Batu Bacan Doko, Palamea, Obi – Harga dan Manfaatnya

Sayanda.com – Batu Bacan Doko, Palamea, Obi – Harga dan Manfaatnya – Anda pasti sering sekali mendengar tentang batu bacan baik itu di televisi, radio, ataupun dari teman-teman Anda. Sebenarnya apa sih batu bacan itu?

Batu bacan adalah batu cantik berasal dari Maluku Utara. Batu ini terkenal akan kecantikan warna yang dipancarkannya. Konon kualitas batu ini jauh lebih tinggi dari batu giok, karena tingkat kekerasannya adalah 7.5 mohs yang jauh lebih keras dari giok.

Batu bacan sudah mendunia sejak tahun 1994, dan banyak sekali diburu oleh kolektor-kolektor luar negeri. Namun di Indonesia baru mulai populer sejak tahun 2005. Kini sudah mulai diperjual belikan di banyak tempat di Indonesia, yaitu, Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan lainnya.

3 Jenis Batu Bacan dan Kualitasnya

Batu bacan terdiri dari 3 jenis, dan tiap jenis memiliki tingkat kualitas dan harga yang berbeda-beda.

Nama ‘bacan’ sendiri bukan berasal dari daerah pertambangan batu tersebut. Pertambangan batu tersebut berada di pulau Kasiruta. Asal muasal nama ‘bacan’ berasal dari nama pulau tempat dimana diperdagangkannya batu akik tersebut.

  1. Batu Bacan Doko

Batu Bacan DokoJenis batu bacan ini adalah jenis yang paling terkenal dan memiliki harga jual paling tinggi dibandingkan jenis lainnya. Nama ‘Doko’ sendiri berasal dari tempat penambangannya yaitu di desa Doko. Kecantikan doko berasal pekatnya warna hijau yang dipancarkannya, rata-rata memiliki warna hijau tua kehitaman menyerupai warna cincau atau lumut.

Konon, banyak orang yang menyebutnya sebagai ‘batu hidup’…

…ini dikarenakan kemampuan dari batu ini untuk melakukan metamorfosis. Proses ini menurut para ahli juga disebut sebagai proses pengkristalan, dimana setelah digunakan selama beberapa bulan akan pelan-pelan berubah warna menjadi bening dan bersih.

Setelah melewati proses pengkristalan, harga jualnya akan melambung tinggi. Kemampuannya untuk melakukan proses metamorfosis dan pengkristalan membuatnya menjadi primadona di kalangan para kolektor.

Batu Bacan Doko Memiliki Keunikan Tersendiri…

Baca Juga:  10 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Batu ini sebenarnya pada masa kesultanan Tidore, Ternate, dan Jailolo merupakan sebuah perhiasan penting, dan banyak digunakan sebagai keperluan pesta.

Kepopuleran batu bacan doko bukan hanya menjamur di Indonesia, tetapi juga di Korea selatan dan India yang menjadi salah satu importir batu doko terbesar. Korea Selatan mengenal batu asal Indonesia ini sebagai green jade atau batu jade hijau.

Selain itu keunikan lain yang dimilikinya adalah kemampuan batu bacan Doko dalam menyerap unsur logam yang melekat padanya.

Sebagai contoh, batu bacan doko banyak sekali dijual dalam bentuk cincin dengan gagangnya yang terbuat dari emas. Setelah melewati beberapa proses waktu, maka batu tersebut akan menyerap unsur emas yang terdapat didekatnya, dan akan muncul bintik-bintik emas pada permukaannya.

  1. Batu Bacan Palamea

Batu Bacan PalameaPerbedaan terbesar antara doko dan palamea adalah warna yang dipancarkannya. Kalau batu doko memiliki warna tua kehitaman, maka palamea memancarkan warna yang jauh lebih muda.

Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kapur yang terdapat didalamnya.

Sama halnya seperti batu doko, nama ‘palamea’ itu sendiri juga berasal dari tempat penambangannya yaitu di desa Palamea.

Batu palamea juga dapat melewati proses metamorfosis atau proses pengkristalan. Setelah melewati proses pengkristalan, warna yang dipancarkannya akan jauh lebih bening dari doko. Proses pengkristalannya juga jauh lebih lama dibandingkan dengan doko.

  1. Batu Bacan Obi

Batu Bacan ObiJenis batu obi pamornya berada di bawah doko dan palamea. Batu bacan obi ditemukan bukan di pulau Kasiruta dimana ditemukannya batu doko dan palamea, melainkan di pulau Obi.

Warna yang dimiliki obi jauh lebih bervariatif dibandingkan 2 jenis lainnya. Batu yang juga disebut dengan istilah carnelian ini memiliki ciri khasnya tersendiri yaitu bening dan tembus pandang. Batu ini memiliki panca warna, antara lain adalah, putih, merah, kuning, hijau, coklat, hitam, biru, dan banyak lainnya.

Para pakar gemolog mengatakan kalau batu obi dapat digolongkan sebagai kulit dari batu akik, dan tidak termasuk sebagai intinya. Oleh karena itu tidak dapat mengalami proses metamorfosis dan pengkristalan. Karena alasan inilah batu obi ditawarkan dengan harga yang paling terjangkau.

Kelebihan yang dimiliki batu obi dibandingkan dengan 2 jenis lainnya adalah tingkat kekerasan yang melampaui doko dan palamea.

4 Manfaat dan Khasiat Batu Bacan

Selain kecantikannya yang dimilikinya, batu bacan juga memiliki beberapa manfaat dan khasiat. Walaupun tidak terbukti secara ilmiah, tetapi banyak sekali para pencinta dan kolektor batu bacan yang mempercayai khasiat yang dimiliki oleh batu ini. Khasiat Batu Bacan

  1. Memancarkan Aura Positif

Manfaat yang paling dipercaya oleh pemilik batu bacan yaitu bisa memancarkan aura positif bagi pemakainya. Orang di sekitar Anda bisa dapat merasakan aura positif yang Anda pancarkan, dan juga akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri. Orang-orang percaya menggunakan batu bacan sebagai cincin memiliki dampak positif bagi hidup sosial Anda.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan

Sama halnya dengan batu giok, orang-orang juga percaya bahwa batu bacan dapat meningkatkan daya tubuh dan kesehatan pemakainya. Kandungan mineral yang dimilikinya dapat membantu agar peredaran darah semakin lancar, dan membantu agar jantung dapat bekerja secara maksimal.

  1. Meningkatkan Daya Pikir dan Menenangkan Emosi

Selain itu batu bacan juga dipercaya dapat meningkatkan daya pikir. Peningkatan daya pikir dipercaya orang-orang karena energi dari batu ini dapat menenangkan emosi yang dimiliki pemakainya. Dengan emosi yang tenang dan stabil, Anda pun dapat berpikir dengan jernih.

  1. Melindungi Dari Serangan Setan

Walaupun sangat kontroversial, tetapi orang-orang ada juga yang percaya bahwa batu ini dapat melindungi Anda dari serangan setan dan iblis. Hal ini dikarenakan energi yang terdapat dari batu ini membuat roh-roh jahat takut untuk mengganggu Anda.

Cara Mengetahui Keaslian Batu Bacan

Cara Mengetahui Keaslian Batu Bacan

  1. Menyentuhkannya Pada Layar Smartphone

Banyak sekali orang-orang di Indonesia yang menentukan keaslian batu bacan dengan menyentuhkannya pada layar smartphone. Mereka percaya jika dapat berfungsi layaknya ujung jari seseorang, maka dapat dipastikan keaslian dari barang yang Anda beli.

Baca Juga:  7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Memang benar sekali batu bacan dapat berfungsi pada layar smartphone Anda, dikarenakan zat metalik yang terdapat didalamnya…

…tetapi cara ini tidaklah ampuh untuk menguji keasliannya. Banyak sekali pemalsu batu yang melapisi batu bacan palsu mereka dengan zat khusus yang dapat berfungsi sebagai konduktor sehingga dapat menggerakan layar touchscreen.

  1. Perhatikan Serat Pada Batu

Umumnya batu bacan yang asli, dan ‘masih hidup’ dapat Anda ketahui dengan memerhatikan seratnya. Jika asli, sudah dipastikan memiliki guratan jelas di dalamnya. Anda hanya dapat melihat guratan pada batu dengan jelas jika menggunakan sebuah senter sorot khusus.

Ada beberapa batu bacan palsu yang juga dikenal sebagai ‘bacin’ atau batu palamea cina yang tak memiliki serat sama sekali.

  1. Melalui Sertifikat dari Laboratorium

Cara yang paling ampuh untuk menguji keasliannya adalah dengan meminta sertifikat kepada penjualnya. Batu bacan asli dengan kualitas tinggi rata-rata pasti memiliki sertifikat resmi yang didapat dari laboratorium gemologi.

Jika Anda adalah penjual batu bacan, dan ingin menjamin keaslian batu yang Anda miliki, maka Anda juga dapat membuat sertifikat keasliannya. Harga pembuatan sertifikatnya juga bervariatif, dimana sertifikat berukuran besar harganya Rp 400.000, dan ukuran kecil harganya Rp 200.000.

Harga Batu Bacan Doko, Palamea, dan Obi

Harga Batu Bacan Sama halnya seperti barang antik lainnya, batu bacan memiliki harga yang sangat beragam tergantung dari jenis, kualitas, dan ukurannya…

…tetapi dari segi jenis dan harga, batu bacan doko menduduki peringkat utama dengan harga paling tinggi. Diikuti oleh batu palamea, dan obi yang ditawarkan dengan harga paling rendah.

Batu bacan termahal harganya bisa mencapai ratusan juta Rupiah, dan yang murah biasanya bisa didapat hanya dengan beberapa ratus ribu Rupiah saja.

Ingatlah selalu untuk terus berhati-hati dalam membeli, karena harga yang ditawarkan pasti sangat subjektif. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli, pastikan bahwa Anda benar-benar mengerti tentang batu-batuan. Perbedaan antara batu bacan asli dan palsu sangatlah tipis, dan susah dibedakan oleh orang awam.

Kepopuleran batu bacan memang sudah sangat menjamur baik di Indonesia sendiri, ataupun mancanegara. Banyak sekali orang-orang yang membeli batu ini dan menggunakannya sebagai perhiasan. Karena batu bacan juga tergolong sebagai sumber alam, maka akan ada saatnya dimana stok dari batu tersebut habis.

Baca Juga:  7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Oleh karena itu, tidak sedikit pula orang-orang yang menggunakannya sebagai media investasi.

Jika Anda tertarik untuk membeli batu ini, pastikan Anda berhati-hati dalam membeli, karena di Indonesia banyak sekali orang-orang yang memalsukan batu ini. Mintalah bantuan dari seorang ahli untuk mengetahui perbedaannya.

Harga dan kualitas barang juga pasti akan terus datang sebanding. Kualitas tinggi, harga tinggi.

***

Demikianlah artikel Batu Bacan Doko, Palamea, Obi – Harga dan Manfaatnya dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel Batu Bacan Doko, Palamea, Obi – Harga dan Manfaatnya; jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

Sumber:

Pencarian Masuk:
  • batu bacan
  • batu bacan doko
  • khasiat batu bacan
  • manfaat batu bacan
  • Khasiat batu bacan palamea
  • batu akik bacan doko n manfaat ilmiah
  • bacan doko obi palmea
  • batu bacan 2016
  • www batu bacan doko
  • batu bacan palamea
Komentar & Masukan

Sahabat Sayanda telah memberikan komentar dan masukan disini.