5 Alasan Mengapa Anda Wajib Berinvestasi di Pasar Saham

Sayanda.com – 5 Alasan Mengapa Anda Wajib Berinvestasi di Pasar Saham.

Saham adalah salah satu cara untuk menginvestasikan uang Anda, dan melipat gandakan kekayaan Anda.

Banyak sekali orang yang ketakutan kalau mendengar kata pasar saham.

Mereka langsung teringat dengan berita-berita yang mereka lihat di televisi, ada orang yang bangkrut, cerai, dan bahkan sampai bunuh diri karena saham.

Orang-orang yang kehilangan uang karena saham adalah mereka yang tidak mengerti mengenai investasi saham. Yang mereka lakukan bukanlah berinvestasi, melainkan bermain saham.

Istilah bermain saham banyak sekali digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Menurut saya pribadi, kata tersebut salah digunakan. Penggunan kata bermain saham memiliki konotasi berjudi dan tidak serius…

… Berbeda halnya dengan berinvestasi saham.

Jadi, untuk sukses dalam berinvestasi, Anda harus memulai dengan memahami bagaimana menginvestasikan uang Anda dengan benar. Bacalah banyak buku-buku, dan pahami semua analisis teknikal dan analisis fundamental.

Jika Anda masih kurang mengerti dengan apa itu pasar saham atau pasar modal, maka Anda bisa mengunjungi artikel berikut ini terlebih dahulu: Pasar Modal – Pengertian, Instrumen, Fungsi, Manfaat, Pelaku

loading...

5 Alasan Mengapa Anda Wajib Berinvestasi di Pasar Saham

  1. Memberikan Potensi Keuntungan Tertinggi

Potensi Keuntungan TertinggiAnda pasti bertanya-tanya. Ada begitu banyak sekali media investasi yang bermunculan, kenapa masih banyak orang yang memilih berinvestasi saham? Alasannya cukup sederhana, karena saham memberikan potensi keuntungan tertinggi dibandingkan media-media lainnya.

Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia juga memperoleh kekayaannya melalui berinvestasi saham.

Jika Anda masih muda, memiliki jiwa petualang, memiliki keinginan tinggi untuk belajar, Anda dapat mencoba untuk melipat gandakan uang Anda melalui pasar modal. Tetapi Anda juga harus mengerti bahwa keuntungan yang tinggi ini juga disertai dengan resiko yang tinggi.

Jadi ingatlah selalu untuk membekali diri Anda dengan pengetahuan dan pengalaman yang cukup sebelum memulai berinvestasi saham.

  1. Jangka Panjang Pasti Memberikan Hasil

Jangka Panjang Pasti Memberikan HasilSeperti yang Anda ketahui harga saham pada pasar modal tidak akan selalu naik, ada kalanya harga saham tersebut akan turun. Bahkan krisis ekonomi dunia pada tahun 1998 dan 2008 menyebabkan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) untuk turun sangat banyak, bahkan lebih dari setengah.

Tetapi yang perlu Anda ketahui adalah, setelah krisis itu berlalu IHSG bergerak naik dengan sangat cepat dan melampaui titik-titik tertinggi yang pernah dicapai IHSG sebelumnya.

Walaupun ada beberapa saat dimana IHSG bergerak turun, tetapi dalam jangka panjang, IHSG pasti akan naik kembali dan membuat rekor tertinggi yang baru.

  1. Jika Harga Saham Naik, Anda Untung, Jika Harga Saham Turun, Anda Juga Untung

Naik Turun Memberikan HasilSaya rasa Anda semua mengerti mengapa Anda untung ketika harga saham bergerak naik…

…tetapi Anda pasti bertanya-tanya, mengapa sewaktu turun juga bisa menghasilkan keuntungan?

Jawabannya adalah short-selling.

Istilah short-selling atau yang juga dikenal sebagai jual kosong adalah istilah untuk penjualan saham dengan cara meminjam. Ketika Anda melakukan short-selling, Anda dapat menjual saham dengan harga tinggi dan membelinya kembali di harga rendah

Gampangnya, Anda tidak memiliki saham, tetapi Anda meminjam saham dari sebuah sekuritas, dan menjualnya dengan harga tinggi, pada saat harga tersebut turun, Anda membelinya kembali dan mengembalikan saham pinjaman Anda kepada sekuritas tersebut.

Anda akan mendapatkan profit dari selisih harga jual dan harga beli.

Walaupun pada saat artikel ini ditulis, Anda masih tidak diijinkan untuk melakukan jual kosong pada pasar modal Indonesia, tetapi beberapa pasar modal asing sudah memperbolehkan aksi jual kosong.

  1. Dana Dapat Dicairkan Dengan Mudah

Dana Dapat Dicairkan Dengan MudahJika Anda menginvestasikan dana Anda pada pasar modal, Anda dapat mencairkan dana Anda kapan saja Anda membutuhkannya. Likuidasi saham sangatlah mudah, dan cepat. Sewaktu-waktu jika Anda sedang sangat kepepet dan membutuhkan dana, Anda dapat segera mencairkan dana investasi Anda.

Tidak seperti investasi lainnya yang membutuhkan waktu lama untuk mencairkan dana.

Contohnya seperti membeli properti. Banyak orang yang berkata bahwa membeli properti pasti untung…

…tetapi pernahkah Anda berpikir bahwa bagaimana jika Anda tiba-tiba kepepet dan membutuhkan uang? Anda pasti kelabakan mencari orang untuk membeli properti Anda, dan ujung-ujungnya agar cepat laku, properti dijual dengan harga miring.

  1. Anda Dapat Berinvestasi Dengan Modal Minim

Dapat Berinvestasi Dengan Modal MinimTidak seperti investasi lainnya yang membutuhkan modal besar, untuk berinvestasi pada pasar saham, Anda hanya membutuhkan modal yang sangat minim. Beberapa sekuritas bahkan memperbolehkan Anda untuk membuka akun hanya dengan modal 1 juta Rupiah.

***

Saham adalah salah satu media investasi terbaik yang dapat melipat gandakan kekayaan Anda dengan cepat. Tetapi saham juga adalah salah satu media investasi yang paling berisiko. Resiko tersebut dapat diperkecil dengan pengetahuan untuk menganalisa pergerakan pasar modal.

Untuk sukses dalam berinvestasi saham, Anda harus membekali diri Anda dengan berbagai pengetahuan tentang pasar modal, dan juga pengalaman yang cukup di pasar modal. Jika Anda masih belum berpengalaman, sebaiknya Anda memulai dengan modal yang sedikit, dan hanya menggunakan uang dingin Anda untuk berinvestasi.

Salam Sayanda! Stay Inspired! Stay Motivated!

***

Demikianlah artikel 5 Alasan Mengapa Anda Wajib Berinvestasi di Pasar Saham dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel 5 Alasan Mengapa Anda Wajib Berinvestasi di Pasar Saham, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah.

loading...

Sumber:

Leave a Reply

Tidak mau ketinggalan update dari blog Sayanda?
Segera daftarkan email Anda! Gratis!

Berlangganan ke dengan blog Sayanda dan dapatkan artikel serta update menarik langsung ke inbox email Anda. GRATIS!