loading...

Jenis & Bentuk Permukaan Bumi Dasar Laut

Sayanda.com – Jenis & Bentuk Permukaan Bumi Dasar Laut.

Apakah Anda tahu, bahwa sama halnya seperti di daratan, bentuk permukaan bumi di bawah laut juga sangatlah beragam? Laut memiliki permukaan yang sama dengan daratan, dan perbedaannya adalah permukaan laut diselimuti oleh air.

Karena dalamnya lautan, sampai sekarang kehidupan bawah laut masih merupakan salah satu misteri yang tidak akan pernah habis untuk dikupas setiap saat.

Berikut ini adalah beberapa jenis dan bentuk permukaan bumi yang terdapat di dasar laut.

loading...

Bentuk dan Jenis Permukaan Bumi Dasar Laut Beserta Gambar

Bentuk Permukaan Laut

Sumber: http://sarumahacking.heck.in/

  1. Ambang Laut

Ambang laut atau dremple adalah dasar laut dangkal yang memisahkan dua laut dalam. Beberapa contoh ambang laut adalah ambang laut Sulu dan ambang laut Gibraltar.

  1. Paparan Benua / Landas Benua

Paparan benua atau shelf adalah laut dangkal yang luas dengan kedalaman kurang dari 200 meter. Paparan benua merupakan kepanjangan dari benua atau kepulauan. Contoh paparan laut adalah paparan Sunda di daerah barat Indonesia.

  1. Punggung Laut

Punggung laut ialah perbukitan yang ada di bawah laut dan tidak sampai keluar dari permukaan laut. Punggung laut yang muncul di permukaan laut disebut sebagai pulau.

  1. Pematang Tengah Samudra

Pematang tengah samudra adalah bagian permukaan bawah laut yang berupa jalur punggungan. Ia memiliki bentuk panjang atau memanjang di zona divergensi. Zona divergensi adalah daerah pemisah dua lempeng samudra.

Baca Juga:
Gempa Bumi - Pengertian, Penyebab, Gambar, Proses, Akibat, Makalah

Pematang tengah samudra memiliki ciri yang hampir sama dengan ambang laut namun memiliki beberapa perbedaan. Pematang tengah samudra memiliki salah satu ciri khusus yakni dapat mengeluarkan magma. Hal ini pada akhirnya akan membentuk deretan gunung api bawah laut. Deretan gunung api ini lebih dikenal dengan sebutan ring of fire atau cincin api yang terletak di Samudra Pasifik dan Atlantik.

  1. Gunung Laut

Seperti namanya, gunung laut adalah gunung dasar laut yang bagian lereng dan dasarnya berada di permukaan laut. Contoh dari gunung laut ini adalah gunung Anak Krakatau yang berada di selat Sunda dan juga gunung Manoa Loa yang berada di Hawaii.

  1. Lubuk Laut

Lubuk laut juga disebut sebagai beken. Beken merupakan dasar laut yang membentuk sebuah cekungan besar dan lebar. Lubuk laut memiliki kedalaman yang cukup dalam. Lubuk laut bentuknya seperti bejana atau baskom raksasa yang terletak di tengah laut. Contoh dari lubuk laut di dunia adalah lubuk laut Banda.

  1. Submarine Canyon

Submarine canyon ialah alur ngarai yang terletak pada permukaan paparan benua. Submarine canyon adalah bekas daratan berupa sungai dan lembah yang akhirnya tenggelam sebagai dampak dari kenaikan air laut. Submarine canyon dapat dilihat di laut Jawa dan selat Karimata. Kedua lokasi ini berada di paparan Sunda dan merupakan bekas daratan dari benua Asia.

  1. Palung Laut

Palung laut atau yang dikenal juga sebagai trog atau trench adalah sebuah penampang laut berbentuk jurang yang sangat dalam, sempit, panjang dan curam. Palung laut adalah relief laut paling dalam yang ada di bumi. Contoh dari palung laut adalah palung laut Mariana di Filipina, yang merupakan palung laut terdalam di dunia.

Baca Juga:
Pengertian Sumber Daya Alam Indonesia - Jenis, Manfaat, Makalah

***

Dunia bawah laut memiliki banyak sekali misteri yang belum terpecahkan. Luasnya lautan dan dalamnya lautan menjadi kendala untuk manusia dalam mempelajari semua misteri tersebut.

Peneliti dan ahli akan terus berusaha untuk mengungkap misteri-misteri bawah laut dan terus mempelajari relief bawah laut dan kehidupan bawah laut yang kian berkembang.

Demikianlah artikel Jenis & Bentuk Permukaan Bumi Dasar Laut dari Sayanda.com. Silahkan bertanya atau berkomentar seputar artikel berikut ini pada kotak komentar di bawah.

loading...

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • bagian dasar laut yang berbentuk seperti bendungan raksasa adalah
  • bentuk muka bumi dasar laut
  • bentuk muka bumi di dasar laut
  • bentuk bumi dipermukaan laut
  • jenis jenis dasar laut
  • bagian permukaan bumi yang ada dibawah laut
  • bagian bumi lautan macam
  • bentuk lautan muka bumi
  • relief zona laut
  • bentuk muka bumi dasar laut berupa