditasi melatih Anda untuk mencapi kesadaran diri, dan bermeditasi juga dapat membantu Anda untuk mengenali dan sadar ketika bermimpi.

Cara termudah untuk melakukan meditasi adalah dengan berbaring diam sambil menutup mata. Pastikan bahwa seluruh bagian tubuh terasa relaks dan santai. Kosongkan pikiran, dan jangan lakukan apa pun. Rasakan setiap hembusan nafas yang masuk dan keluar dari dalam tubuh dan rasakan perut Anda naik turun seiring dengan pernafasan.

Tidak perlu lakukan apa-apa lagi, nikmatilah setiap detiknya dengan kesadaran penuh. Bermeditasilah setiap harinya 10 menit sebelum Anda tidur, dan alhasil hal ini akan meningkatkan tingkat keberhasilan lucid dream.

Efek Samping dan Bahaya Lucid Dream

Bahaya Lucid DreamKebanyakan orang berpendapat bahwa lucid dream sangatlah aman dan terbebas dari segala macam bahaya. Mereka berpendapat, Anda sedang tertidur, bermimpi, dan terbaring di tempat tidur, apa bahayanya?

Baca Juga:  Arti Mimpi Melihat Pacar Selingkuh - Teman, Mantan, Putus, Orang Lain

Walaupun tidak terbukti secara ilmiah, beberapa orang berpendapat bahwa ada dampak negatif yang diberikan dari lucid dreaming kepada kehidupan mereka. Meskipun tidak berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh, tetapi lucid dream memiliki pengaruh pada kondisi mental dan alam bawah sadar.

Memang bahaya dan efek samping dari lucid dream tidak selalu dirasakan oleh setiap orang, tetapi ada baiknya untuk mengetahui bahaya-bahaya yang dapat diberikan lucid dream sebelum Anda mencoba untuk melakukannya.

Bahaya dari lucid dream adalah sebagai berikut:

  1. Tidak Dapat Membedakan Mimpi dan Kenyataan

Beberapa orang kerap ketagihan melakukan mimpi jernih dan terus melakukannya. Ada beberapa kasus dimana orang tersebut mulai tidak bisa membedakan yang mana mimpi dan mana kenyataan.

Mereka juga akan mulai sulit membedakan alam bawah sadar dan alam sadar. Kenyataan dan fantasi akan berbaur menjadi satu.

  1. Dapat Menyebabkan Kelelahan

Tidur pada umumnya adalah waktu untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh Anda… tetapi dalam melakukan lucid dreaming Anda diharuskan untuk berkonsentrasi.

Hal ini akan menyebabkan rasa lelah dan letih sewaktu beraktivitas, karena saat tertidur, yang diistirahatkan hanyalah tubuh Anda, tetapi pikiran Anda masih terus bekerja dan berkonsentrasi.

Tubuh manusia memerlukan tidur nyenyak dari waktu ke waktu, atau yang lebih umum disebut sebagai “deep sleep“.

  1. Susah Bangun Tidur

Beberapa orang melaporkan bahwa dalam kondisi lucid dream, mereka susah untuk terjaga. Walaupun jam weker sudah berbunyi tetapi mereka masih asik dengan mimpi mereka.

***

Bermimpi adalah hal yang dialami setiap orang. Mengendalikan mimpi adalah hal yang diinginkan semua orang. Walaupun lucid dream adalah sebuah aktifitas yang menyenangkan, tetapi Anda harus mengetahui batas-batas dalam melakukannya.

Demikianlah artikel Tips dan Cara Mudah Melakukan Lucid Dream Untuk Pemula dari Sayanda.com. Jika Anda mempunyai pendapat atau pertanyaan, jangan sungkan untuk berkomentar pada kotak komentar di bawah.

loading...

Pencarian Masuk:
  • cara lucid dream
  • cara melakukan lucid dream
  • bahaya lucid dream
  • cara melakukan lucid dream dengan mudah
  • apa itu lucid dream
  • lucid dream cara
  • lucid dream adalah
  • Cara mudah lucid dream
  • belajar lucid dream
  • cara masuk lucid dream
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.

Leave a Reply