5 Cara Sukses Jualan Online Tanpa Modal Untuk Pemula

Sayanda.com – 5 Cara Sukses Jualan Online Tanpa Modal – Jualan online kini tengah menjadi salah satu alternatif usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil dan omzet yang tidak main-main.

Oleh karena itu sekarang ini banyak sekali orang yang terjun ke dunia bisnis online dan menekuninya dengan serius.

Bukan hanya menjadi salah satu alternatif usaha, tetapi karena perubahan zaman yang cepat, orang-orang yang melakukan bisnis offline mau tidak mau harus terjun ke bisnis online agar tidak tersingkirkan oleh perubahan zaman.

Berikut adalah beberapa tips untuk meledakkan toko online Anda.

5 Tips dan Cara Sukses Jualan Online Tanpa Modal Agar Cepat Laku dan Laris

  1. Tentukan Niche dan Produk Anda

Cara Jualan Online Agar Cepat LakuHal pertama yang harus diperhatikan jika ingin memulai bisnis sebagai penjual online adalah menentukan apa produk dan niche market yang akan Anda tawarkan.

Anda harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia jual beli online. Anda dapat melakukan riset dengan bertanya langsung ke orang-orang di sekitar Anda, membuat kuesioner dan membuat angket. Untuk teknik yang lebih advance Anda bisa melihat ke website e-commerce atau online shop yang sudah mapan seperti Tokopedia, MatahariMall, Lazada, dan lain sebagainya.

Di website-website tersebut Anda bisa masuk ke bagian best seller atau hot product, saat Anda melihat-lihat bagian ini pasti ide segar akan muncul di otak Anda.

Di bagian ini kebanyakan orang mengalami salah langkah dengan terlalu berfokus pada produk mereka dan tidak mempedulikan kebutuhan pasar. Langkah yang lebih baik adalah Anda mencari apa saja kebutuhan pasar dan mencoba memenuhi kebutuhannya.

Di dalam dunia jual beli online setidaknya ada 3 jenis dagangan yang dapat Anda tawarkan, yakni barang fisik, barang digital dan juga jasa.

Barang fisik adalah barang yang bisa Anda sentuh dan gunakan misal saja handphone, jam tangan, kosmetik, dan lain sebagainya. Barang digital adalah barang yang tidak dapat Anda sentuh dan dapat Anda gunakan untuk keperluan Anda, seperti ebook, kursus online, webinar dan juga software. Untuk jasa Anda bisa menyediakan jasa seperti jasa pembuatan website, jasa rental mobil, agen umroh dan haji, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  9 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil

Langkah memilih produk adalah salah satu langkah paling vital yang akan menentukan kesuksesan Anda. Jika menjual sesuatu yang tidak Anda sukai, sudah pasti Anda akan cepat merasa bosan.

Oleh karena itu pikirkan dengan matang dan jangan gegabah dalam memilih produk yang akan Anda jual.

  1. Pelajari Cara Mendapatkan Traffic

Cara Jualan Online LarisTraffic atau calon pembeli Anda adalah elemen paling penting dari sukses atau tidaknya jualan online Anda. Traffic bisa Anda dapatkan dengan 2 cara, yakni dengan cara gratis dan cara berbayar.

Cara Gratis

Cara gratis antara lain adalah berpromosi melalui Facebook, Twitter, BBM, LINE, Instagram, Bukalapak, Tokopedia, OLX, dan lain sebagainya. Atau dalam kata lain kita berpromosi di sosial media dan marketplace tanpa perlu mengeluarkan biaya promosi.

Metode ini bagus tetapi sangat sulit dilakukan karena cakupan dari pasar terlalu luas dan kurang tertarget. Namun jika Anda tekuni dan mempelajari beberapa tekniknya secara mendalam, maka Anda akan menemukan pola yang tepat untuk mendatangkan traffic penjualan.

Sebagai contoh jika Anda berpromosi menggunakan akun Facebook pribadi Anda maka jangkauan calon pelanggan Anda akan sangat sempit karena akun Facebook pribadi Anda biasanya hanya berisi teman-teman Anda, yang mungkin kurang tertarik dengan barang yang Anda tawarkan.

Beberapa teknik yang bisa Anda pelajari dan lakukan adalah dengan membuat sebuah grup tertarget yang berisikan para calon pelanggan Anda, atau membuat sebuah fanpage yang memang berisi orang-orang yang tertarik dengan produk Anda.

Untuk pemula, walaupun lebih susah, sebaiknya mencoba yang gratis saja dulu untuk mengurangi risiko.

Cara Berbayar

Cara berikutnya adalah dengan cara berbayar. Cara ini bisa dibilang naik ke tingkat yang lebih advance karena disini Anda akan mendapatkan uang dengan mengeluarkan uang.

Metode ini biasa disebut dengan beriklan.

Media iklan cukup banyak, antara lain Facebook Ads, Google AdWords, Bing Ads, dll.

Harga yang ditawarkan media iklan tersebut pun bervariatif, dan semakin tinggi dana yang Anda keluarkan, maka semakin banyak juga produk Anda diiklankan. Metode beriklan sangatlah efektif, karena Anda bisa mentarget dan ‘menembak’ hanya calon-calon pelanggan Anda. Anda dapat memilih untuk siapa saja iklan tersebut akan ditampilkan.

Baca Juga:  7 Peluang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Sebagai contoh di Facebook Ads, Anda dapat menawarkan produk Anda kepada orang-orang dengan kriteria yang sudah ditentukan. Misal saja Anda menjual produk baju bayi, maka Anda dapat mentarget untuk menampilkan iklan dengan kriteria sebagai berikut, wanita, usia 25 sampai 35 tahun, sudah menikah, dan menyukai fanpage Pigeon.

Dengan begitu maka bisa dipastikan uang yang Anda keluarkan untuk iklan tersebut lebih terjamin, dan akan menghasilkan penjualan lebih cepat.

  1. Pelajari Copywriting

Cara Jualan Online Tanpa ModalAnda sudah memiliki produk yang dibutuhkan pasar dan juga sudah mempunyai sumber traffic yang baik namun penjualan masih loyo, maka Anda harus mempelajari teknik promosi yang satu ini.

Teknik ini disebut copywriting atau penulisan iklan yang baik. Menulis iklan berbeda dengan menulis artikel biasa, di dalam menulis iklan Anda harus bisa melakukan persuasi kepada calon pembeli Anda. Sehingga hanya dengan membaca mereka menjadi tertarik dan mau membeli produk Anda, bahkan produk dengan harga tinggi sekalipun.

Yang harus Anda perhatikan adalah buatlah Headline yang menarik mata dan membuat penasaran.

Kemudian seret calon pembeli Anda dengan kata-kata persuasif yang Anda tuliskan pada inti dari artikel promosi Anda, jelaskan secara mendetail setiap kelebihan produk Anda karena semakin detail orang semakin mengerti nilai sebenarnya dari produk Anda.

Tulis artikel iklan Anda seperti orang bercerita, jangan menulis seperti orang yang sedang promosi karena orang-orang lebih menyukai membaca cerita daripada membaca iklan promosi.

Jangan lupa tinggalkan Contact Person yang dapat dihubungi atau tombol Buy Now agar pembeli Anda tidak kebingungan untuk menghubungi Anda.

  1. Pelajari Cara Menangani Pelanggan

Cara Sukses Jualan OnlineBagian yang satu ini juga sangat vital terutama bagi Anda yang juga berperan sebagai Customer Service (CS) bagi pelanggan Anda. Anda harus mempelajari cara menangani pelanggan yang baik dan benar, jangan sampai pelanggan Anda kabur karena tanggapan Anda yang judes dan kasar.

Pembeli adalah raja maka dari itu Anda harus melayani calon pembeli Anda sebaik mungkin. Karena dengan pelayanan yang baik biasanya para pelanggan akan terpuaskan dengan pelayanan Anda dan ini menjadi nilai tambah bagi jualan online Anda.

Baca Juga:  7 Peluang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menyarankan teman-teman atau koleganya untuk berbelanja di toko online Anda. Bukan hanya itu, dengan pelayanan yang baik, Anda juga bisa mendapatkan repeat customer atau pelanggan setia.

Jika Anda memperkerjakan seorang CS, Anda juga harus menanamkan hal ini pada CS Anda. Ajarkanlah cara menangani pelanggan yang baik dan benar, sekalipun pelanggan Anda sedang marah-marah ataupun saat menghadapi pelanggan yang emosional dan tidak sabaran.

Dengan begitu citra positif akan melekat pada jualan online Anda.

  1. Berikan After Sales

After Sales Toko OnlineJika Anda sudah memiliki produk, sudah menguasai sumber traffic, sudah menguasai copywriting dan sudah mengerti apa kemauan pelanggan maka jangan kaget jika jualan online Anda akan meledak seiring berjalannya waktu.

Langkah berikutnya adalah menjamin kepuasan pelanggan Anda dengan memberikan after sales yang memuaskan.

After sales disini dapat berupa menanyakan opini pelanggan tentang produk Anda, memberikan garansi, memberikan refund, dan juga memberikan support yang maksimal pada pelanggan Anda.

Hal ini sangat penting dan dicari oleh pelanggan.

Mereka akan memilih produk yang akan menjamin kepuasan mereka dengan memberikan garansi uang kembali jika mereka tidak puas dengan produk Anda. Mungkin hal ini terdengar merugikan untuk Anda, namun jika Anda memang sudah membulatkan tekad untuk terjun di dunia jualan online pasti Anda tidak akan takut dengan resiko ini.

Jika terjadi banyak klaim garansi berarti memang ada yang harus dibenahi dari produk Anda dan ini sudah kewajiban Anda sebagai penjual untuk menjamin kepuasan para pelanggan.

Untuk itu berikanlah after sales demi kepuasan pelanggan Anda.

Demikianlah artikel 5 Cara Sukses Jualan Online Tanpa Modal Untuk Pemula dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 5 Cara Sukses Jualan Online Tanpa Modal Untuk Pemula, silahkan bertanya pada kotak komentar di bawah.

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • cara jualan online
  • cara jualan online tanpa modal
  • jualan online tanpa modal
  • CARA berjualan online tanpa modal
  • jualan tanpa modal
  • jualan online
  • https://www sayanda com/cara-jualan-online/
  • cara jual online tanpa modal
  • cara jualan online#spf=1
  • cara jualan onlain
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.